Factory Reset pada Android Cacat?

Factory Reset pada Sistem Operasi Android Dinilai Cacat – Factory reset atau sistem pengaturan kembali ke awal pada perangkat Android ternyata masih menyimpan celah. Baru-baru ini, pakar teknologi asal Universitas Cambridge, Inggris, berhasil menemukan sebuah fakta bahwa ternyata factory reset pada gadget Android tak benar-benar menghilangkan atau menghapus data secara sempurna.

factory-reset-pada-sistem-operasi-android-dinilai-cacat

Factory reset sendiri merupakan fungsi yang biasa digunakan oleh pengguna gadget Android untuk menghapus semua data, lalu mengembalikannya pada pengaturan standar pabrikan. Fungsi factory reset ini biasanya digunakan oleh pengguna smartphone saat ingin mengganti unit ponselnya.

Setelah melakukan sebuah riset mendalam, peneliti dari Universitas Cambridge behasil mengungkap bahwa proses factory reset pada unit gadget Android ternyata tak sepenuhnya bekerja secara sempurna. Hal ini disebabkan karena data yang dihabpus ternyata masih bisa ditemukan dengan mudah. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya jika ponsel berpindah tangan.

Seperti dikutip dari Arstechnica pada Selasa (26/5), para peneliti Universitas Cambridge melakukan percobaan terhadap 21 ponsel Android dari lima merk berbeda. Keduapuluhsatu unit gadget tersebut rata-rata menggunakan OS Android 2.3 hingga Android 4.3 yang semua ternyata memiliki celah yang sama.

Dari percobaan tersebut, para peneliti berhasil menemukan kembali berbagai data sensitif seperti foto, video, dan juga pesan singkat setelah melakukan penyetelan kembali ke awal atau factory reset pada masing-masing unit gadget. Bahkan, para peneliti juga berhasil menemukan data dari akun Facebook dan Twitter milik pengguna sebelumnya.

Peneliti juga mengklaim bahwa mereka bisa mendapatkan data tersebut secara mudah, meski pada pengaturannya data tersebut disimpan dalam disk yang sudah dienkripsi. Temuan yang cukup mencengangkan ini pastinya membuat para pengguna gadget Android menjadi was-was. Pasalnya selama ini mereka berfikiran bahwa factory reset akan menghapus semua data dan akan mengembalikan unit ponsel ke pengaturan pabrik menjadi seperti baru lagi.

Temuan para peneliti dari Universitas Cambridge ini telah dimuat dalam jurnal ilmiah berjudul Security Analysis of Android Factory Resets, dan setidaknya ada 500 juta perangkat Android yang memiliki celah tersebut. Baca juga Wearable Device Untuk Hewan Peliharaan dan Anak Magang : Facebook Perusahaan yang Friendly.

Top