Ancaman Baru di Dunia Maya Itu bernama Logjam

Logjam, Ancaman Baru Bagi Para Pengguna Internet – Celah keamanan, masih menjadi permasalahn terbesar bagi para pengguna internet. Bahkan para pelaku besar di dunia maya, masih benar-benar kewalahan untuk mengatasinya. Salah satu contohnya adalah Mozilla Corp. Perusahaan yang sukses dengan browser Firefox itu, mengakui bahwa bisnis mereka merupakan bisanis yang  sangat beresiko. Hal itu tidak lain dan tidak bukan, karena celah keamanan pada internet, semakin berkembang. Bahkan, baru-baru ini ditemukan celah keamanan baru yang mengancam para pengguna internet.

celah keamanan baru bernama logjam

Sekitar akhir tahun lalu, periset menemukan sebuah masalah atau bug, yang dijuluki Freak. Celah keamanan yang  diumumkan pada Maret lalu itu, adalah konsekuensi tidak disengaja dari kebijakan AS yang telah berusia puluhan tahun. Kebijakan itu membatasi kekuatan enkripsi yang diekspor ke negara lain. Ini agar AS dapat dengan mudah mengintai musuh.

Tak lama setelah penemuan Freak, ternyata celah keamanan baru kembali muncul. ‘Sepupu’ dari Freak itu, dikenal dengan nama Logjam. Symantec melaporkan, celah kemanan baru itu  mengancam kerahasiaan privasi para pengguna internet. Seperti apa kinerjanya? Dan sebahaya apa Logjam bagi para pengguna internet?

Logjam bekerja dengan mengincar proses komunikasi para pengguna internet. Bahkan Logjam dikhususkan untuk menyerang lalu lintas internet yang dienkripsi. Jadi, ketika pengguna berkomunikasi menggunakan aplikasi atau web yang terenkripsi dengan tujuan mengamankan konten, Logjam tetap mampu menembusnya dan `mengintip` konten tersebut.

Contoh realnya adalah sebagai berikut. Jika kawan Begawei berkirim pesan dengan pengguna lain melalui layanan yang terenkripsi, seharusnya hanya anda dan penerima saja yang bisa melihat konten pesan tersebut. Namun dengan Logjam, hacker dapat memanfaatkannya untuk memblokade jalur komunikasi yang memungkinkan mereka untuk melihat konten di dalam pesan.

Menanggapi soal celah keamanan baru ini, mantan agen National Security Agency (NSA), Edward Snowden, pun angkat bicara. Menurutnya, Logjam adalah salah satu fasilitas celah keamanan yang tampaknya sudah lama dimanfaatkan biro intelijen dunia, termasuk NSA, untuk memata-matai sasarannya. Demikian seperti yang dilansir Business Insider. Baca juga ‘Flow’, Aplikasi Chatting Buatan Microsoft yang Akan Saingi WhatsApp dan Humza Shahzad, Jadi Pakar Produk Microsoft di Usia Sangat Belia.

 

 

Top