Wow, Smartphone Bisa Jadi Pendeteksi Gempa Secara Dini!

Smartphone Bisa Jadi Pendeteksi Gempa Secara Dini – Hadirnya smartphone atau ponsel pintar memang memberikan kemudahan untuk berbagai keperluan maupun aktivitas bagi manusia. Salah satunya adalah untuk fungsi deteksi dini gempa.

Smartphone Bisa Jadi Pendeteksi Gempa

Dari penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti yang berasal dari US Geological Survey, Menlo Park, California, Amerika serikat menyatakan bahwa mereka telah menguji coba gagasan smartphone atau ponsel pintar untuk mendeteksi potensi gempa secara dini. Fungsi deteksi gempa secara dini tersebut akan memanfaatkan perangkat Global Positioning System (GPS) yang ditanamkan pada smartphone canggih saat ini.

Sesuai informasi yang dilansir dari laman Live Science melalui Vivanews Teknologi, Senin (13/4/2015) menyatakan bahwa peneliti telah menguji coba fungsi GPS yang dapat direkayasa untuk dapat mendeteksi dua peringatan awal dari gempa bumi yang akan terjadi. Deteksi tersebut mengandalkan gelombang seismik seperti apa yang di terapkan pada sistem pendeteksi dini gempa selama ini.

Sistem peringatan dini gempa bumi saat ini memang bergantung pada waktu tunda antara dua set gelombang seismik, yakni antara gelombang P dan gelombang S. Dari gelombang P sering ditandai dengan adanya sentakan tajam yang akan terjadi. Sedangkan gelombang S akan menunjukkan gelombang permukaan yang lebih lambat.

Saat ini gelombang seismik memang sangat penting bagi peringatan warga dunia akan terjadinya bencana alam yang berupa bumi bergoncang atau gempa bumi. Meski saat ini peringatan dari sistem ini hanya beberapa detik untuk satu menitnya, namun langkah yang dihadirkan tersebut tentunya akan sangat berharga bagi siapa pun dalam proses evakuasi atau pengumuman bahaya gempa bumi bagi warga saat belum terjadi gempa.

Dari penelitian tersebut pun dikatakan bahwa, sensor GPS pada sebuah smartphone dapat memberikan peringatan beberapa detik saat gempa akan terjadi dengan kekuatan mulai dari 7 Skala Richter atau lebih besar.

Diketahui tim peneliti tersebut telah menguji sistem GPS pada smartphone dengan pemodelan komputer. Uji coba dilakukan di zona berbahaya Hayward, California, AS  dan juga Tohuku, Jepang yang sempat terjadi gempa beberapa tahun lalu. Hasilnya smartphone akan mengirimkan peringatan dini gempa secara sederhana. Jika beberapa ponsel mengarah pada satu gelombang saja maka itu bukanlah gempa bumi. Namun jika sebaliknya, ada beberapa ribu smartphone yang bergerak secara serentak sekaligus maka bisa dipastikan bahwa itu merupakan sentakan seismik. Sampai saat ini sistem peringatan gempa secara dini pada smartphone tengah dikembangkan secara lanjut. Rencananya tahun ini Chile bakal menjadi negara selanjutnya yang digunakan untuk menguji sistem ini. Baca juga Elephone P7000 dengan Spesifikasi Tinggi dan Xiaomi Luncurkan Mi 4i.

Top