Wow! Mediatek Mulai Kembangkan Chipset “Monster” 10-Core

Mediatek Kembangkan Chipset Bertenaga 10-Core – Perusahaan teknologi besar asal Taiwan, Mediaek, baru-baru ini dikabarkan tengah mengembangkan generasi baru dari prosesor racikannya. Seperti dilansir Gizmochina pada Jumat (17/4/2015), Mediatek sedang serius melakukan riset untuk menciptakan part chipset baru yang memiliki tenaga luar biasa dahsyat, yakni 10-core. Wow!

mediatek-kembangkan-chipset-bertenaga-10-core

Selama ini, Mediatek memang dikenal sebagai peracik chipset ulung yang sejumlah produknya sering digunakan oleh vendor ponsel pintar kelas dunia, termasuk raksasa gadget, Samsung. Meski namanya masih berada di bawah bayang-bayang Qualcomm, tak lantas membuat produk-produk Mediatek dipandang sebelah mata. Ini terbukti dengan rencana mereka untuk menciptakan generasi baru chipset bertenaga “monster”.

Manufaktur yang juga dikenal sering membuat produk-produk murah tersebut sudah memamerkan prototipe dari chipset 10-core hasil racikannya. Lewat serangkaian acara khusus yang digelar Mediatek, vendor asal Taiwan ini memamerkan chipset generasi terbaru yang diberi nama Helio X20. Pada acara tersebut, beberapa pabrikan smartphone juga tercatat hadir, mulai dari Xiaomi dan juga Vivo. Kedua vendor smartphone yang mulai menggebrak dunia gadget internasional tersebut memang digosipkan akan menjadi mitra Mediatek dalam penggunaan chipset Helio X20 ini.

Beberapa analis teknologi asal Tiongkok berpendapat, jika chipset berkekuatan 10-core ini benar-benar terwujud, maka tenaga yang bisa dihasilkan oleh komponen tersebut akan menghasilkan angka benchmark Antutu sebesar 70 ribu poin. Sebelumnya, chipset MT-6795 octa-core pada tes serupa hanya meraih angka 50 ribu poin. Angka yang diraih HelioX20 tersebut juga akan menjadi poin tertinggi yang bisa dihasilkan oleh sebuah chipset.

Kabar lain juga menyebutkan bahwa, Mediatek akan memulai produksi chipset Helio X20 pada akhir 2015 ini. Manufaktur peracik chipset kelas dunia tersebut dikabarkan akan menanamkan chipset generasi terbarunya pada gadget-gadget high-end lansiran vendor Asia. Kemudian, setelah itu chipset Helio X20 akan dipasarkan juga ke kawasan Amerika.

Mediatek sendiri merupakan pionir pembuat chipset octa-core murni. Pada 2013 lalu, pabrikan asal Taiwan tersebut merilis model chipset delapan inti secara resmi ke pasaran gadget dunia. Hasilnya? Chipset octa-core racikan Mediatek tersebut mampu menjadi “trend setter” chipset delapan inti yang kemudian menjadi inspirasi bagi manufaktur lain untuk menciptakan produk serupa. Baca juga Samsung Gunakan Processor Exynos di Galaxy S7 dan Sharp Buat Layar Smartphone Ultra HD.

Top