Wow, Komputer Terkecil di Dunia Sebesar Bulir Beras!

Komputer Terkecil di Dunia Sebesar Bulir Beras – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih serta pesat saat ini memang membuat sesuatu yang sebelumnya mustahil untuk diciptakan, menjadi dapat diciptakan secara nyata. Baru-baru ini ditemukan perangkat computer terkecil di dunia, yang mana ukurannya hanyalah sebesar bulir beras saja. Perangkat komputer terkecil di dunia tersebut diberi nama Michigan Micro Note. Tentu dengan penemuan tersebut membuat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilakukan oleh manusia menjadi semakin canggih saja. Padahal telah kita ketahui bersama, sebelumnya perangkat komputer paling kecil memiliki ukuran yang masih dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun perangkat komputer terkecil ini harus membutuhkan alat penglihatan yang memadai atau jika tidak harus memperhatikan secara seksama.

Komputer Terkecil di Dunia Sebesar Bulir Beras

Diketahui perangkat komputer terkecil yang canggih ini merupakan hasil kerja keras para peneliti perangkat komputer yang ada di Jurusan Ilmu Komputer pada Universitas Michigan. Mereka bahkan telah bekerja keras dalam waktu lebih dari satu dekade demi menciptakan perangkat komputer terkecil ini. Hingga akhirnya kerja keras yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Michigan tersebut membuahkan hasil yang berupa perangkat super kecil dengan kemampuan komputasi yang canggih ini.

Sekedar informasi perangkat komputer terkecil ini memiliki ukuran yang hanya sebesar 2 mm saja. Diketahui juga perangkat ini tidak membutuhkan catu daya tambahan karena sumber daya yang dibutuhkan diperoleh dari sel-sel surya yang akan menjadi media sumber daya utamanya.

Sementara itu kemampuan dasar perangkat ini dapat membaca suhu, membaca tekanan udara dan merekam gambar.

Sebenarnya para peneliti mengatakan bahwa perangkat komputer ini juga bisa difungsikan untuk menemukan benda-benda yang kerap kali hilang. Karena perangkat komputer ini dapat ditempatkan pada benda manusia yang cukup penting yakni seperti Dompet atau yang lainnya. Selain itu perangkat komputer ini sebenarnya juga dapat difungsikan sebagai penunjang penelitian dibidang medis bahkan juga industry.

Menariknya lagi para peneliti di Universitas Michigan tersebut berencana bakal menciptakan perangkat komputer yang lebih kecil lagi dibandingkan perangkat komputer terkecil ini. Baca juga Perpaduan LEGO Hasilkan Unit Komputer Unik dan Apple Rilis MacBook 12 Inci Baru.

Top