Tongsis Semakin “Diharamkan” Dimana-mana

Giliran konser Musik yang Mengharamkan Tongsis – Kata orang, ‘nggak narsis, nggak eksis”. Hal itu juga lah yang membuat tongsis alias tongkat narsis, semakin banyak digunakan. Tak perlu lagi bantuan orang lain, kawan Begawei bisa mengambil foto diri sendiri. Namun, keeksisan tongsis pun, kini semakin terancam. Bagaimana tidak, benda dengan nama monopod atau selfie stick ini, semakin dilarang penggunaannya di berbagai ruang publik.

tongsis semakin diharamkan penggunaannya

Seperti yang sudah pernah Begawei informasikan,  di benua Eropa, tongsis dilarang memasuki museum. Diketahui, pelarangan penggunaan aksesoris itu, ditetapkan di dalam museum di Paris, Perancis. Alasannya pun cukup masuk akal. Benda yang panjangnya bisa diatur itu, dianggap  membahayakan. Apabila penggunaan tidak hati-hati, maka menurut pihak berwenang setempat, akan dapat merusak koleksi museum, yang tidak ternilai harganya.

Tak hanya dilarang penggunaannya di museum, tongsis pun bahkan dilarang penggunaannya di stadion sepak bola. Bahkan, dua tim terkenal dunia lah, yang jelas-jelas memberikan larangan tersebut. Tottenham Hotspurs dan Arsenal lah, yang jelas telah melarang para penontonnya, membawa tongsis atau tongkat selfie ketika memasuki stadion White Hart Lane dan stadion Emirates. Dua klub Liga Utama Inggris itu menggunakan keamanan, sebagai alasan pelarangan itu. Selfie stick, dianggap bisa memicu kerusuhan dan menjadi benda yang digunakan untuk mengancam keselamatan publik.

Pelarangan penggunaan tongsis, tak sampai disitu saja. Terbaru, panitia penyelenggara pertunjukan musik di luar negeri pun, melarang kehadiran benda tersebut. Bahkan, panitia festival musik Coachella yang akan berlangsung di California, Amerika Serikat, mencantumkan tongsis ke dalam daftar barang terlarang. Senada dengan hal tersebut, panitian festival musik Lollapalooza pun, melakukan pelarangan yang sama. Festival musik itu sendiri, bakal berlangsung di Chicago, bulan Agustus mendatang.

Namun, pelarangan tersebut, pastinya punya alasan tertentu. Walaupun tidak disebutkan secara jelas, namun pelarangan “kehadiran” tongsis pada kedua festival musik itu, diberlakukan berbarengan dengan pelarangan masuknya senjata api, pisau, bahkan bahan peledak. Sebahaya itukah tongsis? Kawan Begawei yang memang masih “memuja-muja” kehebatan tongsis, boleh lumayan lega. Hingga kini di Indonesia, belum ada kabar larangan untuk benda tersebut. Baca juga Ternyata Drone dan Tongsis Mulai Dilarang di Eropa dan Intel Kenalkan Processor Braswell.

 

Top