Tiru Google Wallet, Microsoft Kembangkan Metode Digital Payment Sendiri

Microsoft Kembangkan Sistem Pembayaran ala Google Wallet – Sejak turut meramaikan pasar smartphone dunia, perkembangan Microsoft semakin pesat saja. Dengan pengguna yang semakin bertambah, Microsoft juga berinovasi dengan memberikan layanan-layanan yang semakin memudahkan para konsumennya.

microsoft-kembangkan-sistem-pembayaran-ala-google-wallet

Seiring dengan perubahan gaya hidup modern yang serba digital, perusahaan teknologi informasi di bawah naungan miliuner Bill Gates tersebut juga mengembangkan metode pembayaran yang sedang booming saat ini, yaitu digital payment. Jika Google muncul sebagai pionir dalam metode pembayaran berbasis internet tersebut, maka Microsoft juga tak mau kalah dengan cara mengahdirkan jenis layanan yang sama bernama Microsoft Payment.

Seperti dilansir Android Police pada Kamis (9/4/2015) kemarin, metode pembayaran menggunakan Near Field Connection (NFC) tersebut akan tersedia untuk 50 negara di seluruh dunia. Layanan Microsoft Payment ini bisa digunakan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi terbaru Microsoft, yaitu OS Windows 10.

Meski belum dipublikasikan secara resmi, beberapa sumber menyatakan bahwa sistem pembayaran digital ini akan menggunakan sejenis kartu emulasi atau host card emulation (HCE) yang bisa berjalan pada OS Windows 10. Melalui perangkat ini, pengguna Windows Phone atau perangkat yang ber-OS Windows bisa melakukan pembayaran secara mobile.

Mengenai sekuritas atau tingkat keamanan dari sistem pembayaran digital seperti ini, Microsoft mengungkapkan bahwa layanan Microsoft Payment dapat diaktifkan pada satu perangkat dengan bantuan kontrol keamanan dari pihak penyedia jasa operator seluler. Selain itu, perangkat HCE juga tengah disiapkan agar bisa dioperasikan pada gadget Android yang memiliki sistem operasi Android KitKat atau di atasnya.

Fitur Host Card Emulation yang nanti bisa digunakan pada perangkat ponsel pintar berbasis Android ini sebenarnya sempat membingungkan publik gadget dunia. Pasalnya, selama ini Microsoft dan juga Google memang seperti saling menjaga eksklusifitas produk mereka. Namun, jika melihat perkembangan yang terjadi pada Microsoft saat ini, ada kemungkinan mereka memang sedang berinovasi untuk memperluas aplikasi dan juga layanan digital agar bisa digunakan diluar produk Microsoft yang berbasis Windows Phone. Baca juga Apple Rilis MacBook 12 Inci Baru dan Intel Kenalkan Processor Braswell.

Top