Terhalang Hak Paten, Apple Watch Dilarang Masuk Swiss

Apple Watch Dilarang Masuk Swiss – Produk jam tangan canggih racikan Apple Inc ternyata tidak bisa masuk ke semua negara secara mudah. Baru-baru ini, seperti dilansir kantor berita Mashable pada Senin (6/4/2015), Apple Watch tidak bisa sembarangan masuk ke pasaran negara yang menjadi “gudangnya” jam tangan kelas dunia, Swiss.

apple-watch-dilarang-masuk-swiss

Jam tangan pintar hasil karya perusahaan yang identik dengan logo “buah apel tergigit” ini memang baru saja menghebohkan publik pemerhati dunia teknologi. Namun, dibalik kecanggihan yang dibawa oleh Apple Watch, ternyata tidak semua pihak merasa senang dengan kemunculan jam tangan generasi baru ini. Pada saat peluncuran Apple Watch Maret lalu, Swiss memang tidak masuk dalam daftar negara yang menjadi tujuan dipasarkannya Apple Watch.

Usut punya usut, Apple Watch tidak bisa masuk ke Swiss karena terbentur masalah hak paten. Merk dagang “apple” ternyata sudah terlebih dulu didaftarkan pihak lain di Swiss, sehingga produk Apple Inc tidak bisa masuk ke negara tersebut. Adalah Leonard Timepieces yang sudah mengajukan hak paten untuk menjual produk dengan brand “apple” pada 1985 silam. Namun, Apple Inc juga mendapat titik cerah mengenai pemasaran produk jam tangannya di salah satu negara Eropa tersebut. Hal ini berkaitan dengan hak paten yang berusia 30 tahun tersebut ternyata akan berakhir pada 5 Desember 2015.

Kabar dilarangnya Apple Watch ke negara penghasil keju tersebut sebenarnya disambut baik oleh perusahaan-perusahaan jam lokal setempat. Perusahaan jam asli Swiss menganggap kehadiran Apple Watch bisa membawa “kehancuran” bagi produsen jam lokal Swiss yang sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil jam tangan mewah dan berkualitas.

Meski terhalang oleh hak paten yang akhirnya sedikit menghambat pemasaran Apple Watch di Eropa, namun pihak Apple melalui CEO-nya, Tim Cook, menuturkan bahwa pihaknya tetap optimis mengenai penjualan produk jam tangan canggihnya ini. Kata “apple” sendiri sebenarnya tidak muncul sebagai nama dalam merk dagang “Apple Watch”. Apple Inc hanya menyematkan logo khas buah apelnya menjadi satu dengan kata “watch”. Sejak dikenalkan pada Maret silam, Apple Watch akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat kemudian dilanjutkan ke negara-negara lain, seperti Inggris, Hong Kong, Jepang, Australia, Kanada dan beberapa negara Eropa pada 24 April 2015 ini. Baca juga CEO Apple Ingin Donasikan Kekayaannya untuk Kemanusiaan dan Komputer Sebesar Flashdisk Ala Google.

Top