Susul Microsoft dan Intel, Google Besut Komputer Sebesar Flashdisk

Komputer Sebesar Flashdisk Ala Google – Teknologi memang berkembang begitu pesat. Semakin hari pun, performanya semakin canggih saja. Bahkan, saat ini bermunculan produk-produk komputer, dengan ukuran sangat mini. Sebut saja Lucoms. Komputer supermini ala Microsoft itu, hanya memiliki panjang 1 cm dengan bobot 46 gram. Jika dibandingkan dengan benda lain, dimensi tersebut kurang lebih sama dengan ukuran Usb flashdisk. Tapi jangan salah sangka dulu kawan Begawei. Si mini itu, punya performa yang tangguh. Tak tanggung-tanggung, benda sekecil itu mampu “menggotong” sistem operasi Windows 10. Perangkat yang akan diluncurkan pertengahan tahun 2015 itu, juga ditenagai prosesor buatan Intel, RAM 1 GB/ 2GB, serta media penyimpanan 16/ 32 GB. Sejenis dengan Lucoms, pabrikan Intel sendiri juga melundurkan Compute Stick pada Januari lalu.

chromebit komputer sebesar flashdisk

Menyusul kedua rival tangguhnya, Google pun tak mau kalah. Raksasa teknologi itu pun, mengorbitkan produk komputer mini serupa. Teknologi unik ala google itu dinamai  Chromebit. Perangkat super mini itu, melenggang dengan membawa Crome sebagai sistem operasinya. Penasaran dengan performanya?

Selain menjalankan Crome OS sebagai sistem operasinya, Chromebit yang diproduksi oleh Asus ini, ditenagai prosesor Rockchip dan RAM 2GB. Selain itu,  Chromebit dilengkapi dengan internal memory berkapasitas 16 GB. Kelengkapan lain yang melengkapinya adalah termasuk Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0, dan port USB 2.0.

Sementara itu, Google punya tujuan sendiri, mengapa membesut Chromebit dengan ukuran begitu mini. Tak hanya karena latah, Chromebit  memang sengaja dirancang agar berukuran sekecil mungkin. Dengan demikian, maka perangkat ini bisa “menyusup’ dan “menyulap” TV atau monitor apapun menjadi komputer. Seru kan? Hal tersebut tentu saja dilakukan dengan menancapkannya ke port HDMI. Anda tertarik? Kira-kira, berapa ya banderol harganya?

Soal harga, ternyata menjadi hal menarik lainnya, setelah soal ukuran mini Chromebit. Komputer tersebut rencananya bakal dibanderol kurang dari 100 dollar AS. Jika disesuaikan dengan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar saat ini, angka tersebut sama nilainya dengan harga sekira Rp. 1,3 jutaan. Rencananya, Chromebit akan mulai dipasarkan sekitar pertengahan 2015 nanti. Baca juga Google Shop, Cara Google Dekatkan Diri dengan Konsumen dan WhatsApp di Android Sudah Resmi Bisa Telepon Gratis.

 

Top