Sony Akan Patuhi Aturan Kandungan Lokal Pada Smartphone Xperia

Sony Patuhi Aturan Kandungan Lokal yang Berlaku – Saat ini wacana Pemerintah Indonesia yang merencanakan akan menerapkan aturan persyaratan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40 persen untuk smartphone 4G memang sudah mulai beredar kencang. Bahkan rencananya Pemerintah Indonesia akan menerapkan peraturan ini dalam beberapa periode yang akan mendatang. Diketahui peraturan ini akan dilaksanakan mulai tahun 2017 mendatang. Dengan wacana ini maka membuat salah satu produsen smartphone asal Jepang yang cukup populer di Indonesia yakni Sony dengan smartphone Sony Xperianya memberikan tanggapan.

Sony Akan Patuhi Aturan Kandungan Lokal Pada Smartphone Xperia

Dari informasi yang beredar, melalui CEO Sony Mobile Communication, pabrikan asal Jepang ini siap menaati regulasi pemerintah untuk produk smartphone Sony Xperia apabila telah berlaku nantinya.

Hal tersebut diperkuat sesuai informasi yang dilansir dari laman Kompas Tekno, Rabu (1/4/2015) yang menyatakan bahwa pihak Sony sangat mengerti alasan rencana regulasi tersebut akan diberlakukan. Sony pun sebenarnya telah mendapatkan persayaratan yang hampir sama dengan persyarataan ini, tak hanya di Indonesia saja. Tetapi di negara-negara lainnya. Sesuai dengan prinsip perusahaan yakni “Good Corporate Citizen”, maka pihak Sony akan menaati aturan tersebut.

Soal cara Sony memenuhi peraturan tersebut nantinya. Dikatakan bahwa petinggi Sony yakni Totoki mengaku sedang mendiskusikan langkah-langkah tersebut. Dimana Sony juga tetap mempertahankan kepentingan bisnis Sony di negara yang bersangkutan agar tidak sama-sama dirugikan satu sama lainnya. Salah satu langkah tersebut adalah dengan membangun fasilitas produksi di Indonesia. Namun dikatakan bahwa Sony belum tentu akan menempuh langkah tersebut. Salah satu upaya tersebut merupakan opsi. Diketahui bahwa Sony sedang mempertimbangkan matang-matang akan langkah dalam melaksanakan regulasi ini.

Sekedar informasi bahwa sebenarnya rencana regulasi mengenai TKDN sendiri saat ini masih di pelajari lebih lanjut oleh Pemerintahan Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan. Bahkan sampai saat ini aturan main mengenai komponen dalam negeri pun belum ditentukan lebih lanjut lagi. Dari informasi yang ada selain Sony, ada juga Lenovo dan Oppo yang telah bersiap memenuhi aturan TKDN di Indonesia ini. Baca juga LG G4 Hadir Dengan Layar Lebih Yahud dan Bluboo X550, Smartphone Bertenaga Monster.

Top