Raih Market Share Tertinggi, Samsung Sukses Lewati Apple

Penjualan Samsung Salip Apple – Persaingan teknologi informasi dunia dalam satu dekade ini memang mengerucut pada persaingan dua perusahaan IT terbesar saat ini, yaitu Apple dan Samsung. Tak terelakkan lagi, ibarat balapan MotoGP, Apple dan Samsung-lah yang selalu menempati pole position dalam “lintasan balap” dunia teknologi informasi.

penjualan-samsung-salip-apple

Baru-baru ini, TrendForce merilis data penjualan dari kedua perusahaan tersebut. Hal yang mengejutkan adalah, Samsung lewat dua varian baru smartphone Android mereka, yaitu Galaxy S6 dan S6 Edge, ternyata mampu melampaui penjualan Apple yang mengandalkan iPhone 6.

TrendForce mencatat, penjualan Samsung mengalami kenaikan yang cukup fantastis setelah melepas Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge ke pasar global. Lewat dua tipe ponsel pintar premium tersebut, Samsung mampu meraih market share sebesar 27,8 persen. Lonjakan yang terjadi pada awal 2015 ini memang sangat mengejutkan, karena pada kuartal terakhir 2014 Samsung hanya mampu mencatatkan angka 24,7 persen dari total penjualan gadget di seluruh dunia.

Dengan market share sebesar 27,8 persen tersebut, Samsung berhasil melibas seteru abadi mereka, yakni Apple. Apple Inc sendiri hanya memperoleh market share sebesar 19,9 persen pada kuartal pertama 2015.

Catatan yang diraih oleh perusahaan asal Korea Selatan ini juga mengungguli perusahaan-perusahaan lain yang juga bergerak di sektor teknologi informasi.

Sebagai informasi, LG hanya memiliki market share sebesar 6,2 persen. Angka yang jauh di bawah Samsung ini sebenarnya sudah cukup bagus bagi LG. Sebelumya, tahun lalu LG hanya mampu mencatatkan market share sebesar 5,3 persen pada kuartal keempat tahun 2014.

Selain Samsung yang ternyata mampu menjadi penguasa jagad teknologi informasi dunia, kejutan lain juga datang dari Lenovo. Namun, jika Samsung berhasil mencatatkan kenaikan yang lumayan signifikan, justru vendor asal Tiongkok tersebut malah mengalami kemerosotan pada awal 2015 ini. Lenovo, yang pada akhir kuartal empat 2014 lalu mampu mencatat market share sebanyak 7,1 persen, kini justru anjlok karena hanya mampu meraih 6 persen saja.

Tingginya market share Samsung ini tak lepas dari kesuksesan dua varian baru smartphone premiumnya, yakni Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge. Kedua produk baru Samsung ini memang sukses mempertahankan hegemoni Samsung di dunia gadget internasional. Baca juga Samsung Galaxy S6 Susah Diperbaiki dan Apple iOS 9 dan OS X Akan Dirilis Juni Mendatang.

Top