Qualcomm Gandeng Samsung Uji Coba Snapdragon 820

Qualcomm Gandeng Samsung Kembangkan Snapdragon 820 – Salah satu peracik prosesor terbaik dunia, Qualcomm, kini tengah bersiap untuk menguji coba prosesor generasi terbarunya. Generasi terbaru prosesor racikan Qualcomm ini diberi nama Snapdragon 820.

qualcomm-gandeng-samsung-kembangkan-snapdragon-820

Dalam proyek uji coba prosesor terbarunya ini, Qualcomm menggandeng salah satu produsen smartphone Android raksasa asal Korea, Samsung. Hal ini memang bukan kabar yang mengejutkan. Sebelumnya, Qualcomm merupakan salah satu pemasok komponen utama pada produk-produk ponsel pintar racikan vendor kelas dunia, termasuk Samsung.

Seperti dilansir Recode pada Selasa (21/4/2015), Qualcomm dikabarkan membawa desain baru yang berarsitektur 14nanometer (nm) pada generasi terbaru prosesornya ini. Meski belum memberikan rilis tipe smartphone Samsung yang digunakan untuk uji coba Snapdragon 820, namun beberapa sumber menyebutkan bahwa salah satu tipe terbaru dari ponsel pintar Samsung-lah yang akan digunakan sebagai “kelinci percobaan”.

Recode juga melansir, bahwa kerjasama antara Qualcomm dan juga Samsung ini akan berlangsung untuk jangka waktu yang lama. Sebelumnya, seperti sudah menjadi rahasia umum, bahwa Samsung menjaga eksklusifitas produk-produknya dengan cara tidak menggunakan prosesor buatan produsen lain. Selama ini, Samsung memang lebih sering menggunakan prosesor buatan sendiri guna memberikan kualitas pada setiap lini smartphone hasil racikannya.

Selain itu, Samsung juga lebih percaya pada prosesornya sendiri karena mereka menilai bahwa transistor 14nm kabel racikannya sendiri memiliki kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan transistor 20nm TSMC. Namun, kerjasama antara pihak Samsung dengan Qualcomm ini berhasil menghapus kesan eksklusifitas yang selama ini begitu dijaga oleh vendor gadget asal Negeri Ginseng tersebut.

Prosesor Qulcomm Snapdragon 820 sendiri adalah prosesor generasi terbaru dari keluarga chip Qualcomm. Kualitas Snapdragon ini dinilai akan melebihi varian sebelumnya, yakni Qualcomm Snapdragon 805. Snapdragon 820 ini menurut rencana akan ditanamkan pada generasi ponsel pintar flgaship terbaru racikan Samsung. Gadget tipe flagship sendiri belakangan mulai populer di kalangan pecinta gadget dunia.

Qualcomm Snapdragon 820 rencananya akan dirilis secara resmi pada tahun 2016 mendatang. Melalui prosesor generasi terbarunya, Qualcomm berharap kerjasama ini akan memajukan kedua belah pihak. Rencananya, Snapdragon 820 akan ditanamkan pada Samsung Galaxy S generasi berikutnya. Baca juga Snapdragon 805 Sabet Penghargaan Best Mobile Chip dan Processor 64 bit pesaing Snapdragon 410.

Top