Persaingan Baidu dan Google Semakin Panas Dengan Hadirnya DuWear

Baidu Hadirkan DuWear Untuk Saingi Google Wear – Persaingan di dunia bisnis, memang bukan hal yang mengejutkan lagi. Bahkan, persaingan menjadi hal mutlak yang mau tidak mau hadir ketika sebuah perusahaan memulai bisnisnya. Hal itu juga yang terjadi pada dua search engine alias mesin pencari—Google dan Baidu. Nama Baidu yang merupakan mesin pencari berbahasa China, memang telah sanggup mematahkan dominasi Google di negara besar itu. Saat Google memutuskan untuk keluar dari China tahun 2010 lalu, pangsa pasar Baidu pun meningkat hingga lebih dari 60%. Jadi, China lah yang menjadi satu-satunya negara,  dimana kebesaran Google bisa dipatahkan dengan telak. Baidu yang didirikan oleh Robin Li dan Erci Xu di tahun 2000 pun, semakin merajalela. Walau hanya melayani pengguna internet di China dan Jepang, namun Baidu berhasil menjadi situs nomor 5, yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet.

baidu luncurkan DuWear untuk saingi Google wear

Kembali ke persaingannya dengan Google, Baidu pun terus menempel erat dengan manuver-manuver yang dilakukan saingan beratnya itu. Beberapa tahun terakhir, Google memang tak hanya berkonsentrasi pada mesin pencarian dan sistem operasi Androidnya. Namun perusahaan itu juga sedang getol untuk mengembangkan lini wearable device-nya, yakni Google Device. Tak mau kalah, Baidu pun meluncurkan DuWear.

Walaupun Baidu dan Google jelas “bermusuhan”, namun ternyata untuk DuWear, Baidu masih menggunakan Android sebagai “otak” pada perangkatnya. Untuk semakin mendukung wearable device-nya itu, Baidu pun merilis sebuah website untuk mendukung platform terbarunya itu. Lalu, seperti apa performa DuWear?

Untuk ukuran sebuah wearable device, fitur-fitur dan fungsi yang dihadirkan pada Duwear tergolong standar.  Anda bisa menemukan berbagai fitur seperti herat rate tracking, motion tracking, dan voice search. Perangkat tersebut juga sudah bia mendukung pembayaran secara mobile alias mobile paymentBaidu juga melengkapi DuWear dengan aplikasi pemetaan dan GPS, serta sebuah toko aplikasi, yang kabarnya akan dirilis kemudian. Ternyata, Baidu juga sudah siap merilis sebuah jam pintar lainnya setelah DuWear. Dalah DuWear Watch, nama yang diusung untuk smartwatch yang kabarnya akan diperkenalkan pada bulan Juni mendatang. Baca juga Google Segera Buat Android Wear Kompatibel dengan iOS dan  Paten Baru Google Dapat Cegah Spoiler.

  • Hendar S Rao

    bakal masuk indo ga ya?

Top