Penduduk Asia Diprediksi Akan Jadi Konsumen Terbesar Smartphone Dunia

Asia Diprediksi Akan Jadi Pengguna Smartphone Terbesar Dunia – Telepon seluler dewasa ini memang sudah mengalami pergeseran fungsi utama. Jika dulu hanya sebatas alat komunikasi dua arah, kini telepon seluler telah berubah fungsi menjadi perangkat komunikasi modern dan juga hiburan. Selain perubahan fungsi, para produsen perangakat telepon seluler modern pun tak hanya menjadi dominasi perusahaan asal Eropa atau Amerika. Kini, telah banyak perusahaan asal Asia yang mampu berbicara banyak di pasar gadget dunia. Selain produsen asal Asia yang terus berkembang, ternyata kawasan Asia juga menjadi “lumbung” penjualan produk-produk telepon seluler.

Asia-diprediksi-akan-jadi-pengguna-smartphone-terbesar-dunia

Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh lembaga riset asal Jerman bernama Gesellschaft fur Konsumforschung (GfK) menghasilkan kesimpulan bahwa di masa datang ponsel pintar atau smartphone akan menjadi barang yang paling diminati. Hal ini dikarenakan perangkat smartphone semakin bervariasi dan harganya juga semakin terjangkau. Jika dulu telepon seluler adalah barang mewah, maka kini semua orang bisa memiliki perangkat ponsel.

Seperti dilansir Fiercewireless pada Selasa (28/4/2015), Director of GfK Retail and Technology Jurgen Boyny menerangkan bahwa pertumbuhan penggunaan smartphone atau ponsel pintar paling tinggi terjadi di belahan Asia dan Afrika. Pertumbuhan penggunaan perangkat gadget di kawasan Asia dan Afrika tercatat mencapai 6 persen pada tahun 2015 ini. Sementara itu, pertumbuhan di kawasan Amerika dan Eropa hanya sebesar 3 persen dan 2 persen.

Selain data dari GfK tadi, sebuah laporan dari CCS Insight mengungkapkan bahwa penjualan produk-produk smartphone di wilayah Amerika dan Eropa Barat cenderung akan mengalami penurunan pada akhir 2015 ini. Penurunan minat penduduk Amerika dan Eropa pada smartphone, menurut CCS Insight, disebabkan oleh siklus inovasi yang terlambat.

Lebih spesifik, CCS Insight memprediksi bahwa total penjualan handset (meliputi smartphone dan feature phone) pada 2015 ini akan mencapai angka 2,07 miliar unit. Angka lebih dari 2 miliar unit tersebut naik 5,7 persen dari total penjualan semua produk gadget pada tahun 2014.

CCS Insight juga memprediksi bahwa nanti pada 2019, total penjualan produk-produk handset akan menembus angka 2,35 miliar unit. Dari total angka penjualan tersebut, CCS Insight juga memperkirakan bahwa lebih dari separuh pengguna handset dunia merupakan penduduk negara-negara kawasan Asia, disusul Eropa dan Amerika. Baca juga Negara Asia Kecepatan Internet Tertinggi dan Xiaomi Kuasai Pasar Asia Tenggara.

Top