Pencipta WeChat Ingin Buat OS Sendiri

WeChat Ciptakan OS Sendiri – Setelah Samsung yang menciptakan sistem operasi smartphone buatan sendiri, kini semakin banyak perusahaan teknologi yang membuat gebrakan serupa. Kali ini, perusahaan pembuat aplikasi instant messanger WeChat, Tencent Holdings, berencana untuk menciptakan sistem operasinya sendiri.

wechat-ciptakan-os-sendiri

Tencent Holdings, sebagai induk perusahaan WeChat, telah mengembangkan sebuah operation system hasil karya sendiri untuk ditanamkan pada perangkat smartphone yang terhubung dengan internet. Sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan asal Tiongkok ini diprediksi akan berpotensi untuk menjadi pesaing bagi OS Android bikinan Google.

Sistem operasi  racikan Tencent Holdings tersebut rencananya akan diberi nama Tencent Operating System atau disingkat TOS. Rencana pengembangan proyek sistem operasi racikan Tencent Holdings itu telah diumumkan pada tahun lalu.

Mark Ren, selaku Chief Operation Officer Tencent Holdings mengatakan bahwa sistem operasi tersebut akan menawarkan fitur-fitur yang lebih menarik serta dapat menghasilkan benefit berupa uang kepada pemakainya.

Tencent Holdings sendiri menurut rencana akan menggandeng pihak ketiga dalam proses pengembangan sistem operasi TOS tersebut. Kepala Pengembangan TOS, Zhong Xiangping, usai mengisi acara Global Mobile Internet Conference di Beijing pada Selasa (28/4/2015) kemarin menerangkan bahwa, pihaknya ingin memberikan lebih banyak konten ke dalam smartphone agar penggunanya mendapatkan pengalaman lebih menyenangkan saat mengoperasikan gadget-nya.

Tencent Holdings sendiri bukanlah perusahaan asal Tiongkok pertama yang mengembangkan sistem operasi secara mandiri. Sebelumnya, perusahaan senegara Tencent Holdings bernama Alibaba telah membuat Yun OS yang sudah diaplikasikan oleh vendor lain semisal Meizu. Selain Alibaba, ada lagi vendor smartphone Xiaomi yang memodifikasi OS Android dan diberi nama MiUI.

Mundur sedikit ke belakang, sebelum ide menciptakan OS sendiri oleh Tencent Holdings, ada juga sistem operasi berbasis Android racikan Baidu yang bernama DuWear. DuWear ini merupalan OS yang kompatibel dengan berbagai macam perangkat keras, macam Sony, Lenovo, Motorola, hingga LG. Sistem operasi DuWear ini menurut rencana juga akan segera dirilis secara masal pada medio Juni 2015 mendatang.

Sementara itu, perusahaan besar lainnya, termasuk Samsung, Intel dan Linux Foundation, telah bekerjasama guna mengembangkan sistem operasi secara mandiri bernama Tizen yang diracik menggunakan inti program komputasi dari Linux. Baca juga Samsung Hadirkan OS Android Lollipop 5.0.2 pada Galaxy Alpha dan Fitur Panggilan WhatsApp Telah Hadir di Perangkat iOS.

Top