Nokia Bakal Lepas Peta Digital Here Diatas 2 Miliar Dollar?

Nokia Akan Menjual Here – Sudah bukan berita baru lagi, jika perusahaan teknologi asal Finlandia—Nokia, telah menjual divisi smartphonenya kepada Microsoft. Maka kini muncullah brand anyar bertajuk Microsoft Lumia. Terbaru, kabarnya Nokia akan melakukan penjualan pada lini lainnya. Kali ini, sektor peta digitalnya—Here, dikabarkan akan dipindah tangankan. Banderol harganya pun cukup tinggi.

nokia lepas here 2 miliar dollar lebih

Penjajakan peluang untuk menjual peta digital Here, kabarnya mulai terfikir karena Nokia ingin lebih fokus. Saat ini, perusahaan yang dulu sangat berjaya dengan produk ponselnya itu, sedang fokus ke bisnis nirkabel atau wireless. Animo ketertarikan yang cukup baik dari para perusahaan besar pun, cukup dirasakan oleh Nokia. Apalagi, aplikasi Here sudah digunakan lebih dari 2,5 juta pengguna. Banyaknya pengguna Here, juga terbantu oleh pre-installed aplikasi, di produk Microsoft Lumia. Selain itu, Here juga sudah bisa diunduh di perangkat berbasis Android dan iOS. Keuntungan yang besar, jelas akan didapatkan oleh pihak yang nantinya “menampung” Here. Maka tak heran, Nokia pun disebut-sebut cukup bersemangat.

Nokia mengklaim, cukup banyak perusahaan besar, baik dari industri teknologi informasi hingga dunia otomotif, yang mengantri untuk Here. Salah satu perusahaan yang diduga telah menyatakan ketertarikannya adalah Uber Technologies. Perusahaan yang sedang naik daun itu, bergerak di bidang penyewaan mobil melalui aplikasi di smartphone. Tercatat juga nama pabrikan mobil asal Jerman, yang menyatakan keinginannya untuk membeli divisi Here milik Nokia. Walaupun begitu, belum bisa dipastikan, pabrikan mana yang dimaksud. Dari berbagai perusahaan yang mulai melakukan pendekatan itu, Nokia juga punya standar yang cukup tinggi lho mengenai harga.Untuk mendapatkan peta digital—Here, mereka harus rela merogoh kantongnya cukup dalam, hingga diatas 2 miliar Dollar. Angka tersebut disesuaikan dengan nilai valuasi Here, yang saat ini mencapai 2,1 miliar dollar AS.

Namun bicara soal nilai, Harga sekitar 2 miliar Dollar itu, sebenarnya sudah cukup menurun dari nilai akuisisi Here terdahulu. Peta digital Here, memang sebelumnya dikembangkan oleh Navteq. Perusahaan yang bergerak pada bidang informasi geografis itu, berbasis di Amerika. Untuk mengambil alih Here dari Navteq, Nokia sendiri harus merogoh kocek hingga 8,1 miliar Dollar AS. Dengan tingginya harga akuisisi sebelumnya, maka wajar jika Nokia akan mengurunkan niat melepas Here, jika perusahaan penawarnya kurang memenuhi syarat. Baca juga Android Lollipop Tak Sepopuler Kitkat dan Menggunakan Gadget Bisa Membuat Cepat Tua.

 

Top