Netter Indonesia Suka “SKSD”

Kebiasaan Para Pengguna Twitter di Indonesia – Kawan Begawei aktif “berkicau” di Twitter”? Jejaring sosial  140 karakter itu, memang sudah tak perlu diragukan lagi popularitasnya. Pengguna dari berbagai klasifikasi usia, begitu mengenal Twitter. Maka tak heran jika saat ini jumlah pengguna aktifnya mencapai 288 juta, di seluruh dunia. Kalu kita bicara soal pengguna aktif, Indonesia tercatat sebagai salah satu kontributor terbesarnya. Menurut data Twitter, Indonesia menyumbang rata-rata 500 juta tweet setiap hari pada tahun lalu. Indonesia juga pernah bertengger dalam daftar ‘Golden Tweet’, yang menempati posisi nomor dua sebagai tweet yang paling banyak di-share dengan lebih dari 1 juta re-tweet. Nah, dari sekian banyak aktifitas para pengguna Twitter, ternyata ada salah satu kebiasaan unik para netter Indonesia di Twitter. Kebiasaan itu adalah “SKSD”, alias Sok Kenal Sok Dekat.

netter di indonesia suka SKSD

Dari sekian banyak aktifitas para netter Indonesia yang melibatkan Twitter, ternyata Twitter Asia Pacific berhasil menganalisis tiga kebiasaan utama para pengguna Twitter di Indonesia. Menjalin hubungan dengan pengguna lain adalah salah satunya. Bahkan, orang Indonesia cenderung suka berkomunikasi dengan pengguna lain, walau mereka tidak mengenal secara langsung. Di kalangan anak muda, ini biasa disebut sebagai “SKSD”.

Selain “sok kenal sok dekat”, Twitter juga dijadikan tempat berekspresi oleh para netter Indonesia. Yang satu ini pasti bukan kejutan lagi, karena jejaring sosial memang cukup populer sebagai tempat berekspresi, atau curhat lebih tepatnya. Namun untuk yang satu ini, Twitter memang menjadi lebih terbatas ketimbang media sosial lainnya, misalnya saja Facebook. Hal tersebut dikarenakan jumlah karakter yang terbatas, pada setiap twitt.

Managing Director Online Sales Twitter Asia Pacific, Aliza Knox juga membeberkan bahwa satu lagi “polah” utama para pengguna Twitter di Indonesia adalah membuat konten dan berbagi info. Share informasi kepada orang lain, memang cukup efektif jika dilakukan di media sosial. Dengan sekali klik saja, informasi akan segera tersebar ke ratusan pengguna lain.

Atas “peta” kebiasaan utama para pengguna Twitter di Inonesia itu, buktinya memang membukukan negara kita sebagai negara yang penting bagi Twitter. Bahkan kita menjadi salah satu pasar terbesar bagi perusahaan berlogo biru itu.

“Indonesia adalah salah satu negara penting bagi kami, karena menjadi salah satu pasar terbesar Twitter. Selain itu, sangat terlihat adanya interakasi dalam basis pengguna di platform kami,” ungkapnya. Baca juga Pengguna Android di Indonesia Masih Keranjingan Aplikasi Game dan Sebab Baterai Ponsel Jadi Makin Lemah Lama-kelamaan.

Top