NeilO : Mouse yang Cuma Segede Kuku

Peneliti Asal Massachusett Institute Technology Kembangkan Mouse Seukuran Kuku – Kemajuan teknologi memang bisa membuat semuanya seakan menjadi lebih mudah. Jika beberapa lalu perusahaan teknologi asal Tiongkok telah mengembangkan sebuah prototipe robot ala film Pacific RIM, kini hadir lagi sebuah penemuan “luar biasa” yang dihasilkan oleh para peneliti dari Massachusett Institute Technology.

peneliti-asal-massachusett-institute-technology-kembangkan-mouse-seukuran-kuku

Yup! Para peneliti yang mengabdikan dirinya untuk kemajuan teknologi informasi asal Amerika Serikat baru-baru ini berhasil mengembangkan sebuah mouse atau trackpad mini yang berukuran hanya sebesar kuku. Perangkat yang dinamakan NeilO tersebut merupakan sebuah mouse atau trackpad yang dibuat menyerupai stiker kuku yang biasa digunakan sebagai pelengkap fashion oleh kaum hawa.

Layaknya trackpad atau mouse biasa, NeilO bisa dioperasikan untuk menggerakkan kursor pada notebook atau gadget lain. NeilO berfungsi untuk menjalankan navigasi kursor dalam menjalankan operasional gadget atau menjalankan fungsi komputasi. Perangkat yang termasuk dalam kategori wireless trackpad itu dibuat terhubung dengan sebuah perangkat mobile lain dalam penggunaannya.

Seperti dilansir dari Dailymail pada Jumat (17/4/2015) lalu, salah satu peneliti dari Institut Teknologi Massachusett, AS, mengungkapkan bahwa NeilO merupakan perangkat input yang dapat dipakai dalam bentuk nail art sticker. Perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan fungsi navigasi pada gadget mereka namun tidak menghilangkan gaya trendy pemakainya. Jadi, NeilO ini adalah perangkat yang menggabungkan teknologi maju dengan nilai-nilai estetika.

Para peneliti tersebut menerangkan bahwa NeilO diciptakan menggunakan membran atau lapisan yang dapat dibuka. Penggunaan bahan seperti ini akan memudahkan penggunanya jika ingin mengganti-ganti warna NeilO sesuai dengan selera mereka.

Selain itu, keuntungan lain dari penggunaan NeilO adalah pemakainya bisa menjalankan perintah navigasi dengan mudah karena menggerakkan jari-jemari, terutama jempol tangan, adalah aktivitas yang alami. Lewat penggunaan NeilO, pengguna gadget bisa membalas teks yang mendesak dengan mudah tanpa harus mengalihkan perhatian orang-orang di sekililingnya.

NeilO sendiri sudah dipresentasikan pada sebuah konferensi komputer di Seoul, Korea Selatan, dan masih akan dikembangkan lagi fitur-fiturnya. Kedepannya, para peneliti tadi ingin menanamkan komponen yang lebih kecil pada microchip yang ada dalam NeilO. Baca juga SK Telecom Hadirkan Prototipe Robot yang Digerakkan Manusia dan Pengisian Daya Baterai Tercepat.

Top