Microsoft Patenkan Teknologi Eye Tracking

Microsoft Patenkan Teknologi Eye Tracking – Setelah meluncurkan fitur pembayaran digital racikannya sendiri, kini Microsoft kembali membuat inovasi baru mengenai teknologi sistem penelusur mata. Perusahaan teknologi informasi yang didirikan oleh taipan Bill Gates tersebut mengklaim bahwa teknologi Eye Tracking racikannya mampu membantu pengguna saat mengoperasikan komputer. Dengan bantuan sistem penelusur mata yang dikembangkan Microsoft ini, komputer bisa memprediksi pencarian yang akan dilakukan pengguna komputer berikutnya.

microsoft-patenkan-teknologi-eye-tracking

Seperti dikutip dari Microsoft-news pada Jumat (17/4/2015), perusahaan teknologi informasi raksasa asal Amerika Serikat tersebut juga telah mengajukan hak paten atas teknologi Eye Tracking miliknya. Microsoft menjelaskan, teknologi ini mampu menelusuri apa yang sedang dilihat atau dicari oleh penggunanya. Lalu, sistem tersebut akan membuat sebuah “profil” yang kemudian bisa digunakan untuk melakukan proses pencarian berikutnya.

Teknologi penelusur mata bernama Eye Tracking hasil pengembangan Microsoft ini tak hanya terbatas pada pencarian objek fisik. Konten-konten digital juga bisa diakomodasi oleh sistem penelusur mata ini.

Proses kerja Eye Tracking pun sangat sederhana. Misalnya, saat pengguna melihat gambar bunga di layar komputer, lalu meninggalkan komputer beberapa saat dan kembali lagi, maka sistem pada Eye Tracking akan menyediakan hasil pencarian terkait gambar bunga yang sebelumnya pernah dilihat oleh pengguna tersebut.

Selain mempermudah proses searching, teknologi Eye Tracking juga bisa digunakan untuk mempermudah operasioanl perangkat lain, seperti HoloLens. HoloLens sendiri merupakan perangkat headset augmented reality merupakan perangkat yang juga hasil pengembangan Microsoft. Melalui kombinasi Eye Tracking dan teknologi Eye Tracking, pengguna akan mendapatkan informasi lebih banyak tentang produk atau benda secara spesifik.

Memasuki tahun 2015, perusahaan yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat ini memang semakin gencar mengenalkan produk-produk mutakhir yang mempermudah penggunanya. Seperti sudah kita ketahui, Microsoft juga telah mengenalkan teknologi pembayaran digital mandiri yang diberi nama Microsoft Payment. Inovasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini mengadopsi teknologi digital payment racikan Google, yakni Google Wallet, yang sudah lenbih dulu dikenalkan kepada publik gadget dunia. Baca juga Microsoft Akan Segera Hentikan Support Untuk Windows Server 2003 dan Microsoft Kembangkan Sistem Pembayaran ala Google Wallet.

Top