Microsoft akan Matikan Windows Server 2003 pada 14 Juli 2015

Microsoft Akan Segera Hentikan Support Untuk Windows Server 2003 – Sebuah kabar buruk datang bagi Anda pelaku bisnis yang masih menggunakan server Microsoft Windows Server 2003. Pasalnya, Microsoft baru saja mengumumkan kalau mereka akan menghentikan support atau dukungan bagi Windows Server 2003. Penghentian server tersebut akan resmi dilakukan pada 14 Juli 2015 mendatang.

microsoft-akan-segera-hentikan-support-untuk-windows-server-2003

Pengumuman ini memang dilakukan lebih awal agar para pelaku bisnis di bidang teknologi informasi yang masih menggunakan server 2003 bisa melindungi aplikasi dan informasi yang masih berada di server lama tersebut. Sebagai gantinya, pengguna Windows Server 2003 diminta untuk berpindah ke platform server yang lebih modern seperti Windows Server 2012.

Cloud & Enterprise Business Group Lead Microsoft Indonesia, Aries Triwahyudi, saat ditemui di Jakarta pada Selasa (14/4/2015) mengatakan bahwa perusahaan yang tetap menggunakan Windows Server 2003 setelah berakhirnya masa aktif server lama tersebut akan rawan terserang mallware atau sejenisnya karena sudah tidak memiliki “securty patch” lagi. Jadi, demi keamanan, para pengguna Windows Server 2003 memang lebih baik beralih ke platform yang terbaru, tegas Aries.

Dari data Secunia, pelaku bisnis yang menggunakan server Windows Server 2003 memang masih banyak. Pada Windows Server 2003 sendiri ditemukan sekitar 47 kerentanan yang bisa berakibat buruk ke perangkat lunak yang menggunakan server versi lama tersebut.

Ditemui pada kesempatan berbeda, National IT dari Paramita Lab, Dewantini Tjahjonowati menerangkan bahwa perusahaannya mengalami peningkatan kinerja operasional dan keamanan server komputer sejak bermigrasi dari Windows Server 2003 ke Windows Server 2012. Ia berharap, perusahaan lain juga mengikuti langkah Paramita Lab yang berpindah ke server terbaru itu.

Seperti dikutip dari Spiceworks, jaringan pelaku bisnis bidang teknologi informasi di kawasan Asia-Pasifik tercatat ada sekitar 59,8 persen dari total keseluruhannya yang masih menggunakan Windows Server 2003. Jumlah pengguna server 2003 ini sebenarnya sudah mengalami penurunan sebanyak 5 persen per Juni 2014. Dengan diterbitkannya pengumuman lebih dini tersebut, pihak Microsoft berharap para pelaku usaha yang masih mengandalkan server 2003 segera bermigrasi ke platform yang lebih update. Baca juga Microsoft Kembangkan Sistem Pembayaran ala Google Wallet dan Microsoft update Windows 10 gratis.

Top