Menkominfo Bercita-cita Berikan Sejuta Domain dot Id Secara Cuma-cuma

Menkominfo Bercita-cita Berikan Sejuta Domain dot Id Gratis – Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan infrastruktur internet masyarakat Indonesia, khususnya dalam hal domain website ternyata menarik perhatian Pemerintah Indonesia. Melalui Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) yakni Rudiantara berencana akan mengalokasikan dana sejumlah Rp. 50 miliar demi memberikan kemudahan masyarakat Indonesia dalam menciptakan website. Kemudahan tersebut rencananya berupa pengadaan satu juta domain website yang memiliki lokasi di Indonesia yakni dot id (.id). Dengan rencana tersebut, diharapkan dapat menghemat biaya yang dikeluarkan dari pada penggunaan bandwith Internasional dot com (.com).

Menkominfo Bercita-cita Berikan Sejuta Domain dot Id Secara Cuma-cuma

Menkominfo Republik Indonesia tersebut menjelaskan, bahwa kemungkinan dana sebesar Rp. 50 miliar tersebut akan masuk ke anggaran Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) yang direncanakan bakal dapat dilaksanakan di tahun 2016 mendatang. Satu juta domain Indonesia yang memiliki akhiran dot id (.id) ini selanjutnya akan dibagikan secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat Indonesia yang memiliki website. Diharapkan dengan tindakan ini masyarakat Indonesia akan mulai meninggalkan domain internasional yang berakhiran dot com (.com).

Dari pernyataan Menkominfo tersebut memang Pemerintah Indonesia telah merekomendasikan domain Indonesia dot id (.id) ini. Oleh karena itu dari pada kesulitan dimasa yang akan mendatang maka Menkominfo memberikan sejuta domain tersebut secara gratis.

Jika tahun 2016 nanti sudah terealisasi, maka diharapkan juga akan menghemat biaya pengeluaran akan bandwith yang digunakan dari pada menggunakan domain internasional.

Untuk biayanya sendiri domain Indonesia yakni dot id (.id) ini, akan dibanderol cukup bervariasi. Mulai dari yang paling murah yakni Rp. 100 ribu untuk domain tingkat dua berakhiran dot co dot id (.co.id). Sedangkan untuk domain Indonesia tingkat satu yakni dot id (.id) akan dibanderol mencapai Rp. 500 ribu.

Dengan cara memborong satu juta domain oleh Menkominfo ini bisa saja akan memberikan banderol harga yang cukup murah. Diperkirakan satu domain bisa ditekan harganya mencapai Rp. 50 ribu saja, maka dari itu dengan dana Rp. 50 miliar akan mendapatkan satu juta domain sekaligus. Baca juga SK Telecom Hadirkan Prototipe Robot yang Digerakkan Manusia dan Facebook Kembangkan Integrasi Layanan dengan WhatsApp.

Top