Menggunakan Gadget Bisa Membuat Cepat Tua?

Menggunakan Gadget Bisa Membuat Cepat Tua – Saat ini dengan perkembangan teknologi dan informasi yang makin pesat memang menghasilkan berbagai perangkat elektronik yang canggih. Dengan berbagai perangkat elektronik yang canggih pun akan memberikan kemudahan bagi manusia untuk berbagai aktivitas yang ada. Namun siapa sangka ternyata dengan hadirnya perangkat elektronik dengan teknologi yang canggih tersebut akan membuat penggunanya cepat tua. Wah benarkah, bagaimana bisa ya?

Beautiful young woman reading from her ipad while enjoying her cappuccino at a coffee shop

Sesuai informasi yang dilansir dari laman detikInet dari laman Huffington Post, Jumat (10/4/2015) menyatakan ada 4 penyebab dari penggunaan perangkat elektronik atau perangkat gadget saat ini yang membuat penggunanya berpotensi mengalami siklus penuaan yang lebih cepat dari seharusnya.

Pertama, penyebab pengguna gadget bisa cepat tua dikarenakan kurangnya waktu tidur yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan hampir sebagian besar pengguna gadget akan membawa kemana saja perangkat elektronik canggih tersebut, bahkan hingga ke tempat tidur. Karena para pengguna keasyikan menggunakan gadget yang mereka miliki di tempat tidur maka mereka tidak mendapatkan waktu tidur yang seharusnya. Bahkan dengan kondisi tersebut akan menghasilkan kualitas tidur yang kurang baik. Sehingga pada saat bangun kadar kortisol akan meningkat, yang membuat badan menjadi lesu. Dengan kondisi tersebut maka akan menghasilkan lingkar hitam pada mata dan garis halus di kulit pengguna.

Lalu yang kedua adalah dapat menyebabkan leher menjadi sakit, karena hampir semua pengguna menggunakan gadget pasti dalam kondisi menunduk. Jika hal ini akan terus menerus berlangsung lama akan memberikan masalah pada postur tubuh bahkan dapat meningkatkan resiko stress.

Kemudian yang ketiga adalah penuaan mata, penyebab dari penggunaan gadget ini diketahui saat menggunakan perangkat canggih ini akan membuat pengguna jarang berkedip. Sehingga kurangnya kedipan mata dengan jumlah yang normal akan menimbulkan masalah pada mata. Seperti mata kering, padangan kabur hingga sakit kepala.

Terakhir adalah mempengaruhi memori atau daya ingat, dengan menggunakan gadget maka membuat segalanya lebih mudah. Dengan kondisi tersebut maka pengguna tidak perlu lagi mengingat banyak nomer telepon, memo atau catatan dan lain sebagainya. Nah dengan kondisi tersebut maka membuat daya ingat manusia menjadi tidak terasah. Sehingga akan membuat pengguna gadget akan lebih mudah lupa atau pikun, meskipun belum lanjut usia.

Itulah efek buruk dari penggunaan gadget yang dapat membuat penggunanya lebih cepat tua. Alangkah baiknya untuk menggunakan gadget harus bijaksana dan sesuai dengan kebutuhan atau keperluan yang ada. Baca juga Yahoo Masih Perlu PHK Ribuan Karyawannya dan XL Rilis Bundling Xiaomi Redmi 2.

Top