Irina Blok, Desainer Dibalik Logo Robot Hijau Android

Logo Robot Hijau Android Terisnpirasi dari Logo Pintu Toilet – Apa yang pertama kali muncul dibenak kawan Begawei saat mendengar kata “Android”? Pasti sebagian dari kawan Begawei akan membayangkan robot kecil berwarna hijau. Yak! Operation System racikan Google ini memang sangat identik dengan logo Si Robot Hijau.

logo-robot-hijau-android-terisnpirasi-dari-logo-pintu-toilet

Sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pecinta ponsel pintar di seluruh dunia, logo Robot Hijau dari Google ini memang sangat terkenal. Namun, pernahkah kamu bayangkan kira-kira siapa ya yang mendesain logo Robot Hijau tersebut?

Dialah Irina Blok, sosok wanita dibalik logo Android yang terkenal itu. Wanita asal Negeri Paman Sam tersebut merupakan seorang desainer grafis dan juga seniman. Irina Blok inilah yang memiliki ide awal untuk membuat logo sistem operasi Google yang kita kenal dengan OS Android.

Lucunya, logo Robot Hijau yang terkenal tersebut dibuat Irina karena terinspirasi logo “women” dan “men” yang sering ditemui di pintu toilet umum. Seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (14/4/2015), pada tahun 2010 lalu, tim desainer Google dan juga Irina Blok diminta untuk membuat sebuah logo yang akan digunakan sebagai ikon dari sistem operasi Android. Tema logo yang diberikan Google pada waktu itu adalah ikon yang mewakili pengguna mobile serta mengandung unsur robot.

Setelah menerima tugas dari Google, Irina mulai melakukan riset dan mempelajari beberapa karakter dalam sejumlah film yang dilihatnya. Selain itu, Irina dan timnya juga mempelajari ikon-ikon mainan bergenre science-fiction sampai segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa. Namun, Irina dan tim desainer Google tak mampu membuat logo yang mewakili kedua karakter yang diminta Google tadi.

Akhirnya, munculah ide kreatif yang secara tak sengaja Irina dapatkan. Ia memperoleh inspirasi akan logo yang bisa mewakili karakter pengguna gadget yang mobile dan tentunya mengandung unsur robot. Irina mendapatkan inspirasi untuk membuat logo robot berwarna hijau setelah melihat simbol toilet pria dan wanita yang kerap ditemui saat hendak masuk ke kamar kecil. Dengan sedikit sentuhan imajinasinya, Irina menambahkan sepasang antena kecil di atas kepala robot tersebut untuk menggambarkan “kemajuan teknologi dan trend mobile”.

Irina menyampaikan bahwa, kunci utama pada pembuatan logo yang akirnya menjadi sangat terkenal itu terletak pada kesederhanaan yang mewakili kemajuan teknologi dan penampilannya yang mudah diingat. Baca juga Android Lollipop Tak Sepopuler Kitkat dan Google Siapkan Update OS Terbaru.

Top