Inilah Hacker Paling Ditakuti di Dunia!

Daftar Empat Hacker Paling Ditakuti di Seluruh Dunia – Hacker! Yup, mungkin inilah “profesi” paling ditakuti di dunia teknologi informasi. Layaknya penjahat di dunia nyata, para penjahat pelaku “cybercrime” ini juga adalah pembuat onar dan penebar teror. Bedanya, para hacker ini melancarkan kejahatan mereka di dunia maya.

daftar-empat-hacker-paling-ditakuti-di-seluruh-dunia

Para pecinta dunia teknologi pastinya sangat familiar dengan kata “hacker”. Tak hanya di luar negeri, hacker-hacker juga banyak berkeliaran di Tanah Air. Mulai industri perbankan hingga situs resmi Kepresidenan RI tercatat pernah menjadi korban dari para hacker yang berkeliaran di Indonesia.

Hacker, atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai “peretas”, sejatinya dikategorikan dalam dua jenis. Yang pertama adalah White-hat Hackers. Kelompok ini adalah kumpulan hacker “baik hati” yang menggunakan kemampuannya untuk pengembangan dunia teknologi informasi. Kelompok hacker yang kedua adalah Black-hat Hackers. Kumpulan hacker pada kategori kedua inilah yang masuk dalam kelompok “hacker kriminal”.

Nah, kali ini Begawei punya daftar Black-hat Hackers paling ditakuti di dunia. Seperti dikutip dari laman The Computer Science Degrees pada Senin (13/4/2015), hacker-hacker inilah yang sering mengotaki kejahatan elektronik yang sering terjadi di dunia teknologi. Siapa saja mereka?

Milw0rm

Nama hacker ini terkenal karena kejahatan yang dilakukannya pada 3 Juni 1998. Pada saat itu, hacktivis (sebutan untuk aktivis hacker) satu ini meretas fasilitas riset nuklir utama milik India. Sebenarnya ada tujuan baik yang disampaikan oleh Milw0rm pada aksinya kala itu, yaitu sebagai bagian dari kampanye anti nuklir. Namun, lewat caranya yang kurang tepat, Milw0rm berhasil mengacaukan firewall fasilitas tersebut dan menghapus data-data penting di dalamnya. Selain pusat nuklir India, website lain milik FIFA, Ritz Hotel hingga laman resmi kerajaan Saudi Arabia pernah menjadi korban cybercrime-nya.

Master of Deception

Kelompok hacker asal New York, AS ini dibentuk pada tahun 1989. Kejahatan utama kelompok ini adalah “menjebol” sistem komputasi korbannya, lalu mencuri informasi rahasia dan kemudian menjual informasi hasil curian tersebut. Mereka juga terkait dengan beberapa kasus kriminal lain seperti penyadapan ilegal sampai konspirasi perusakan sistem komputer.

Lizard Squad

Kejahatan Lizard Squad di dunia cyber yang paling terkenal adalah aksi mereka pada malam Natal 2014. Kelompok ini menyerang beberapa perusahaan terkenal, antara lain Sony PlayStation, Xbox hingga situs sosial media seperti Facebook dan Instagram. Ciri khas serangan Lizard Squad adalah, mereka selalu meretas sistem komputasi korbannya dengan sebuah tools yang diberi nama DDoS Attack.

Anonymous

Kelompok hacker ini merupakan hacktivis paling terkenal dan paling ditakuti diantara hacker-hacker lainnya. Ciri khasnya adalah ikon bertopeng ala Guy Fawkes dalam film “V for Vendetta”. Kelompok ini memiliki sekitar 5.635 anggota. Tak tanggung-tanggung, website yang pernah menjadi korban Anonymous antara lain, Departemen Kehakiman AS, Universal Music Group, dan yang paling terkenal adalah ancaman mereka terhadap Pentagon serta kartel narkoba asal Meksiko “Los Zetas”.

Itulah tadi daftar empat hacker paling ditakuti. Jika dicermati, motif para hacktivis ini berbeda-beda. Ada yang murni bermotif kriminal, ada juga mereka yang melancarakan aksi protes pada pemerintah lewat cara hacking. Hmmm.., kalau sudah begini, tinggal bagaimana kita harus bijaksana dalam menggunakan teknologi. Jangan sampai teknologi malah dijadikan sebagai alat yang merugikan orang lain. Baca juga Waspada Hacker “Darkhotel” dan Berhati-hatilah, Gamer Juga Bisa Diperas.

Top