Ini Dia, Polah Para Pengguna Android di Indonesia

Pengguna Android di Indonesia Masih Keranjingan Aplikasi Game – Kawan Begawei pengguna sistem operasi Android? Si Robot Hijau besutan Google itu, memang berhasil menempatkan dirinya sebagai OS yang begitu laris dioperasikan para pengguna smartphone. Android memang menyediakan berbagai fitur dan aplikasi menarik untuk para penggunanya. Tapi ngomong-ngomong soal penggunaan, ternyata Android membentuk kebiasaan tertentu pada penggunanya di setiap negara. Maka, terbentuklah pola dari “polah” para pengguna Android, termasuk di Indonesia. Ingin tau seperti apa kebiasaan para pengguna OS Android di Indonesia? Ikuti ulasan menariknya bersama Begawei.

polah pengguna android di indonesia

Baru-baru ini, MoboMarket merilis laporan mengenai tren penggunaan smartphone Android di Indonesia, pada kuartal pertama tahun 2015. Laporan tersebut diberi tajuk ‘Q1/2015 Indonesian Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research’.  MoboMarket sendiri merupakan toko aplikasi khusus Android yang dikembangkan oleh Baidu, yang fokus dalam penyediaanaplikasi-aplikasi lokal dari Indonesia. Laporan itu mencatat berbagai hal. Salah satunya adalah Aplikasi favorit orang Indonesia yang menggunakan Android. Sama seperti pada kuartal sebelumnya, aplikasi game, media sosial, dan fotografi masih menjadi aplikasi favorit pilihan pengguna MoboMarket di sepanjang Q1/2015. Sebanyak 45,61% pengguna Android di Indonesia, memilih untuk men-download aplikasi game. Itu artinya, para pengguna Android di Indonesia memang masih keranjingan game. Aplikasi gaming memang bisa menjadi teman yang mengasyikkan, terutama jika kita ada di saat-saat yang membosankan. Saat mengantri panjang misalnya. Sementara itu,  11,64% pengguna memilih media sosial dan 10,20% lainnya memilih untuk mengunduh aplikasi yang berkenaan dengan fotografi.

Laporan MoboMarket juga menjelaskan bahwa selama kuartal pertama tahun ini (Q1/2015), para pengguna tersebut memilih akhir pekan untuk mengunduh aplikasi yang disediakan oleh toko aplikasi. 16,41% diantaranya mengunduh aplikasi pada hari Sabtu, sementara 15,01% memilih hari Minggu. Kebiasaan mengunduh aplikasi di akhir pekan ini, belum berubah dari kuartal terakhir tahun lalu. Mungkin kawan Begawei adalah salah satu dari pengguna Andoid yang memanfaatkan waktu senggang di ahor pekan untuk menambah koleksi aplikasi pada smartphone anda.

Bicara soal mengunduh aplikasi pada Android, kebanyakan pengguna di Indonesia ternyata malas memperbarui aplikasinya. Sebanyak 53,27% pengguna hanya memperbarui satu aplikasi dalam sehari. Jika dirata-rata, pengguna hanya memperbarui 0-1 aplikasi setiap harinya. Bagaimana dengan anda? Baca juga Singtel Kenalkan Aplikasi Chatting Wavee dan Aplikasi Android Pengelola Keuangan Terbaik.

 

  • Hendar S Rao

    pasa sayang kuota kali ya orang indo males perbaharui, emang sih kasusnya kadang app android setelah diperbaharui malah jadi lemot

Top