Harga Xiaomi Mi 4i dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 4i – Selama ini, produk-produk asal Tiongkok memang selalu dipandang sebelah mata. Namun, tak selamanya anggapan itu benar. Adalah perusahaan teknologi Xiaomi yang berhasil menumbangkan anggapan bahwa produk “Made in China” itu jelek. Setelah salah satu produknya, yakni Xiaomi Redmi 2, membuat rekor penjualan 40 ribu unit dalam 1 jam, kini vendor yang terhitung baru tersebut kembali mengenalkan Xiaomi Mi 4i di deretan ponsel pintar andalannya. Dihadirkan dengan menyasar pengguna gadget kelas menengah, produk terbaru ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Kehadiran Xiaomi Mi 4i ini juga merupakan upaya vendor asal Tiongkok tersebut untuk semakin menancapkan “cakarnya” di kancah teknologi informasi dunia. Seperti halnya dengan Redmi 2, Xiaomi Mi 4i kali ini juga hadir dengan ciri khas Xiaomi, yaitu gadget murah namun tidak murahan.

xiaomi mi 4i

Benar sekali, meski Xiaomi Mi 4i hanya diplot di pasaran gadget kelas menengah ke bawah, namun smartphone Android ini tetap dibekali dengan komponen berkualitas dan fitur canggih. Kualitas Xiaomi Mi 4i ini bisa dilihat dari penggunaan prosesor quad-core 1.7 GHz dan 1.0 GHz yang didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Selain komposisi mesin yang cukup bertenaga tersebut, ponsel pintar terbaru racikan Xiaomi ini juga dibekali dengan layar 5 inci IPS LCD Capacitive Touchscreen yang akan memberikan visualisasi berkualitas kepada pemakainya. Tak hanya itu saja, Xiaomi Mi 4i juga dipersenjatai dengan GPU Andreno 405 yang akan membuat smartphone ini mampu memainkan game-game HD terbaru. Nah, buat kawan Begawei yang penasaran dengan spesifikasi dan harga Xiaomi Mi 4i terbaru ini, Begawei sudah siapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

hp xiaomi mi 4i

Spesifikasi Xiaomi Mi 4i

Desain Minimalis dengan Bentangan Layar 5 Inci

Kita awali pembahasan spesifikasi Xiaomi Mi 4i dari tampilan luarnya. Sudah menjadi ciri khas bahwa produk-produk Xiaomi memang terkenal khas dengan bodinya yang bongsor. Begitu juga dengan Xiaomi Mi 4i ini. Smartphone terbaru racikan Xiaomi ini memiliki ukuran 138.1 mm x 69.6 mm x 7.8 mm dengan bobot mencapai 130 gram. Dengan dimensi tubuh seperti itu, Xiaomi Mi 4i terasa pas di genggaman dan tidak terlalu berat meski bentuknya bongsor. Untuk membungkus layar Xiaomi Mi 4i, vendor asal Tiongkok tersebut menyematkan layar berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan bentangan sebesar 5 inci. Layar pada smartphone ini memeiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan 441 pixel density serta kekayaan warna mencapai 16 M. Kombinasi ukuran serta teknologi kerapatan pada Xiaomi Mi 4i ini akan menghasilkan visualisasi yang tajam dan enak dipandang. Untuk mempermudah operasionalnya, Xiaomi juga menanmkan user interface MIUI-UI racikan Xiaomi sendiri. Namun sayang sekali, seperti halnya ponsel pintar kelas menengah lainnya, spesifikasi Xiaomi Mi 4i ini tak dilengkapi dengan protektor layar yang bagus. Jadi, penggunanya harus memasang screen guard tambahan secara manual.

Dapur Pacu Bertenaga dengan Prosessor 8 Inti

Untuk soal mesin, spesifikasi Xiaomi Mi 4i ini menjanjikan performa mesin yang cukup handal. Walau hanya gadget kelas menengah, namun smartphone terbaru andalan Xiaomi ini tetap dibekali dengan komponen mesin yang berkelas. Sebagai prosesornya, Xiaomi Mi 4i menggunakan mesin berinti delapan atau biasa dikenal dengan teknologi octa-core. CPU ini dibentuk oleh prosesor quad-core 1.7 GHz dan juga prosesor quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Kombinasi perangkat yang menggawangi sektor CPU ini semakin sempurna dengan kehadiran RAM 2 GB. Untuk mendukung kualitas grafisnya, Xiaomi Mi 4i juga dibekali dengan GPU Andreno 405. Jadi, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk mengajak smartphone ini memainkan game-game HD terbaru. Selain komponen-komponen tangguh tadi, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor dapur juga diperkuat oleh sistem operasi terbaru, yaitu OS Android Lollipop 5.0.2.

spesifikasi xiaomi mi 4i

Kapasitas Storage Ekstra Longgar dengan Internal Memory 16 GB

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Xiaomi Mi 4i di ruang penyimpanan datanya. Tak seperti kebanyakan smartphone lain yang memiliki dual memory, ponsel pintar racikan Xiaomi ini hanya dibekali dengan single memory. Itu artinya, Xiaomi Mi 4i ini hanya memiliki internal memory saja dan tak memiliki slot microSD atau external memory. Meski hanya memiliki single memory, namun kapasitas storage pada Xiaomi Mi 4i ini sangat longgar. Internal memory ponsel pintar ini adalah sebesar 16 GB. Jadi, walau spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor ruang penyimpanan data tak memiliki slot microSD, kawan Begawei tetap bisa mewadahi semua file-file penting karena kapasitas internal memory gadget terbaru racikan Xiaomi ini cukup besar.

Lini Fotografi Berbekal Kamera 13 MP dan 5 MP

Berlanjut ke spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor fotogrfafi, kita akan bertemu dengan gadget kelas menengah namun memiliki lini fotografi layaknya smartphone kelas premium. Yak! Meski levelnya hanya kelas menengah, namun Xiaomi Mi 4i ini dibekali dengan sepasang kamera yang cukup bagus. Untuk kamera utamanya, Xiaomi membekali smartphone terbarunya ini dengan kamera 13 MP yang dilengkapi dengan teknologi LED Flash. Jadi, selain bias menghasilkan jepretan foto beresolusi 4128 x 3096 pixels, kamera utama pada Xiaomi Mi 4i tersebut juga jago untuk mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya. Selain bisa menghasilkan foto yang berkualitas, kamera yang terletak di sisi belakang tersebut juga mampu menghasilkan video beresolusi 1080p pada 30fps. Untuk melengkapi kebutuhan fotografi masa kini, spesifikasi Xiaomi Mi 4i pada lini fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder berukuran 5 MP.

spesifikasi hp xiaomi mi 4i

Smartphone Kelas Menengah Tapi Sudah 4G

Konektivitas menjadi hal yang begitu penting bagi sebuah smartphone. Hal ini juga sangat disadari Xiaomi. Walau hanya ditempatkan pada level gadget kelas menengah, namun spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor konektivitas kali ini terhitung cukup lengkap. Sebagai koneksi andalan, smartphone ini dibekali dengan jaringan utama 4G LTE. Penggunaan jaringan 4G pada Xiaomi Mi 4i ini juga menunjukkan komitmen Xiaomi yang memang berfokus untuk menyediakan gadget 4G berharga murah. Selain jaringan super cepat 4G, Xiaomi Mi 4i juga dilengkapi dengan teknologi jaringan yang lain. Mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Selain lini koneksi data seluler yang lengkap, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor konektivitas juga sudah dibekali dengan fitur-fitur pendukung lainnya, seperti; Bluetooth A2DP, slot microSD, WiFi, portable hotspot, hingga fitur navigasi A-GPS with GLONASS.

Kapasitas Baterai Layaknya Gadget Premium

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor pemasok daya. Pada sektor ini, ternyata Xiaomi juga membekali produk terbarunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Layaknya smartphone kelas atas, Xiaomi Mi 4i memiliki baterai berkapasitas 3210 mAh. Kapasitas baterai sebesar itu akan membuat Xiaomi Mi 4i mampu bertahan hidup selama sehari semalam dengan penggunaan normal. Namun sayangnya, meski memiliki kapasitas yang lumayan besar, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor pemasok daya kali ini belum menggunakan teknologi modern. Tercatat, smartphone terbaru Xiaomi ini masih menggunakan baterai jenis Lithium-Ion, bukan baterai Lithium-Polymer yang memiliki kualitas lebih baik.

Xiaomi Mi 4i

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman2015, April
StatusComing soon. Exp. release 2015, April 30
Bodi
Dimensi138.1 x 69.6 x 7.8 mm (5.44 x 2.74 x 0.31 in)
Berat130 g (4.59 oz)
SIMDual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~71.7% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
MultitouchYes
– MIUI 6.0
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0.2 (Lollipop)
ChipsetQualcomm MSM8939 Snapdragon 615
CPUQuad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 405
Memori
Card slotNo
Internal16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
FiturGeo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR
Video1080p@30fps
Kamera Depan5 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0, USB Host
Fitur
SensorAccelerometer, proximity, compass
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
Baterai
Li-Ion 3120 mAh battery

Harga Xiaomi Mi 4i

Tak terasa, sekarang kita telah sampai pada pembahasan harga Xiaomi Mi 4i ini. Namun, sebelum Begawei menginformasikan kisaran harga resminya, kami akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai Xiaomi Mi 4i yang baru saja kita bahas tadi. Meski hanya gadget kelas menengah, namun siapa sangka smartphone terbaru racikan Xiaomi ini memiliki spesifikasi yang terhitung tangguh. Komponen tangguh berupa CPU octa-core yang didukung oleh RAM 2 GB, dipastikan akan memberikan kinerja tangguh pada ponsel pintar ini. Komponen mesin itulah yang sedikit banyak akan mempengaruhi harga Xiaomi Mi 4i di pasaran. Selain mesin tangguh yang akan mempengaruhi harganya, lini fotografi yang sangat berkualitas pada ponsel pintar ini juga merupakan nilai jual tersendiri. Nah, kira-kira harga Xiaomi Mi 4i ini berapa ya?

harga xiaomi mi 4i

Sesuai informasi yang Begawei dapat, banderol harga Xiaomi Mi 4i ini adalah sekitar EUR 190. Nominal harga ini merupakan harga yang dibanderol oleh Xiaomi saat dikenalkan di negara asalnya, Tiongkok. Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, kisaran harga Xiaomi Mi 4i akan jatuh pada angka sekitar Rp. 2,6 jutaan. Harga tersebut sebenarnya sangat sebanding dengan spesifikasi yang ada pada Xiaomi Mi 4i ini. Dengan spesifikasi mesin tangguh, fitur canggih, serta lini fotografi yang dibekali kamera 13 dan 5 MP, rasanya harga Xiaomi Mi 4i memang sangat wajar.

harga xiaomi mi 4i terbaru

Kisaran harga Xiaomi Mi 4i yang masuk level menengah ini juga akan menjadi pesaing serius bagi kompetitornya. Sebelumnya, pasaran gadget kelas menengah sebentar lagi juga akan kedatangan Oppo Joy Plus serta BenQ B502. Kisaran harga Xiaomi Mi 4i dengan kedua produk itu juga sangat kompetitif. Jadi, Begawei memprediksi bahwa pasar gadget kelas menengah ke bawah Tanah Air akan semakin “ramai” saat ketiga smartphone tersebut benar-benar tiba di Indonesia. Menurut rencana, Xiaomi Mi 4i ini akan resmi dirilis pada akhir April 2015 ini. Nah, bagi kawan Begawei yang sedang berburu gadget berkualitas namun berbanderol miring, kisaran harga Xiaomi Mi 4i ini tentu bisa menjadi opsi menarik. Jadi, siapkan budget mulai sekarang ya! Baca juga Sony Xperia Z4 dan LG G Stylo.

  • Nurul Alice Sara

    Ada yg tau ga daerah cirebon dimna? Beli Xioami Mi 4i

Top