Harga Sony Xperia Z4 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z4 – Setelah lama tak terdengar gaungnya, kini Sony kembali mengenalkan generasi terbaru dari smartphone-nya. Yup! Kali ini vendor smartphone asal Jepang tersebut mengenalkan Sony Xperia Z4 untuk melengkapi deretan ponsel pintar premiumnya. Meski sempat diterpa isu tak sedap bahwa Sony mulai menyerah untuk bermain di pasar smartphone dunia dan berniat ingin menjual brand “Xperia”, namun nyatanya kini Sony malah merilis Sony Xperia Z4 ke publik pecinta gadget. Seperti ingin membuktikan diri kalau belum “habis”, Sony langsung menggebrak pasar gadget internasional dengan produk barunya ini. Tak tanggung-tanggung, Sony Xperia Z4 kali ini langsung diplot oleh Sony untuk menempati deretan ponsel pintar kelas premium.

sony xperia z4

Dengan menempatkan Sony Xperia Z4 di lebel smartphone kelas atas, berarti Sony juga dipastikan membekali  produk barunya ini dengan komponen-komponen kelas wahid. Mulai dari sektor mesin, smartphone Android terbaru racikan Sony ini dibekali dengan CPU quad-core Cortex-A53. Selain prosesor yang bertenaga ini, kinerja Sony Xperia Z4 juga semakin “beringas” dengan dukungan RAM berkapasitas 3 GB. Selain dibekali dengan komponen mesin kelas atas, Sony Xperia Z4 juga dipersenjatai dengan lini fotografi yang sangat mumpuni. Bayangkan saja, smartphon generasi terbaru dari keluarga Xperia ini memiliki kamera utama sebesar 20.7 MP. Hmmm.., segitu sajakah kehebatan Xperia terbaru ini? Eitts, tunggu dulu! Ini belum seberapa, kawan Begawei. Agar lebih jelas, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia Z4 pada segmen-segmen di bawah ini!

hp sony xperia z4

Spesifikasi Sony Xperia Z4

Penampilan Luar Mewah Didukung Visualisasi Prima

Pada bahasan spesifikasi Sony Xperia Z4 yang pertama, kita akan membahas penampilan luar dari smartphone terbaru racikan Sony ini. Jika dilihat dari luar, penampilan smartphone ini terlihat agak bongsor. Dimensi Sony Xperia Z4 adalah 146 x 72 x 6.9 mm dengan berat mencapai 144 gram. Meski agak berat, namun ukuran smartphone ini tetap nyaman di tangan. Pada layarnya, Sony menyematkan layar berjenis IPS LCD Capacitive Toouchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.2 inci. Layar 5.2 inci pada Sony Xperia Z4 ini memiliki tingkat kerapatan sebesar 424 ppi pixel density serta mempunyai corak warna hingga 16 M. Dengan teknologi layar seperti ini, ponsel pintar terbaru dari Sony ini mampu menyajikan visualisasi gambar yang tajam dan memanjakan mata. Selain tipe layar yang berkualitas, Sony juga menambahkan teknologi canggih guna mendukung visualisasi yang dihasilkan oleh Sony Xperia Z4 ini. Berbeda dengan seri-seri smartphone lain, Sony menanamkan teknologi Triluminous Display dan juga X-Reality Engine pada produk barunya ini. Kawan Begawei sudah pernah mendengar teknologi Triluminous Display? teknologi pada Sony Xperia Z4 ini berfungsi untuk memberikan efek warna yang lebih banyak, sehingga tampilan gambar yang memiliki berbagai jenis warna akan nampak lebih jelas. Sedangkan teknologi X-Reality Engine berfungsi untuk mengolah gambar secara khusus yang efeknya adalah akan membuat gambar menjadi lebih tajam dan akan meningkatkan ‘contrast’ pada gambar tersebut. Selain teknologi mutakhir tersebut, spesifikasi Sony Xperia Z4 juga dilengkapi dengan proteksi layar kelas satu. Smartphone terbaru ini memiliki pelindung layar yang bersertifikat IP68. Dengan proteksi tersebut, smartphone ini mampu bertahan di dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit.

Dapur Pacu Bertenaga dengan Kombinasi CPU Quad-core dan RAM 3 GB

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Sony Xperia Z4 di sektor dapur pacu. Sesuai dengan levelnya yang merupakan ponsel pintar kelas premium, maka Sony-pun tidak main-main dengan spesifikasi smartphone terbarunya ini. Sebagai mesin intinya, ditanamkanlah prosesor quad-core Cortex-A53 dan juga Cortex-A57. Selain dua jenis prosesor tersebut, dapur pacu Sony Xperia Z4 juga dilengkapi dengan RAM berkapasitas 3 GB. Sudah terbayang kinerja mesinnya kan? Kombinasi mesin pada Sony Xperia Z4 ini juga semakin sempurna dengan ditanamkannya chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810. Kombinasi komponen mesin pada smartphone ini akan menghasilkan kinerja yang sangat tangguh, cepat, dan pastinya responsif. Selain itu, untuk mendukung sisi grafis Sony Xperia Z4 ini, Sony juga menyematkan GPU Andreno 430 yang akan mengolah sektor grafis dan akan menghasilkan visualisasi gaming yang menawan. Sebagai “hidangan penutup” spesifikasi Sony Xperia Z4 di sektor dapur pacu, Sony juga menyematkan OS Android Lollipop yang akan “mengotaki” setiap proses operasional pada ponsel pintar ini.

spesifikasi sony xperia z4

Pilihan Kapasitas Storage Bervariasi : 32 GB dan 64 GB

Setelah “membedah” dapur pacunya, kini kita akan menengok spesifikasi Sony Xperia Z4 di sektor ruang penyimpanan datanya. Seperti halnya ponsel pintar premium lainnya, smartphone terbaru racikan Sony ini juga dibekali dengan kapasitas storage yang cukup besar. Selain itu, Sony Xperia Z4 juga hadir dalam dua pilihan kapasitas internal memory. Pada tipe Xperia Z4 yang pertama, Sony menyematkan internal memory berkapasitas 32 GB. Kapasitas ini rasanya sudah cukup untuk menampung semua file penting yang kawan Begawei miliki, mulai dari file sistem sampai file-file hiburan. Jika kawan Begawei merasa kapasitas 32 GB belum cukup, kamu bisa memilih Sony Xperia Z4 tipe yang kedua. Pada tipe yang kedua ini, Sony menyematkan internal memory yang lebih besar, yakni sebesar 64 GB. Selain tersedia dalam dua pilihan, spesifikasi Sony Xperia Z4 di sektor storage juga dilengkapi dengan slot external memory yang bisa dimaksimalkan hingga kapasitas 128 GB.

Lini Fotografi Kelas Wahid dengan Kamera Utama 20.7 MP

Nah, sekarang kita akan membahas spesifikasi Sony Xperia Z4 di sektor fotografi. Seperti sudah Begawei singgung di atas tadi, smartphone terbaru racikan Sony ini memiliki beberapa sektor yang menjadi unggulan. Salah satu sektor unggulan tersebut adalah lini fotografi. Tak tanggung-tanggung, Sony Xperia Z4 kali ini mengusung kamera utama yang benar-benar dahsyat. Smartphone kelas premium ini dipersenjatai dengan kamera utama sebesar 20.7 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi 5248 x 3936 pixels. Selain mampu menghasilkan foto yang sangat berkualitas, kamera utama pada Sony Xperia Z4 tersebut juga dilengkapi dengan fitur LED Flash untuk keperluan pengambilan gambar di tempat-tempat minim cahaya. Kamera yang terletak di bagian belakang tersebut juga mampu menghasilkan rekaman video beresolusi 2160p pada 30fps. Tak berhenti sampai di sini, spesifikasi Sony Xperia Z4 di lini fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder 5.1 MP yang juga mampu menghasilkan gambar serta video berkualitas tinggi.

spesifikasi-hp-sony-xperia-z4

Koneksi Data Super Kencang Berbekal Jaringan 4G LTE

Gadget premium pasti tak akan dibiarkan dengan koneksi yang “biasa-biasa” saja. Bicara soal konektivitas, maka spesifikasi Sony Xperia Z4 ini juga hadir dengan teknologi koneksi terbaik saat ini. Diplot sebagai gadget kelas premium, smartphone ini hadir dengan pilihan koneksi internet yang menawarkan kecepatan akses super kencang. Seakan menjawab kebutuhan internet masa kini, Sony Xperia Z4 hadir dengan berbekal koneksi 4G LTE. Dengan koneksi 4G ini, kawan Begawei bisa menikmati kecepatan download hingga mencapai speed maksimal 300 Mbps. Sedangkan untuk keperluan upload, Sony Xperia Z4 bisa dipacu hingga 60 Mbps. Selain koneksi super cepat yang hadir pada jaringan 4G, smartphone ini juga dilengkapi dengan pilihan jaringan lain, mulai dari HSPA sampai dengan EDGE. Smartphone terbaru racikan Sony ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi nirkabel jarak dekat lainnya, seperti : Bluetooth A2DP, WiFi, hingga fitur DLNA hotspot. Sebagai pelengkap, spesifikasi Sony Xperia Z4 juga dibekali dengan teknologi A-GPS with GLONASS yang akan membantu kebutuhan navigasi penggunanya.

Baterai Berkapasitas Menengah 2930 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Sony Xperia Z4 di sektor pemasok dayanya. Sebagai ponsel pintar kelas premium dan didukung oleh spesifikasi mesin yang tangguh, ternyata Sony Xperia Z4 ini tak memiliki pemasok daya yang ideal. Sony hanya menanamkan baterai berkapasitas menengah, yakni 2930 mAh, pada produk barunya ini. Tak bisa dipungkiri, kapasitas baterai tersebut sangatlah kurang untuk mendukung operasional Sony Xperia Z4 ini. Jadi, Begawei sarankan kepada calon pengguna smartphone ini untuk selalu menyediakan pemasok daya cadangan untuk berjaga-jaga jika ponsel pintar ini mati di tengah jalan. Selain kapasitasnya yang standar, ternyata spesifikasi Sony Xperia Z4 di sektor pemasok daya juga “ketinggalan jaman”. Tercatat, Sony hanya menanamkan baterai jenis Lithium-Ion pada produk barunya ini.

Sony Xperia Z4

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman2015, April
StatusComing soon. Exp. release 2015, Q2
Bodi
Dimensi146 x 72 x 6.9 mm (5.75 x 2.83 x 0.27 in)
Berat144 g (5.08 oz)
SIMNano-SIM
– IP68 certified – dust proof and water resistant over 1 meter and 30 minutes
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.2 inches (~70.9% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
MultitouchYes, up to 10 fingers
ProteksiShatter proof glass
– Triluminos display
– X-Reality Engine
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0 (Lollipop)
ChipsetQualcomm MSM8994 Snapdragon 810
CPUQuad-core Cortex-A53 & Quad-core Cortex-A57
GPUAdreno 430
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal32/64 GB, 3 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang20.7 MP, 5248 х 3936 pixels, autofocus, LED flash
Fitur1/2.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR
Kamera Depan5.1 MP, 1080p@30fps
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes, with stereo speakers
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP, apt-X
GPSYes, with A-GPS, GLONASS/ Beidou (market dependant)
NFCYes
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0 (MHL 3 TV-out), USB Host
Fitur
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
PesanSMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Ion 2930 mAh battery

Harga Sony Xperia Z4

Nah, sekarang kita akan membahas kisaran harga Sony Xperia Z4 setelah kita puas membedah spesifikasinya. Seperti tadi sudah Begawei singgung, smartphone terbaru Sony ini adalah gadget kelas premium. Hal ini bisa dilihat pada mesin Sony Xperia Z4 yang menggunakan mesin quad-core serta didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB. Selain komponen-komponen mesin berkualitas yang mempengaruhi harga Sony Xperia Z4, lini fotografi yang berbekal kamera 20.7 MP juga membuat smartphone ini memiliki nilai jual yang tinggi. Meski ada beberapa catatan minor, seperti pada baterainya, namun harga Sony Xperia Z4 ini tetap berada pada level “mahal” karena Sony memiliki strategi tersendiri guna menutupi kekurangan ponsel pintar ini. Hmmm.., kira-kira harga Sony Xperia Z4 in berapa ya?

harga sony xperia z4

Menurut berbagai sumber, kisaran harga Sony Xperia Z4 ini adalah Rp. 7 hingga 8 jutaan. Harga tersebut memang termasuk harga yang “wah” di pasar gadget Tanah Air. Namun, sebenarnya kisaran harga Sony Xperia Z4 yang berada pada level 7 hingga 8 juta Rupiah ini sangatlah sebanding dengan spesifikasi mesin dan fitur canggih yang dibawanya. Kehadiran Sony Xperia Z4 ini juga akan menjadi pesaing bagi produk-produk selevel lainnya. Sebelumnya, Microsoft juga baru saja merilis Microsoft Lumia 640 XL yang memiliki harga yang hampir sama dengan produk dari Sony ini. Kisaran harga Sony Xperia Z4 ini juga akan head-to-head dengan Huawei P8max yang juga baru saja dirilis oleh Huawei.

harga sony xperia z4 terbaru

Kembalinya Sony dengan produk baru sebenarnya sudah ditunggu-tunggu oleh pecinta gadget dunia. Dengan kisaran harga Sony Xperia Z4 yang cukup tinggi tadi, sebenarnya Sony seperti sedang berjudi. Tentu kita semua paham, bahwa Sony yang sekarang bukanlah Sony 10 tahun yang lalu yang sempat mendominasi pasaran mobile phone di dunia. Keberanian Sony melepas Sony Xperia Z4 ditengah “keterpurukan” tentunya harus kita apresiasi. Berbekal komponen kelas wahid, sebenarnya kisaran harga Sony Xperia Z4 ini “biasa” bagi mereka yang memang sering “bermain” di level gadget kelas premium. Nah, bagi kawan Begawei yang mungkin merindukan gadget racikan Sony, sepertinya harga Sony Xperia Z4 yang cukup tinggi itu tak akan menjadi masalah berarti. Baca juga Microsoft Lumia 640 XL dan LG G Stylo.

Top