Harga Oppo A31 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Oppo A31 – Nama Oppo di jagad smartphone dunia memang belum lama hadir. Merk smartphone di bawah naungan Electronic Corp, Ltd. tersebut memang baru berdiri pada 2004 silam. Namun, meski baru seumur jagung, vendor teknologi asal Tiongkok itu telah mampu menyebarkan produk-produknya hingga Amerika, Rusia, Qatar dan beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Nah, kali ini Begawei akan mengulas produk terbaru dari vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Baru-baru ini, Oppo mengenalkan Oppo A31 sebagai produk terbarunya yang akan melengkapi deretan ponsel-ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Meski dihadirkan untuk kalangan menengah ke bawah, Oppo A31 tak serta merta hanya dibekali dengan spesifikasi pas-pasan. Spesifikasi Oppo A31 terlihat menonjol jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel lain yang di kelasnya.

oppo a31

Spesifikasi mumpuni yang ditanamkan Oppo pada varian Oppo A31 bisa dilihat dari penyematan layar LCD IPS capacitive touchscreen. Selain fitur canggih IPS pada layarnya, bentangan layar pada Oppo A31 juga memiliki ukuran 4,5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel. Selain layar yang bisa dikategorikan “mewah” tersebut, kecanggihan Oppo A31 juga terletak pada sektor dapur pacunya. Penyematan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang dikombinasikan dengan prosessor Quad-core Cortex-A53 bisa dipastikan akan memberi performa tangguh pada smartphone Android ini. Komponen canggih Oppo A31 tak hanya sampai di sini saja. Nah, semakin penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Oppo A31 terbaru ini? Jangan khawatir kawan Begawei semuanya! Begawei punya ulasan lengkap tentang smartphone Android terbaru ini pada segmen-segmen berikut.

hp oppo a31

Spesifikasi Oppo A31

Visual Menawan dengan Kehadiran Layar IPS

Handset terbaru Oppe ini hadir dengan desain minimalis namun tetap elegan khas Oppo. Detail spesifikasi Oppo A31 pada tampilan luarnya dimulai dengan layar 4,5 inci berjenis IPS capacitive touchscreen yang sudah terjamin kualitasnya. Layar LCD tersebut memiliki dimensi 131.9 mm x 65.5 mm x 8 mm. Dimensi tersebut membuat Oppo A31 pas di genggaman dan tidak terlalu berat karena hanya memiliki masa seberat 135 gram. Penyematan teknologi IPS juga membuat ponsel pintar ini memiliki tampilan visual yang tajam dan mendetail. Resolusi layar Oppo A31 yang berukuran 480 x 854 piksel ini dipadukan dengan kerapatan 218 ppi pixel density. Kombinasi layar ini akan memberikan visualisasi dan multitouch yang prima dan memanjakan mata penggunanya. Namun, sangat disayangkan, dengan teknologi yang cukup canggih pada spesifikasi Oppo A31 ini, Oppo belum membekali A31 dengan proteksi khusus pada layarnya. Jadi, kawan Begawei harus menambahkan screen guard untuk melindungi handset ini dari resiko goresan pada layar yang sering terjadi.

Dapur Pacu Bertenaga Menggunakan Prosessor Quad Core

Berpindah ke bagian dalam, spesifikasi Oppo A31 di sektor dapur pacu juga dipersenjatai dengan komponen-komponen berkualitas. Smartphone ini digawangi oleh prosessor berinti empat atau quad-core Cortex-A53. Mesin yang menjadi inti pada sektor Central Processing Unit ini dibantu oleh chipset Qualcomm Snapdragon 410 dan juga RAM berkapasitas 1 GB. Kombinasi mesin-mesin tangguh tersebut akan memberi jaminan mutu pada kinerja Oppo A31 terbaru ini. Selain kombinasi komponen-komponen kelas wahid di bagian CPU-nya, Oppo A31 juga didukung oleh Operation System yang bagus. Kehadiran OS Android KitKat pada Oppo A31 akan memacu mesin yang ada untuk bekerja lebih baik. Aplikasi-aplikasi yang dihadirkan pada gadget terbaru ini juga begitu menarik. Sebagai penyempurna sektor dapur pacunya, spesifikasi Oppo A31 juga dilengkapi dengan GPU Andreno 306. Keberadaan kartu grafis berkualitas tersebut akan membuat ponsel pintar ini mampu bekerja maksimal saat digunakan untuk memainkan game-game HD yang berat sekalipun.

spesifikasi oppo a31

Internal Memory Ekstra Longgar Berkapasitas 8 GB

Berpindah sedikit lebih dalam. Setelah “membedah” CPU-nya, sekarang kita akan menengok spesifikasi Oppo A31 pada ruang penyimpanan datanya. Akan sangat mubazir jika sebuah ponsel pintar memiliki mesin tangguh tapi tidak memiliki kapasitas penyimpanan data yang memadai. Nah, Oppo A31 ini termasuk tipe smartphone yang memiliki spesifikasi seimbang. Selain mesin tangguh, ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan data yang berkapasitas ekstra longgar. Internal memory pada Oppo A31 memiliki kapasitas mencapai 8 GB. Ruang sebesar ini sudah lebih dari cukup untuk mewadahi file-file penting kawan Begawei dalam satu perangkat saja. Mulai dari file aplikasi, audio video dan juga file berupa gambar atau foto berukuran besar akan bisa ditampung oleh internal memory pada smartphone ini. Namun jika kawan Begawei menginginkan ruang yang lebih besar lagi, spesifikasi Oppo A31 pada ruang penyimpanan data masih bisa diekspansi lagi menggunakan external memory hingga kapasitas 128 GB.

Fotografi Mumpuni Berbekal Kamera Utama 8 MP

Sebagai gadget modern, rasanya juga percuma jika varian baru ini tak memiliki lini fotografi yang berkualitas layaknya di sektor mesin tadi. Nah, spesifikasi Oppo A31 pada sektor fotografi ini ternyata juga dibekali dengan komponen-komponen terbaik di kelasnya. Lini fotografi pada smartphone ini dibekali dengan dua buah camera digital yang cukup baik kualitasnya. Di sisi belakang, disematkanlah kamera utama 8 MP lengkap dengan fitur LED Flash. Kamera utama pada Oppo A31 ini dipastikan akan mampu untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus, baik di ruang yang terang ataupun minim cahaya. Kamera ini juga mampu untuk menghasilkan foto beresolusi 3264 x 2448 piksel. Melengkapi fungsi kamera modern, kamera utama pada Oppo A31 juga bisa difungsikan sebagai perekam video yang mampu menghasilkan video beresolusi 080p pada 30fps. Selain kamera utama mumpuni tadi, spesifikasi Oppo A31 juga dilengkapi dengan kamera sekunder pada sisi depannya. Kamera depan tersebut merupakan kamera berukuran 5 MP yang bisa menghasilkan foto yang tak kalah bagusnya dengan kamera utama.

spesifikasi hp oppo a31

Konektivitas Hadirkan Jaringan 4G LTE

Pada sektor konektivitas, spesifikasi Oppo A31 juga membawa teknologi tercanggih saat ini. Ponsel pintar racikan vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut dibekali dengan jaringan data yang lengkap, mulai dari koneksi 3G sampai koneksi 4G LTE. Pada jaringan 4G LTE, pengguna Oppo A31 bisa menikmati layanan sambungan data yang cepat dan stabil. Dengan menggunakan jaringan 4G, kawan Begawei bisa men-download file dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Sedangkan untuk keperluan uploading, jaringan 4G pada Oppo A31 mampu dipacu dengan kecepatan maksimal mencapai 50 Mbps. Nah, bagaimana jika pengguna ponsel ini belum terjangkau jaringan 4G? Tenang! Smartphone terbaru racikan Oppo ini juga dibekali dengan jaringan 3G yang tak kalah cepatnya dengan LTE. selain lini konektivitas data tersebut, spesifikasi Oppo A31 di sektor koneksi nirkabel juga dilengkapi dengan Bluetooth A2DP untuk keperluan transfer data jarak dekat, dan juga A-GPS guna mendukung keperluan navigasi penggunanya.

Baterai 2000 mAh Kurang Bertenaga

Terakhir, kita akan menilik kapasitas baterai yang dibawa spesifikasi Oppo A31 ini. Sangat disayangkan, kali ini Oppo tidak membekali varian terbarunya dengan baterai yang berkapasitas super. Kapasitas baterai pada Oppo A31 hanya berkekuatan 2000 mAh. Kapasitas tersebut terhitung rendah jika menengok ruang dapur pacu gadget ini yang memerlukan daya baterai yang cukup besar. Untuk penggunaan normal atau stand-by di jaringan 3G, Oppo A31 ini mampu bertahan selama kurang lebih sehari saja. Namun, jika kawan Begawei termasuk pengguna gadget yang memiliki aktivitas tinggi, Begawei sarankan untuk membawa pemasok daya cadangan saat menggunakan Oppo A31 ini. Spesifikasi Oppo A31 di sektor pemasok daya memang menjadi titik paling lemah smartphone ini.

Oppo A31

Jaringan
TeknologiGSM / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsTD-SCDMA 1880 / 2010
4G bandsLTE band 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
KecepatanTD-SCDMA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, April
StatusComing soon. Exp. release 2015, April 17
Bodi
Dimensi131.9 x 65.5 x 8 mm (5.19 x 2.58 x 0.31 in)
Berat135 g (4.76 oz)
SIMDual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran4.5 inches (~64.6% screen-to-body ratio)
Resolusi480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v4.4 (KitKat)
ChipsetQualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPUQuad-core Cortex-A53
GPUAdreno 306
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
FiturGeo-tagging
Video1080p@30fps
Kamera Depan5 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANYes
Bluetoothv4.0
GPSYes, with A-GPS
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer, proximity
PesanSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML
Baterai
Li-Ion 2000 mAh battery

Harga Oppo A31

Nah, jika tadi kita sudah sama-sama melihat spesifikasinya, sekarang kita akan membahas harga Oppo A31 ini. Namun, sebelum Begawei menginformasikan kisaran harganya, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan dari spesifikasi Oppo A31 terbaru ini. Sektor dapur pacu memang menjadi sektor unggulan dari vendor asal Tiongkok, Oppo. Kombinasi CPU Quad-core Cortex-A53 dan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 pada ponsel ini memang menjadi garansi performa tangguh dan kinerja stabil yang dihasilkan ponsel ini. Selain itu, adanya RAM 1 GB juga mempengaruhi kisaran harga Oppo A31 di pasaran gadget dunia. Meski segmentasinya adalah pasar ponsel pintar kelas menengah ke bawah, Oppo tetap membekali jagoan barunya ini dengan komponen-komponen berkualitas tinggi. Hmmm…, kira-kira berapa ya harga Oppo A31 ini?

harga oppo a31

Dari beberapa kabar yang beredar, harga Oppo A31 berada pada kisaran EUR 150. Harga yang memang masuk dalam kategori kelas menengah. Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, harga Oppo A31 tersebut adalah sekitar Rp. 2,1 jutaan. Nominal harga ini juga masih terjangkau bagi masyarakat kelas menengah di Indonesia. Kisaran harga ponsel pintar ini memang banyak dipengaruhi oleh komponen-komponen berkualitas yang ada di dalamnya. Kehadiran Oppo A31 juga akan menjadi pesaing bagi LG AKA dan juga Asus Zenfone 2 ZE550ML yang sudah dikenalkan lebih dulu oleh vendor masing-masing. Dengan kisaran harga Oppo A31 yang tak terpaut jaug dari pesaingnya tersebut, ponsel pintar ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang menghendaki ponsel pintar berkualitas namun berbanderol “miring”.

harga oppo a31 terbaru

Kisaran harga Oppo A31 di atas tadi masih memiliki potensi untuk berubah karena pergerakan harga gadget dunia yang cukup dinamis. Status Oppo A31 sendiri juga masih sebatas “perkenalan” dan akan dirilis secara resmi pada medio pertengahan April 2015 ini. Begawei memprediksi, jika ponsel pintar ini benar-benar masuk ke Indonesia, perubahan harganya tak akan berbeda jauh dari kisaran harga di atas. Kisaran harga Oppo A31 ini, Begawei prediksi tetap akan berada di bawah Rp. 3 jutaan, sesuai dengan segmentasi pasarnya, yaitu kelas menengah. Begawei juga berpendapat, ponsel ini sangat cocok bagi kawan Begawei yang memang sedang berburu gadget keren dan tangguh namun dengan harga yang terjangkau. Kombinasi komponen canggih serta kisaran harga Oppo A31 yang terjangkau rasanya akan menjadi nilai jual tersendiri bagi ponsel pintar asal Tiongkok ini. Baca juga ulasan detail khas Begawei tentang Huawei SnapTo dan HTC One M8s.

Top