Harga Lenovo A1900 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Lenovo A1900 – Setelah lama tak mengeluarkan varian ponsel pintar baru, kali ini Lenovo kembali megenalkan smartphone edisi terbaru kepada pecinta gadget di dunia. Tercatat, Lenovo K3 Note-lah yang merupakan gadget terakhir rilisan Lenovo. Jika sebelumnya Lenovo merilis ponsel pintar kelas menengah ke atas, kali ini vendor asal Tiongkok tersebut malah merilis Lenovo A1900 dengan segmentasi pengguna gadget pemula. Hal ini memang diluar kebiasaan Lenovo. Seperti kita tahu, vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut memang sedang gencar-gencarnya mempromosikan smartphone-smartphone terbaru yang merupakan ponsel pintar kelas menengah ke atas. Namun, dengan dikenalkannya Lenovo A1900, Lenovo seolah tak ingin meninggalkan pangsa pasar gadget yang sangat potensial tersebut. Seperti segmentasinya, Lenovo A1900 ini sebenarnya tak terlalu istimewa. Namun, jika kawan Bagawei adalah pengguna ponsel pintar Android pemula, varian baru dari Lenovo ini tetap menjadi bahasan yang menarik.

lenovo a1900

Sesuai dengan segmentasinya, Lenovo A1900 diprediksi akan menjadi gadget yang akan diserbu banyak pembeli. Hal ini karena ponsel pintar ini akan dilepas ke pasaran gadget dunia, termasuk Indonesia, dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, dengan harga Lenovo A1900 yang tergolong murah, jangan harap kawan Begawei akan mendapatkan servis kelas atas yang disajikan oleh ponsel pintar ini. Mulai dari mesinnya, Lenovo A1900 “keok” ditengah jalan karena hanya dibekali chipset racikan Spreadtrum yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 512 MB saja. Jadi, jangan kaget jika kawan Begawei mendapati ponsel pintar ini bekerja “lemot”. Namun, dibalik sektor dapur pacu yang tergolong “ala kadarnya”, Lenovo A1900 tetap membawa beberapa keunggulan. Nah, penasaran dengan spesifikasi dan harga Lenovo A1900 terbaru ini? Begawei punya ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini?

hp lenovo a1900

Spesifikasi Lenovo A1900

Layar Kecil Namun Memiliki Tampilan Visual Atraktif

Kita awali pembahasan spesifikasi Lenovo A1900 dari sektor penampilan luarnya. Dengan dimensi tubuh hanya 121 mm x 62 mm x 9.5 mm, penampilan ponsel pintar baru dari Lenovo ini tergolong mungil. Selain ukuran tubuhnya yang mini, berat Lenovo A1900 juga hanya sekitar 117 gram. Pada tubuh mungilnya, Lenovo menempatkan layar berukuran 4 inci, dengan sedikit bezel yang mengitari layarnya. Namun, dibalik penampilan minimalisnya, ternyata Lenovo A1900 dibekali dengan teknologi layar yang cukup baik. Adalah layar berjenis IPS capacitive touchscreen yang disematkan Lenovo kepada varian ponsel pintar barunya ini. Layar tersebut memiliki resolusi 480 x 800 pixels, dan juga kerapatan hingga 233 ppi pixel density. Dengan dukungan corak keragaman warna hingga 16 M, maka tampilan visual yang dihasilkan Lenovo A1900 cukup enak dipandang. Kelemahan layar ini hanyalah belum adanya proteksi khusus guna melindungi layar dari resiko goresan. Hal ini dikarenakan spesifikasi Lenovo A1900 di sektor layar memang disesuaikan dengan segmentasinya, yakni pengguna pemula.

Dapur Pacu Standar dengan Kapasitas RAM Sangat Kecil

Berpindah ke dalam sektor dapur pacu. Seperti sudah Begawei singgung di awal tadi, bahwa spesifikasi Lenovo A1900 di sektor dapur pacu ini memang tak terlalu istimewa. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan chipset  Spreadtrum SC7730 untuk menunjang kinerja CPU-nya. Untuk prosessornya sendiri, Lenovo A1900 menggunakan prosessor quad-core Cortex-A7. Prosessor ini bisa dipacu hingga kecepatan 1.2 GHz. Kelemahan Lenovo A1900 di sektor permesinan juga bisa dilihat dari kapasitas RAM yang digunakan. Ponsel pintar racikan vendor asal Tiongkok ini hanya dibekali dengan RAM berkapasitas 512 MB. Karena hanya dibekali dengan komponen kelas menengah ke bawah, maka kinerja ponsel pintar yang satu ini tak bisa sepenuhnya maksimal. Jadi, jangan heran jika kawan Begawei menemukan “lag” pada saat mengoperasikan smartphone ini. Meski komponen mesinnya sangat sederhana, Lenovo A1900 ternyata juga dibekali dengan perangkat lain yang bisa sedikit meningkatkan kinerjanya. Spesifikasi Lenovo A1900 di sektor dapur pacu sudah didukung dengan GPU Mali-400 yang disandingkan dengan OS Android KitKat. Kombinasi komponen grafis dengan sistem operasi tersebut mampu menolong kinerja mesin yang tergolong lemah tadi.

spesifikasi lenovo a1900

Internal Memory Mencukupi Meski Tak Terlalu Besar

Berpindah ke ruang penyimpanan data, spesifikasi Lenovo A1900 di sektor ini juga hanya dibekali dengan kapasitas internal memory yang minimalis. Kapasitas internal memory yang dimiliki Lenovo A1900 hanya 4 GB. Dengan kapasitas minimalis ini, kawan Begawei harus pintar-pintar memilah-milah file yang akan kamu tempatkan di ponsel ini. Kapasitas internal memory pada Lenovo A1900 memang tak bisa menampung file-file atau aplikasi yang memiliki ukuran cukup besar. Namun, jika kamu tetap ingin menempatkan file-file berukuran besar ke dalam ponsel ini, Lenovo A1900 sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa kamu gunakan untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan dataya. Dengan memanfaatkan slot external memory pada spesifikasi Lenovo A1900, kamu bisa mengekspansi ruang penyimpanan data pada ponsel ini hingga mencapai 16 GB.

Lini Fotografi Minimalis Tanpa Kamera Depan

Beralih ke spesifikasi Lenovo A1900 pada lini fotografi. Seperti kebanyakan ponsel pintar kelas pemula lainnya, smartphone ini juga hanya dibekali dengan lini fotografi serba minimalis. Kamera pada Lenovo A1900 hanya berupa kamera VGA 2 MP. Kamera ini merupakan salah satu jenis kamera terendah dalam dunia ponsel pintar. Jadi, hanya dengan bekal kamera minimalis tersebut, jangan harap kawan Begawei akan menghasilkan foto yang bagus menggunakan Lenovo A1900 ini. Resolusi yang dihasilkan oleh kamera pada ponsel ini pun sangat rendah, yakni hanya 1600 x 1200 pixels. Spesifikasi Lenovo A1900 pada lini fotografi juga tak dilengkapi dengan kamera depan. Dengan kata lain, kawan Begawei tak bisa “selfie” dengan ponsel ini.

spesifikasi hp lenovo a1900

Koneksi Bisa Diandalkan Meski Belum 4G

Sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Lenovo A1900 di sektor konektivitas. Smartphone racikan Lenovo ini sebenarnya membawa konektivitas yang lengkap, meski tetap dengan fitur-fitur minimalis. Untuk koneksi internetnya, Lenovo A1900 masih menggunakan jaringan 3G. Walau tak secepat koneksi 4G, namun jaringan 3G pada ponsel ini sudah cukup untuk mengkoneksikan kawan Begawei ke dunia maya. Selain koneksi 3G pada jaringan data selulernya, Lenovo A1900 juga sudah dilengkapi dengan fitur WiFi serta teknologi A-GPS. Sebagai pelengkap spesifikasi Lenovo A1900 di sektor konektivitas, Lenovo juga membekali gadget terbarunya ini dengan koneksi Bluetooth A2DP dan juga slot microUSB untuk keperluan transfer data jarak dekat.

Pemasok Daya Minimalis Berbekal Baterai 1500 mAh

Tal terasa, kita sampai pada akhir dari pembahasan spesifikasi Lenovo A1900 ini. Sebagai penutup bahasan spesifikasinya, kita akan menilik salah satu sektor yang sangat penting dalam sebuah unit smartphone. Yup! Benar sekali! Terakhir, kita akan membahas mengenai pemasok daya yang ditanamkan pada Lenovo A1900 ini. Dengan segmentasinya yang dikhususkan bagi pengguna pemula, ponsel pintar ini memang tak dibekali dengan baterai berkapasitas “super”. Tercatat, kapasitas baterai pada Lenovo A1900 ini hanya sekitar 1500 mAh saja. Sebenarnya, kapasitas ini sudah sesuai dengan spesifikasi Lenovo A1900 di sektor mesin. Dapur pacu “seadanya” pada ponsel ini memang tak terlalu boros konsumsi daya.

Lenovo A1900

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 2100
KecepatanHSPA
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, April
StatusAvailable. Released 2015, April
Bodi
Dimensi121 x 62 x 9.5 mm (4.76 x 2.44 x 0.37 in)
Berat117 g (4.13 oz)
SIMDual SIM (Mini-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran4.0 inches (~60.7% screen-to-body ratio)
Resolusi480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
MultitouchYes, up to 2 fingers
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v4.4.2 (KitKat)
ChipsetSpreadtrum SC7730
CPUQuad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPUMali-400
Memori
Card slotmicroSD, up to 16 GB
Internal4 GB, 512 MB RAM
Kamera
Kamera Belakang2 MP, 1600 x 1200 pixels
FiturGeo-tagging
VideoYes
Kamera DepanNo
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
BluetoothYes
GPSYes, with A-GPS
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer, proximity
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML
Baterai
Li-Ion 1500 mAh battery

Harga Lenovo A1900

Kali ini, Lenovo benar-benar menyasar pengguna entry level dengan produk barunya yang baru saja kita ulas tadi. Karena hanya dibekali dengan komponen-komponen kelas menengah, maka kisaran harga Lenovo A1900 pun dipastikan akan sangat terjangkau. Dengan teknologi mesin yang tak terlalu istimewa, kinerja Lenovo A1900 memang tak bisa diandalkan untuk melakukan tugas-tugas berat. Pun demikian dengan sektor lain, misalnya fotografi. Tanpa adanya kamera depan, sektor fotografi pada ponsel ini seperti ada yang kurang. Namun, harga Lenovo A1900 tertolong dengan penggunaan layar IPS 4 inci yang mampu menampilkan visualisasi yang cukup baik. Nah, kira-kira berapa ya harga Lenovo A1900 terbaru ini?

harga lenovo a1900

Benar saja. Kisaran harga Lenovo A1900 memang sangat terjangkau. Ponsel pintar terbaru racikan Lenovo ini hanya dibanderol dengan harga sekitar EUR 60. Jika dikonversikan ke Rupiah, harga Lenovo A1900 adalah sekitar Rp. 800 ribuan saja. Harga ini memang disesuaikan dengan detail spesifikasi Lenovo A1900 yang tak terlalu istimewa tadi. Kehadiran ponsel pintar ini juga dipastikan akan meramaikan persaingan gadget kelas entry level,  yang sebelumnya sudah diramaikan dengan kemunculan Acer Liquid Z220 serta Huawei Y360. Perbandingan harga Lenovo A1900 dengan keduanya pun sangat kompetitif.

harga lenovo a1900 terbaru

Kemunculan produk baru dari Lenovo ini memang diluar kebiasaan vendor ponsel pintar asal Tiongkok tersebut. Setelah berfokus pada gadget kelas menengah ke bawah, kini dengan kisaran harga Lenovo A1900 yang terjangkau tersebut, Lenovo seolah ingin kembali menyasar pangsa pasar ponsel pintar entry level. Meski dengan bekal spesifikasi serba minimalis, namun Lenovo A1900 ini tetap bisa diadu dengan smartphone lain yang berada dikelasnya. Faktor yang bisa mengangkat daya jual ponsel ini adalah terletak pada teknologi layarnya yang cukup baik karena sudah menggunakan layar IPS berukuran 4 inci. Selain itu, kompetitifnya harga Lenovo A1900 jika dibandingkan dengan produk lain juga akan menjadi faktor penarik minat publik pecinta gadget khususnya di Indonesia. Nah, jika kawan Begawei adalah pengguna Android pemula, kisaran harga Lenovo A1900 yang terjangkau tadi bisa menjadi alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan gadget kamu. Baca juga Oppo R1X dan Acer Liquid Z220.

Top