Harga BlackBerry Leap dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga BlackBerry Leap – Setelah lama hilang bak ditelan bumi, vendor smartphone asal Kanada, BlackBerry kembali kembali menggebrak pasar gadget dunia. Setelah terakhir kali merilis BlackBerry Classic, kini perusahaan yang dulu lebih dikenal dengan nama Research in Motion itu mengenalkan BlackBerry Leap sebagai jagoan barunya. Sebenarnya, handheld terbaru racikan BlackBerry ini sudah dipublikasikan pada ajang Mobile World Congress 2015 di Barcelona, Spanyol, beberapa waktu yang lalu. Setelah debut di MWC 2015, kini BlackBerry Leap mulai dipasarkan secara resmi di kawasan Amerika dan Eropa. Untuk pasar Asia sendiri, termasuk Indonesia, smartphone terbaru racikan BlackBerry ini menurut rencana akan hadir selambat-lambatnya Mei 2015 yang akan datang. Selain memperkenalkan inovasi terbaru, kehadiran BlackBerry Leap ini juga seolah untuk menandai bahwa nama BlackBerry belum “habis” di kancah industri ponsel pintar dunia.

blackberry leap

Generasi terbaru smartphone racikan BlackBerry ini ditargetkan untuk kalangan menengah ke atas. Sesuai dengan segmentasinya, BlackBerry Leap juga dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Di sektor dapur pacunya, ponsel pintar terbaru racikan BlackBerry ini dipersenjatai dengan CPU dual-core 1.5 GHz besutan Qualcomm. Untuk mendukung kinerja prosesornya, BlackBerry Leap juga dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB. Kombinasi mesin pada smartphone ini dipastikan akan menghasilkan kinerja yang maksimal. Selain mesin yang lebih “gahar”, inovasi terbaru BlackBerry pada BlackBerry Leap juga terlihat dari penggunaan panel touchscreen yang menggusur penggunaan keyboard QWERTY yang selama ini sangat melekat pada handheld BlackBerry. Hmmm.., kira-kira teknologi baru apa lagi ya yang dibawa BB Leap ini? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, Begawei sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga BlackBerry Leap pada segmen-segmen di bawah ini?

hp blackberry leap

Spesifikasi BlackBerry Leap

Desain Modern dan Terlihat Lebih Elegan

Kita awali pembahasan spesifikasi BlackBerry Leap ini dari sisi desain luarnya. Kali ini, BlackBerry mengusung tema revolusioner pada gadget barunya ini. Mengikuti varian BB Z10 dan BB Z3, kali ini BlackBerry Leap tampil dengan desain ala smartphone modern. BlackBerry menghilangkan panel keyboard QWERTY yang selam ini identik dengan handheld BlackBerry dan menggantinya dengan layar Capacitive Touchscreen 5 inci.  Layar 5 inci tersebut nampak “cantik” berpadu dengan dimensi 144 x 72.8 x 9.5 mm serta bobot seberat 170 gram. Bodi BlackBerry Leap ini memang benar-benar “fresh” dan memancarkan aura elegan. Tipe layar yang disematkan BlackBerry pada produk barunya ini juga merupakan tipe layar yang berkualitas. Layar tersebut memiliki resolusi 720 x 1280 pixels dengan kekayaan warna mencapai 16 M serta tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi density. Kombinasi teknologi pada layar BlackBerry Leap ini akan menghasilkan visualisasi yang tajam dan memanjakan mata. Namun ada sedikit catatan minus dari spesifikasi BlackBerry Leap di sektor penampilannya. BlackBerry tidak membekali produk barunya ini dengan proteksi layar khusus untuk melindunginya dari resiko goresan.

Dapur Pacu Bertenaga dengan RAM 2 GB dan OS BlackBerry 10.3.1

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi BlackBerry Leap di sektor dapur pacu. Selama ini, BlackBerry dikenal dengan gadget yang memiliki mesin “biasa-biasa” saja. Anggapan ini sebenernya sudah mulai didobrak oleh BlackBerry ketika mengenalkan BB Z10 dan BB Z3. Namun kedua produk itu tidak terlalu sukses melambungkan nama BlackBerry. Kali ini, dengan merilis BlackBerry Leap, vendor asal Kanada itu kembali ingin menunjukkan bahwa mereka juga piawai meracik ponsel pintar berkualitas. Dimulai dari CPU-nya, BlackBerry menyematkan prosesor dual-core 1.5 GHz yang didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon S4 Plus. Selain kombinasi CPU yang cukup berkualitas, BlackBerry Leap juga dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB. Dengan kombinasi mesin yang cukup bertenaga ini, ponsel pintar racikan BlackBerry ini mampu menyajikan kinerja yang sangat prima. Visualisasi BlackBerry Leap juga semakin mantap karena BlackBerry menanamkan GPU Andreno 305. Sebagai penyempurna spesifikasi BlackBerry Leap di sektor dapur pacu, BlackBerry menempatkan OS BlackBerry 10 10.3.1 sebagai “otak” yang akan mengatur operasional gadget ini.

spesifikasi blackberry leap

Kapasitas Internal Memory Hingga 16 GB

Berpindah ke spesifikasi BlackBerry Leap di sektor ruang penyimpanan data, kali ini kita akan menilik kapasitas storage yang dimiliki oleh ponsel pintar asal Kanada ini. Sebagai ponsel pintar kelas menengah, kapasitas storage yang dimiliki BlackBerry Leap ini cukup longgar. Pada produk barunya ini, BalckBerry menyematkan internal memory sebesar 16 GB yang cukup untuk menampung semua file penting kawan Begawei. Meski harus dibagi dengan file sistem, rasanya kapasitas internal memory BlackBerry Leap yang mencapai 16 GB tak akan cepat habis meski kamu menyimpan file-file berukuran besar sekalipun. Namun jika internal memory sebesar 16 GB dirasa masih kurang, spesifikasi BlackBerry Leap di sektor storage juga dilengkapi dengan slot external memory yang mampu mengakomodasi microSD Card berkapasitas 128 GB.

Lini Fotografi Dibekali Kamera Kelas Atas

Setelah menengok isi mesinnya, kini kita akan mengulas spesifikasi BlackBerry Leap di sektor fotografi. Pada produk barunya kali ini, BlackBerry menyematkan komponen-komponen fotografi yang cukup berkualitas. Sebagai kamera utamanya, BlackBerry Leap mengusung kamera 8 MP yang sanggup menghasilkan jepretan foto beresolusi 3264 x 2448 pixel. Dengan bantuan LED Flash dan fitur Autofocus, kamera utama pada BlackBerry Leap ini mampu menghasilkan foto yang tajam dan jelas. Selain fungsi fotografi, kamera utama yang terletak pada sisi belakang itu juga mampu menghasilkan video HD beresolsusi 1080p pada 30fps. Sebagai pelengkap kebutuhan fotografi modern, spesifikasi BlackBerry Leap di sektor fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder 2 MP  yang terletak di bagian depan.

spesifikasi hp blackberry leap

Konektivitas Andalkan Jaringan 4G LTE

Sekarang, kita akan membahas spesifikasi BlackBerry Leap di bagian konektivitas. Guna menyaingi produk-produk smartphone masa kini, kali ini BlackBerry membekali produk barunya ini dengan deretan koneksi yang sangat lengkap. Sebagai koneksi unggulan, BlackBerry Leap mengandalkan koneksi 4G LTE. Melalui jaringan data seluler super cepat ini, kawan Begawei bisa men-download file dengan kecepatan maksimal hingga 150 Mbps. Sedangkan untuk keperluan upload, BlackBerry Leap bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 50 Mbps. Selain koneksi data seluler yang menghadirkan jaringan super cepat, BlackBerry juga membekali produk barunya ini dengan fitur-fitur tambahan yang tetap fungsional. Untuk mendukung koneksi data jarak dekat, BlackBerry Leap juga dibekali dengan fitur WiFi serta fitur portable hotspot. Selain fitur koneksi nirkabel jarak dekat tersebut, spesifikasi BlackBerry Leap di sektor konektivitas juga dipersenjatai dengan fitur navigasi A-GPS yang akan membantu pemakainya dalam menentukan lokasi atau tempat.

Kapasitas Baterai Kelas Menengah 2800 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi BlackBerry Leap di sektor pemasok daya. Pada produk terbarunya ini, BlackBerry menyematkan baterai dengan kapasitas yang tergolong standar. Kapasitas yang dimiliki oleh baterai pada BlackBerry Leap ini adalah 2800 mAh. Kapasitas itu sebenarnya tergolong lemah, karena BB Leap ini memiliki komponen-komponen mesin yang sebenarnya lumayan boros daya. Jadi, Begawei menyarankan pada calon pemakai BlackBerry Leap untuk selalu menyediakan pemasok data portable atau power bank guna mengantisipasi kehabisan daya pada saat membawanya beraktivitas di luar ruangan. Selain kapasitasnya yang tergolong standar, spesifikasi BlackBerry Leap di sektor pemasok daya juga belum dibekali dengan teknologi terkini. Tipe baterai yang digunakan oleh BlackBerry pada produk barunya ini masih menggunakan jenis baterai Lihium-Ion yang kualitasnya tak sebaik tipe Lithium-Polymer.

BlackBerry Leap

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Pengumuman
Pengumuman2015, March
StatusAvailable. Released 2015, April
Bodi
Dimensi144 x 72.8 x 9.5 mm (5.67 x 2.87 x 0.37 in)
Berat170 g (6.00 oz)
SIMYes
Layar
TipeCapacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~65.7% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSBlackBerry OS 10.3.1
ChipsetQualcomm MSM8960 Snapdragon S4 Plus
CPUDual-core 1.5 GHz Krait
GPUAdreno 305
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
FiturYes
Video1080p@30fps
Kamera Depan2 MP, 720p
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP, EDR, LE
GPSYes, with A-GPS
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer, proximity
PesanSMS, MMS, Email, Push Email, IM, BBM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Ion 2800 mAh battery

Harga BlackBerry Leap

Nah itulah ulasan Begawei mengenai spesifikasi BlackBerry terbaru pada semua sektornya. Bagaimana sangat lengkap dan menarik bukan? Setelah membahas spesifikasinya, sekarang kita akan membahas kisaran harga BlackBerry Leap yang menurut rencana akan mulai dipasarankan di Asia paling lambat awal Mei 2015 mendatang. Namun, seperti biasa, sebelum Begawei memberikan informasi harga BlackBerry Leap ini, Begawei akan menarik sedikit kesimpulan mengenai produk terbaru dari BlackBerry ini. Kali ini, BlackBerry menempatkan BlackBerry Leap di level ponsel pintar kelas menengah atas. Sesuai dengan segmentasinya, spesifikasi ponsel baru racikan BlackBerry ini juga dibekali dengan komponen mesin yang berkualitas. Sebagai mesin intinya, BlackBerry menanamkan prosesor dual-core yang dikombinasikan dengan RAM 2 GB. Selain mesin yang cukup berkualitas, kisaran harga BlackBerry Leap juga dipengaruhi fitur-fitur canggih lainnya, seperti misalnya kamera utama 8 MP yang dilengkapi dengan LED Flash.

harga blackberry leap

Menurut beberapa sumber, kisaran harga BlackBerry Leap ini berada pada level EUR 260. Untuk pasar Amerika dan Eropa, harga tersebut memang tergolong murah. Namun, bagi pecinta gadget Tanah Air, kisaran harga BlackBerry Leap ini tergolong cukup mahal. Pasalnya, jika angka EUR 260 itu dikonversikan ke mata uang Rupiah, maka BlackBerry Leap ini akan berharga sekitar RP. 3,7 jutaan. Kalau dilihat dari spesifikasinya, harga yang melebihi angka 3 juta tersebut sebetulnya seimbang dengan kualitas yang ditawarkan oleh produk terbaru dari BlackBerry ini. Kisaran harga BlackBerry Leap pun juga jauh di bawah varian lama BlackBerry yang “gagal” di pasar gadget dunia, yaitu BlackBerry Z10.

harga blackberry leap terbaru

Kemunculan produk terbaru dari BlackBerry, termasuk BB Leap ini, sebenarnya mendapat sambutan “dingin” dari pecinta gadget dunia. Meski di Amerika dan Eropa harga BlackBerry Leap sangatlah terjangkau, namun itu ternyata belum mampu membuat publik pecinta gadget dunia berpaling pada produk vendor asal Kanada ini. Meski menawarkan pengalaman baru dalam operasionalnya, namun pamor BlackBerry Leap ini rasanya tetap tidak bisa menandingi smartphone lain yang lebih digandrungi publik, misalnya smartphone-smartphone Android. Meski BlackBerry sudah menekan harga BlackBerry Leap sekalipun, sepertinya strategi ini juga tak akan berhasil. Namun, akan berbeda cerita jika BlackBerry memang menyasar para pengguna gadget yang selama ini menjadi penggemar berat BlackBerry. Dengan spesifikasi lumayan bagus dan kisaran harga BlackBerry Leap yang cukup bersahabat, handheld terbaru racikan BlackBerry ini rasanya pantas masuk dalam waiting-list kawan Begawei yang merupakan penggemar fanatik produk-produk BlackBerry. Baca juga BlackBerry Classic dan BlackBerry Z3.

Top