Harga BenQ B502 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga BenQ B502 – Pasar gadget di dunia memang sangat menjanjikan. Jadi tak heran jika banyak vendor yang berlomba-lomba untuk terjun ke dalamnya, termasuk vendor-vendor yang sudah lama tak “bermain” di pasar gadget. Salah satu produsen mobile phone yang sempat lama vakum di pasar smartphone adalah perusahaan asal Taiwan, BenQ. Setelah lama menghilang dari pasaran gadget, terutama Indonesia, kini BenQ kembali muncul dengan menawarkan BenQ B502 yang merupakan smartphone berbasis Android. BenQ sendiri sebenarnya bukan pemain baru di kancah industri teknologi dunia. Sebelum merilis BenQ B502, perusahaan asal Taiwan tersebut memang lebih dikenal dengan produk-produk elektronik lainnya, seperti kamera digital, proyektor, dan juga mobile phone non-Android. Dengan merilis BenQ B502 ini, BenQ mencoba kembali peruntungan mereka di industri teknologi informasi.

benq b502

Hadir sebagai ponsel pintar kelas menengah, BenQ B502 memang hanya dibekali dengan komponen-komponen standar di setiap lininya. Meski hanya smartphone Android level low-end, namun ternyata pnsel pintar terbaru racikan ini memiliki beberapa sektor unggulan yang menjadi nilai plus-nya. Di sektor dapur pacu, BenQ B502 dipersenjatai dengan prosesor quad-core 1.3 GHz. Selain komponen mesin yang lumayan tangguh tersebut, sektor unggulan lain yang ada pada BenQ B502 adalah lini fotografi. Sadar dengan persaingan gadget kelas menengah begitu sengit, BenQ dengan pintar memilih untuk memaksimalkan sektor fotografi pada BenQ B502 ini. Nah, semakin penasaran dengan spesifikasi dan harga BenQ B502 ini kan? Tenang! Begawei sudah menyiapkan ulasan mengenai smartphone terbaru racikan BenQ pada segmen-segmen di bawah ini.

hp benq b502

Spesifikasi BenQ B502

Bentangan Layar 5 Inci dengan Bodi Ramping

Pada bahasan awal, kita akan mengulas spesifikasi BenQ B502 di sektor desain atau tampilan luarnya. Smartphone ini dibangun dengan dimensi 144 x 69.7 x 7 mm serta memiliki bobot sekitar 125 gram, dan ketebalan 6,99 mm. Dengan ukuran tubuh seperti ini, BenQ B502 akan terasa pas di genggaman. Kemudian, ponsel pintar ini memiliki bentangan layar sebesar 5 inci. Tipe layar yang digunakan handset ini adalah layar berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen. Layar pada BenQ B502 ini memiliki resolusi 720 x 1280 pixels serta memiliki tingkat kerapatan sebesar 294 ppi pixel density. Selain itu, layar pada BenQ B502 juga memiliki kekayaan ragam warna hingga 16 M. Jadi, meski hanya smartphone level menengah, namun gadget terbaru racikan BenQ ini mampu memberikan visualisasi yang prima dan memanjakan mata. Namun sayangnya, seperti halnya smartphone kelas menengah lainnya, spesifikasi BenQ B502 di sektor desain tak menyertakan proteksi layar guna melindungi smartphone ini dari resiko goresan.

Dapur Pacu Dibekali Komponen Tangguh

Berpindah ke sisi dalam, kali ini kita akan membahas spesifikasi BenQ B502 di sektor dapur pacunya. Komponen mesin yang disematkan pada ponsel ini memang hanya komponen-komponen standar, sesuai dengan segmentasinya yang merupakan ponsel pintar kelas menengah. Meski begitu, bukan berarti dapur pacu pada BenQ B502 ini tak memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Sebagai prosesornya, BenQ menyematkan prosesor quad-core berkecepatan 1.3 GHz. Sebagai penunjang kinerja prosesornya, BenQ B502 juga dibekali dengan chipset Mediatek MT6582. Kombinasi antara prosesor dengan chipset ini juga akan berjalan lancar berkat kehadiran RAM berkapasitas 2 GB. Jadi, meski hanya komponen standar, namun kombinasi komponen pada dapur pacu ponsel ini mampu menghasilkan kinerja tangguh dan deteksi multijari yang dipastikan akan berjalan lancar. Selain kombinasi mesin yang cukup bertenaga, spesifikasi BenQ B502 pada sektor dapur pacu juga disempurnakan oleh kehadiran OS Android KiKat versi 4.4.2.

spesifikasi benq b502

Kapasitas Storage Ekstra Longgar 16 GB

Selanjutnya, kita akan membahas spesifiaksi BenQ B502 di bagian ruang penyimpanan data. Meski hanya ponsel pintar kelas low-end, ternyata BenQ membekali ponsel pintar barunya ini dengan kapasitas storage yang cukup besar. Kapasitas internal memory pada BenQ B502 adalah sebesar 16 GB. Kapasitas storage ini rasanya sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi semua file yang kamu punya, baik file sistem atau file hiburan. Namun, jika kawan Begawei menganggap kapasitas 16 GB yang dibawa BenQ B502 ini belum cukup, kamu tak perlu khawatir. BenQ melengkapi smartphone terbarunya ini dengan slot microSD yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan kapasitas storage-nya. Slot microSD yang ada pada spesifikasi BenQ B502 di sektor memory ini bisa mengakomodasi kartu external memory tambahan hingga kapasitas 32 GB.

Lini Fotografi Berkualitas Tinggi

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi BenQ B502 di sektor fotografi. Seperti yang sudah Begawei singgung di bagian awal tadi, lini fotografi memang menjadi sektor unggulan yang dibawa oleh smartphone terbaru dari BenQ ini. Lini fotografi BenQ B502 dibekali dengan sepasang kamera yang sangat berkualitas. Pada kamera utamanya, ponsel pintar ini dibekali dengan kamera 13 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi 4128 x 3096 pixels. Selain mampu menghasilkan foto yang beresolusi tinggi, kamera utama pada BenQ B502 juga dilengkapi dengan fitur LED Flash dan Autofocus yang akan membantu kawan Begawei dalam menghasilkan foto yang tetap bagus meski berada di tempat yang minim cahaya. Selain kamera utama yang sangat bagus tadi, spesifikasi BenQ B502 di sektor fotografi juga dilengkapi dengan kamera depan 5 MP. Kamera yang terletak di sisi depan tersebut sangat cocok buat kamu yang gemar ber-selfie karena hasil jepretannya tak kalah bagusnya dengan kamera utama.

spesifikasi hp benq b502

Koneksi Andalkan Jaringan 3G

Setelah “membedah” sektor mesin hingga lini fotografinya, sekarang kita akan membahas spesifikasi BenQ B502 di bagian konektivitas. Secara umum, smartphone terbaru racikan BenQ ini dibekali dengan fitur konektivitas. Meski belum dibekali dengan jaringan 4G, namun koneksi data internet yang dihadirkan oleh BenQ B502 cukup bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ponsel pintar Android ini dibekali dengan jaringan 3G yang sudah mendukung HSPA. Dengan jaringan 3G pada BenQ B502 ini, kawan Begawei bisa menikmati kecepatan download hingga 21.1 Mbps. Sedangkan untuk keperluan ulpoading, BenQ B502 bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 5.76 Mbps. Selain menyuguhkan konektivitas cepat di sektor data seluler, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang sangat memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah fitur Wi-Fi 802.11 dan juga Bluetooth A2DP yang sangat berguna untuk koneksi nirkabel jarak dekat. Selain itu, spesifikasi BenQ B502 di sektor konektivitas juga sudah dilengkapi dengan navigasi A-GPS serta slot microUSB 2.0.

Kapasitas Baterai Kelas Standar 1800 mAh

Pada segmen terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi BenQ B502 di bagian pemasok daya. Sesuai dengan levelnya, yakni ponsel pintar kelas menengah, BenQ hanya menanamkan baterai yang berkapasitas standar. Kapasitas baterai pada BenQ B502 ini hanya sebesar 1800 mAh. Kapasitas tersebut pastinya akan sangat kurang bagi kawan Begawei yang sangat mobile dan membutuhkan smartphone yang mampu bertahan hidup dengan lama. Jika hanya digunakan dalam keadaan stand-by di jaringan 3G, BenQ B502 ini mampu bertahan hingga 430 jam. Namun, jika digunakan untuk beraktivitas tinggi, Begawei mempeekirakan BenQ B502 ini hanya mampu bertahan selama 8 sampai 11 jam saja. Jadi, pemasok daya cadangan seperti power bank atau sejenisnya akan sangat berguna bagi pemakai ponsel pintar ini. Selain berkapasitas standar, spesifikasi BenQ B502 di sektor pemasok daya juga masih menggunakan baterai tipe lama. Smartphone racikan BenQ ini masih menggunakan baterai tipe Lithium-Ion yang tak sebagus jenis Lithium-Polymer.

 

BenQ B502

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA
2G bandsGSM 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 900 / 2100
KecepatanHSPA 21.1/5.76 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Announced2014, October
StatusAvailable. Released 2014, October. Indonesia 2015, April
Bodi
Dimensi144 x 69.7 x 7 mm (5.67 x 2.74 x 0.28 in)
Berat125 g (4.41 oz)
SIMDual SIM (Mini-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~68.7% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v4.4.2 (KitKat)
ChipsetMediatek MT6582
CPUQuad-core 1.3 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 32 GB
Internal16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection
VideoYes
Kamera Depan5 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv3.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer, proximity
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Ion 1800 mAh battery

Harga BenQ B502

Setelah puas “membedah” spesifikasinya, sekarang kita akan membahas kisaran harga BenQ B502 ini. Seperti sudah Begawei kupas di atas tadi, smartphone edisi “comback” BenQ ini memang masuk kategori ponsel pintar kelas menengah. Meski hanya gadget kelas menengah, namun BenQ B502 ini ternyata dibekali dengan komponen-komponen yang cukup berkualitas. Jika dapur pacunya hanya “biasa-biasa” saja, namun BenQ mampu menutupi kekurangannya di sektor mesin dengen menempatkan lini fotografi sebagai unggulan. Keunggulan sektor fotografi yang mengusung kamera utama sebesar 13 MP LED Flash memang menjadi pendongkrak harga BenQ B502 di pasaran. Selain lini fotografi yang menjadi unggulan, bentangan layarnya yang cukup lega di mata juga menjadi faktor “plus” dari ponsel pintar ini. Nah, semakin penasaran dengan harga BenQ B502 ini kan?

harga benq b502

Sebenarnya, ponsel pintar racikan BenQ ini sudah dikenalkan pada medio Oktober tahun 2014 lalu. Meski sudah lama dikenalkan, ternyata BenQ baru meluncurkan produk barunya ini di Indonesia pada pertengahan bulan April 2015 ini. Vendor asal Taiwan itupun mematok harga BenQ B502 dengan nominal harga yang lumayan terjangkau. BenQ sendiri memiliki strategi pemasaran yang cukup bagus. Kisaran harga BenQ B502 ini ternyata disesuaikan dengan spesifikasinya yang hadir dalam dua pilihan. BenQ memang merilis smartphone terbarunya ini dalam dua versi. Versi pertama adalah BenQ B502 dengan RAM 1 GB + internal memory 8 GB, lalu yang kedua adalah B502 dengan RAM 2 GB + internal memory 16 GB. Untuk tipe pertama, BenQ mematoknya dengan harga Rp. 1.499.000. Sedangkan varian yang kedua, kisaran harga BenQ B502 dengan RAM 2 GB serta memory 16 GB adalah Rp. 1.899.000.

harga benq b502 terbaru

Kisaran harga BenQ B502 yang bervariasi tersebut merupakan cara BenQ untuk menarik minat pembelinya. Bagaimanapun juga, BenQ memang cukup terhitung lama menghilang dari pasaran gadget dunia, termasuk Indonesia. Nah, dengan menghadirkan BenQ B502 ini, vendor asal Taiwan tersebut ingin mencoba menghidupkan kembali nama “BenQ” di percaturan gadget dunia. Meski pada comeback-nya kali ini hanya merilis smartphone kelas menengah, namun dengan bekal nama besar BenQ rasanya ponsel pintar ini akan cukup diperhitungkan di pasaran gadget dunia, termasuk Indonesia. Selain nama “BenQ” yang sudah memiliki reputasi besar, kisaran harga BenQ B502 yang sangat terjangkau tadi juga akan membuat para penggemar gadget Tanah Air memiliki opsi atau pilihan yang lain. Nah, buat kawan Begawei yang ingin merasakan ponsel “comeback” BenQ ini, rasanya harga BenQ B502 yang tersedia dalam dua pilihan tadi tak akan menjadi masalah. Baca juga Oppo Joy Plus dan Lenovo A6000 Plus.

Top