Hal-hal “Kecil” Ini Buat Ponselmu Lebih Aman

Membuat Ponsel Lebih Aman – Saat ini, ponsel memang perangkat yang paling praktis untuk “membawa” data-data pribadi kita kemana-mana. Apalagi, perkembangan zaman saat ini telah membawa kita ke era smartphone atau telepon pintar. Hanya dengan sekali “angkut” saja, kita bisa melakukan banyak hal sekaligus. Termasuk di dalamnya adalah mengakses file-file pribadi kita. Nah, bicara soal mengakses file, kadang kita tidak tak sadar bahwa apa yang kita simpan di ponsel adalah file yang benar-benar privat. Se-pribadi apa? Bahasa sederhanya adalah data yang tak boleh sembarangan diketahui oleh orang lain. Untuk yang satu ini, pastinya kita membutuhkan proteksi yang mumpuni untuk ponsel. Sebenarnya, ada hal-hal sederhana yang bisa anda lakukan. Namun, hal-hal kecil tersbut kadang terlewatkan. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat ponsel lebih aman dari orang lain yang kadang iseng? Begawei punya ulasannya untuk anda.

buat ponsel anda menjadi lebih aman

Aktifkan fitur lock screen

Kawan Begawei yang memang sudah cukup akrab dengan smartphone, pasti sudah tidak asing lagi dengan lock screen. Jika pada ponsel jadul, ponsel bisa dikunci dengan satu tombol saja dan bisa dibuka oleh siapa saja, tidak dengan smartphone. PIN empat angka ataupun pola garis bisa anda manfaatkan untuk menjaga keamanan ponsel. Hal ini jelas lebih aman dibandingkan “kunci” pada ponsel jadul. Tapi Begawei sarankan, ganti password anda secara berkala, agar tetap terjaga kerahasiaannya. Pastinya pergunakan juga sandi-sandi yang cukup mudah anda ingat.

Manfaatkan fitur “Do Not Track”

Banyak orang yang belum “ngeh”, kalau sebenarnya, semua informasi yang anda berikan saat menjelajah internet akan dikumpulkan. Setelah itu, kemungkinan besar  data-data tersebut akan digunakan untuk memberikan iklan yang dirasa sesuai dengan and. Disinilah peran fitur “Do Not Track” pada browser. Opsi ini kan membantu anda untuk mencegah situs yang anda kunjungi dari mengumpulkan data tentang anda. Meski mengaktifkan fitur ini tidak menjamin keamanan data, tapi beberapa situs akan memilih untuk menghargai keinginan anda. Maka “hidup” anda akan lebih nyaman, tanpa gangguan-gangguan iklan, yang tak anda inginkan.

Hindari mengangkat telepon spam

Kawan Begawei mengenal telemarketing? Metode yang satu ini bekerja dengan cara mencoba menelepon nomor. Alasannya sederhana. Mereka hanya memastikan, apakah nomor anda masih aktif .  Jika masih,  nomor Anda akan dimasukkan ke dalam daftar yang akan dijual ke perusahaan-perusahaan. Kalau sudah begitu, siap-siap saja mendapat SMS atau telepon spam. Lalu bagaimana mengatasinya? Jika kawan Begawei pengguna Android, gunakan aplikasi seperti Current Caller ID dari Whitepages untuk memastikan siapa yang menelepon anda. Sementara itu, anda pengguna iOS, bisa memanfaatkan Truecaller, untuk mengidentifikasi nomor yang menelepon anda. Baca juga Smartphone Bisa Jadi Pendeteksi Gempa Secara Dini dan Koneksi Wi-Fi Bisa Mengundang Bahaya.

 

Top