Giliran Turnamen Dunia Yang “Haramkan” Tongsis

Di Luar Negeri, Selfie Stick Semakin Dilarang – Jika di Indonesia, selfie stick alias tongsis masih “bertebaran” dimana-man. Namun, tidak dengan di luar negeri. Aksesoris pelengkap gadget ini, justru makin dan semakin dilarang saja. Beberapa waktu lalu, Begawei sudah menginformasikan pada anda, bahwa kian banyak pelarangan terhadap tongsis. Larangan pun bertambah lagi. Kali ini dari ajang olahraga internasional.

giliran turnamen dunia yang haramkan tongsis

Sebenarnya, tongsis sendiri memiliki fungsi utama sebagai alat bantu, untuk mengambil foto selfie. Jadi, pengguna akan bisa mendapatkan foto selfie, tanpa harus merepotkan orang lain. Tongsis pun cukup membantu, ketika kita menginginkan jangkauan yang lebih luas pada kamera smartphone kita. Namun ternyata di balik fungsinya itu, tongsis dianggap mengganggun, bahkan membahayakan.

Adalah kejuaraan tenis dunia—Wimbledon, yang kali ini melarang “peredaran” tongsis di area pertandingannya. Selama turnamen tersebut digelar, panitia secara resmi melarang penonton untuk membawa masuk selfie stick ke area lapangan.

Kebiasaan ber-selfie menggunakan tongsis, ternyata mengganggu pandangan penonton lain. Hal itu lah yang membuat pihak penyelenggara turnamen tenis Wimbledon menerapkan larangan tersebut. Dengan begitu, maka kenyamanan penonton lain untuk memperhatikan jalannya pertandingan akan lebih terjaga.

“Secara umum dengan banyak olahraga besar, acara hiburan, dan atraksi budaya, kejuaraan tidak akan mengizinkan penonton untuk menggunakan tongkat selfie,” ucap pihak penyelenggara kepada media.

Larangan penggunaan tongsis di ajang olahraga, sebelumnya juga sudah terjadi. Adalah dua club dari Liga Utama Inggris, yakni Tottenham Hotspurs dan Arsenal, yang melrang para penontonnya menggunakan tongsis. Pihak club mengklaim bahwa benda tersebut sangat mungkin menjadi pemicu ketegangan antarsuporter.

Sebelum pelarangannya di olahraga, selfie stick juga telah dilarang penggunaannya di tempat-tempat lain. Sebuah museum di Perancis, adalah salah satunya. Mereka menganggap tongsis sangat berbahaya bagi benda-benda dengan nilai sejarah tinggi di tempat mereka. Benda yang panjangnya bisa dimaksimalkan itu, dianggap rawan menyenggol benda koleksi museum.

Sementara itu, panitia festival musik Coachella yang akan berlangsung di California, Amerika Serikat, mencantumkan tongsis ke dalam daftar barang terlarang. Senada dengan hal tersebut, panitian festival musik Lollapalooza pun, melakukan pelarangan yang sama. Baca juga Ternyata Drone dan Tongsis Mulai Dilarang di Eropa dan Tongkat Narsis Buatan Nikon.

 

Top