Generasi Keenam OS Android akan Segera Hadir

Google Siapkan OS Android Generasi Keenam – Perkembangan sistem operasi Android tengah bersiap memasuki gerbang generasi terbaru. Setelah generasi kelima yang disesbut Android Lollipop, kini Google tengah mengembangkan operation system terbarunya.

google-siapkan-os-android-generasi-keenam

Sistem operasi generasi keenam yang akan digunakan oleh smartphone berbasis Android ini kabarnya akan diberi nama Android Muffin. Penggunaan kata “muffin” ini melanjutkan tradisi Google yang menggunakan nama-nama makanan sebagai nama sistem operasi mereka. Mulai OS Android generasi pertama yang diberinama Cupcake, kemudian diikuti dengan Dounts, Éclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, KitKat, hingga generasi terakhir yang dinamai Lollipop.

Kata “muffin” sendiri secara harfiah merupakan jenis makanan tradisional Amerika dan Eropa yang berbentuk gulungan, bundar dan tipis. Di negara-negara Amerika dan Eropa, muffin ini juga sebut dengan kue manis.

Seperti dikutip dari PhoneArena pada Rabu (22/4/2015), generasi terbaru dari operation system racikan Google ini dirancang dengan dilengkapi fitur Multi-Window dan Quick Reply. Fitur Multi-Window adalah fitur visualisasi tampilan yang sudah disematkan pada produk smartphone racikan Samsung serta LG. Fitur ini memungkinkan pengguna Android untuk membuka dan menjalankan dua aplikasi secara side-by-side secara serentak.

Melalui sebuah teaser video yang dirancang oleh Vladislav Vitula, Google menggambarkan proses kerja yang bisa dihasilkan oleh OS Android Muffin lewat sebuah smartphone yang bisa menjalankan  fungsi multitasking sekaligus mengoperasikan dua aplikasi dalam satu layar.

Sedangkan fitur Quick Reply ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna ponsel pintar berbasis Android untuk menjawab notifikasi yang masuk dalam status bar. Misalnya, saat kita menerima pesan BBM dan WhatsApp dalam waktu yang sama, maka kita akan bisa membalas kedua pesan masuk itu secara bersamaan juga.

Generasi terbaru dari sistem operasi Android yang akan diberi nama Muffin ini juga menunjukkan teknologi canggih yang selama ini dikembangkan Google. Hal ini terlihat dari video rancangan Vitula yang benar-benar menunjukkan bagaiamana sang desainer itu sangat mencintai material-material yang ada dalam OS Muffin. Meski baru sebatas video rancangan, generasi keenam dari sistem operasi Android ini menjanjikan visualisasi menawan dan kekayaan fitur yang sangat unik. Baca juga Google Wallet Kini Punya Perlindungan Asuransi dan BenQ Hadirkan Ponsel Selfie B502.

Top