Fokus ke 4G, XL Suntik Mati Layanan 2G

XL Berhenti Kembangkan Layanan 2G – Kawan Begawei pasti sudah tau betul, jika saat ini para penyedia layanan telekomunikasi sedang getol menggarap layanan 4G. Dengan kecepatan LTE, jalur 4G memang menyodorkan kecepatan yang begitu tinggi untuk koneksi internet. Maka tak heran, jika banyak pengguna gadget, yang berburu perangkat-perangkat 4G. Tak hanya para pengguna gadget, jajaran para vendor pun akhirnya memutuskan untuk lebih fokus pada layanan 4G.

XL suntik mati layanan 2G

Hal itu juga lah yang akhirnya membuat  XL Axiata mulai menghentikan pengembangan layanan komunikasi berteknologi 2G miliknya. Sebenarnya, saat ini layanan 2G masih punya cukup banyak pengguna. Dari catatan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, saat ini pengguna layanan 2G only adalah 70 persen. Namun dari angka tersebut, jumlah penggunadatanya tidak banyak. Itulah mengapa, akhirnya XL mulai menghentikan pengembangan layanan 2G miliknya.

“Kalaupun pengguna 2G masih banyak, penggunaan datanya tidak banyak. 2G site yang baru sekarang sih sudah tidak ada. Kita lihat 2G tidak akan di-develop lebih jauh. Hanya perbaikan dari sisi kapasitas dan kualitas. Coverage sudah luas, jadi kita gak akan perluas lagi,” imbuh CEO XL Axiata, Dian Siswarini.

Sebagai tindak lanjut langkah “suntik mati” terhadap teknologi 2G miliknya, ke depannya XL  hanya akan diperbaiki dari sisi kualitas dan kuantitas layanan saja. Namun XL tidak akan membangun BTS baru, khusus teknologi 2G. Total BTS 2G yang dimiliki XL per 2014 adalah 36.000 unit. Sedangkan BTS 3G sudah ada 16.000 unit.

“Tapi 2G akan tetap ada sampai 2020. Kalau BTS baru spesifik untuk 2G tidak,” pungkas Dian.

Dengan penghentian pengembangan layanan 2G oleh XL, otomatis perusahaan tersebut memang akan lebih fokus pada 3G dan 4G. Ternyata, XL Axiata memang punya cita-cita untuk mendigitalkan masyarakat Indonesia. Menurut pihak XL, hal tersebut bisa diwujudkan melalui pemerataan internet berkecepatan tinggi. Layanan 3G dan 4G, pastinya begitu cocok untuk menjembatani keinginan tersebut. Maka, XL pun saat ini sedang benar-benar fokus untuk memperluas jangkauan layanan berteknologi 4G. Baca juga MediaTek Umumkan Processor Mobile Terkencang dan Super Mario 64 Terbaru yang Lebih Menarik.

Top