Demi Iklan iPhone 6 dan Apple Watch, Apple Inc Habiskan Dana Rp. 546 Miliar

Apple Habiskan Jutaan Dollar Demi Iklan iPhone 6 dan Apple Watch – Media iklan memang merupakan media promosi paling manjur, tak terkecuali bagi perusahaan sebesar Apple Inc. Demi mempromosikan produk-produk terkininya, yaitu iPhone 6 dan juga Apple Watch, perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs tersebut menghabiskan dana mencapai USD 42 juta atau sekitar Rp. 546 miliar. Wow!

apple-habiskan-jutaan-dollar-demi-iklan-iphone-6-dan-apple-watch

Angka sebesar USD 42 juta mungkin bukan apa-apa bagi perusahaan teknologi informasi sebesar Apple. Dengan keuntungan tahunan mencapai miliaran Dollar, rasanya sah-sah saja bagi Apple untuk mengeluarkan dana besar demi mempromosikan produk-produk terbarunya.

Biaya USD 42 juta ini kebanyakan digunakan Apple untuk riset belanja iklan dan juga keperluan Digital Response secara real time. Total biaya tersebut meliputi biaya peluncuran Apple Watch pada 9 Maret lalu yang mencapai USD 38 juta. Selain biaya-biaya tersebut, dana iklan yang dikeluarkan Apple juga meliputi biaya untuk iklan di TV yang harus mereka bayar tiap bulan. Dalam lima bulan terakhir, termasuk iklan iPhone 6 dan juga Apple Watch, perusahaan berlogo buah apel tergigit tersebut menggelontorkan dana hingga USD 4 juta.

Alex Gauna, seorang analis dari perusahaan riset JMP, menerangkan bahwa produk iPhone 6 dan juga Apple Watch merupakan produk-produk yang diprediksi akan laris di pasaran sehingga wajar jika pihak Apple sedikit jor-joran dalam mempromosikan keduanya.

Apple Inc sendiri juga sangat cermat dalam penayangan iklan iPhone 6 dan Apple Watch. Apple menyangkan iklan kedua produk baru andalannya pada jam-jam “prime time”, seperti pada acara televisi The Walking Dead, pertandingan bola basket NCAA, serta tayang pada acara kompetisi ajang pencarian bakat NBC bertajuk The Voice.

Pemilihan acara-acara prime time tersebut memang dimaksudkan untuk memaksimalkan penjualan iPhone 6 dan juga Apple Watch. Dengan banyaknya pemirsa TV yang menyaksikan acara seperti final NCAA, maka produk-produk Apple akan dikenal banyak orang. Jadi, biaya besar yang dikeluarkan oleh Apple memang tepat sasaran karena produk-produknya akan mendapatkan atensi yang tinggi dari publik.

iPhone 6 dan Apple Watch sendiri diprediksi akan meningkatkan total penjualan Apple hingga lebih dari 50 persen. Menurut beberapa analis pasar teknologi di Negeri Paman Sam, keuntungan Apple lewat kedua varian barunya tersebut diperkirakan akan mencapai USD 11 miliar. Baca juga Penjualan Apple Watch Juga Jadi Sasaran Calo dan Video dari iPhone Bisa Diunggah ke Twitter.

Top