Awas…!!! Ini Pertanda Android Terjangkit Malware

Tanda-Tanda Android Terjangkit Malware – Kawan Begawei pengguna Android? Sistem operasi yang satu ini, memang punya performa yang cukup menarik hati para pengguna gadget. Apalagi untuk anda, yang gemar “mengutak-atik” perangkat. Sifat Android yang open source, pastinya akan membuat anda betah berkutat dengan handset Android. Namun disisi lain, sifatnya yang terbuka, juga membuat “oknum-oknum jahat” munyusup dengan mudah. Sebut saja malware—sebuah sistem yang bersifat merusak.

tanda tanda android terjangkit malware

Tak sekedar merusak, malware pun menjadi begitu berbahaya, karena bisa mencuri data-data pribadi pengguna yang terekam di dalam perangkat. Jadi, sangat mungkin data-data yang seharusnya bersifat rahasia, seperti Pin untuk mengakses sektor perbankan, akan diketahui hacker. Berbahayakan?

Sebenarnya, ada hal-hal sederhana, yang menjadi pertanda masuknya malware ke perangkat Android anda. Yuk, kita cek satu per satu.

Performa handset menurun

Seperti hantu yang bergentayangam, malware bekerja dengan tak terlihat. Maka, otomatis perangkat Android anda terus bekerja, meskipun sebenarnya sedang tidak anda operasikan. Jadi wajar, jika performanya pun menurun.

Boros paket data

Sebagai sistem ilegal, jelas malware akan bekerja secara diam-diam. Secara tidak sadar, anda akan diarahkan pada  situs-situs promo yang tidak jelas, melalui situs palsu yang telah ia susupi. Kondisi ini jelas membuat paket data internet anda cepat habis. Malah terkadang, malware masuk melalui SMS yang tidak jelas juntrungannya. Ini jelas bakal menyedot pulsa.

Sering Mendapatkan Gangguan Pada Saat Melakukan Panggilan

Malware mobile dapat mempengaruhi panggilan masuk pada perangkat Android. Malware jenis ini, cukup mengganggu terutama pada saat terjadinya percakapan telepon. Gangguan yang ditimbulkan, misalnya adalah telepon tiba-tiba mati atau terdengar suara- suara aneh. Ketika gejala tersebut terjadi, yang jelas malware tidak lantas bisa dijadikan satu-satunya tersangka.  Bisa saja karena terjadi gangguan yang berasal dari operator.

Baterai boros

Yang satu ini adalah masalah sejuta umat pengguna gadget. Namun, baterai yang boros, bisa menjadi indikator menyusupnya malware. Dengan masuknya program jahat tersebut, perangkat Android terus-menerus beroperasi tanpa disadari. Maka, baterai pun akan cepat habis. Baca juga Smartphone Android Adalah Perangkat Teraman dan Giliran konser Musik yang Mengharamkan Tongsis.

 

Top