Apple akan Beli HERE Maps-nya Nokia?

Nokia Dirumorkan akan Lepas HERE Maps ke Apple – Salah satu perusahaan teknologi yang dulu sempat menguasai pasar mobile phone dunia, yakni Nokia, memang sedang mengalami fase kemerosotan. Setelah produk smartphone Nokia X-nya kurang diminati pecinta gadget dunia, kini muncul gosip baru bahwa perusahaan asal Finlandia itu akan melepas salah satu fitur andalannya ke perusahaan pesaingnya.

nokia-dirumorkan-akan-lepas-here-maps-ke-apple

Seperti dikutip dari Ubergizmo pada Kamis (23/4/2015), Nokia memang dirumorkan akan menjual aplikasi HERE Maps ke Apple. Rumor ini semakin kencang berhembus di dunia teknologi informasi sejak Nokia diketahui sedang mencari pembeli potensial untuk divisi HERE Maps.

Nah, Nokia akhirnya melihat bahwa Apple adalah salah satu calon pembeli yang sangat potensial. Kabar lain yang beredar menyebutkan bahwa Nokia siap melepas aplikasi HERE Maps pada perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS, itu seharga USD 3,2 miliar.

Nominal USD 3,2 miliar ini sebenarnya adalah penurunan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan harga yang harus Nokia keluarkan untuk membeli aplikasi HERE Maps. Pada medio 2008 lalu, Nokia harus merogoh kocek hingga USD 8,1 miliar guna mengakuisisi HERE Maps. Salah satu alasan yang akhirnya memuat Nokia punya gagasan untuk menjual HERE Maps adalah inflasi yang terlalu besar.

Selain itu, ternyata Nokia tidak hanya “menjajakan” divisi HERE Maps pada Apple Inc saja. Menurut beberapa sumber, Nokia juga menyasar perusahaan lain, seperti Amazon dan juga Facebook, yang memiliki potensi untuk membeli HERE Maps. Namun ternyata tak hanya Amazon dan situs jejaring sosial di bawah naungan Mark Zuckerberg itu saja yang menjadi incaran Nokia. Sejumlah perusahaan besar lain juga masuk dalam “potential buyer” untuk HERE Maps. Perusahaan macam Baidu, Sirius XM, hingga Harman International Industries juga menjadi incaran Nokia.

Namun, dari semua perusahaan besar tersebut, para petinggi Nokia masih menganggap Apple-lah yang paling potensial untuk membeli HERE Maps. Sebenarnya, Apple juga telah memiliki aplikasi pemetaan sendiri. Jika perusahaan yang kini berada di bawah komando Tim Cook itu benar-benar mengakuisisi tim HERE Maps milik Nokia, pihak Apple dinilai akan mampu memperbaiki dan mengembangkan aplikasi pemetaannya menjadi lebih baik. Baca juga YouTube Mobile Tak Bisa Lagi Diakses Menggunakan iPhone Lawas dan Qualcomm Gandeng Samsung Kembangkan Snapdragon 820.

Top