Android Adalah Perangkat Teraman dari Serangan Virus?

Smartphone Android Adalah Perangkat Teraman – Sudah menjadi rahasia umum, kalau saat ini banyak perangkat digital yang keamanannya semakin mengkhawatirkan. Apalagi, virus untuk perlengkapan digital pun semakin “cerdas”. Maka, memang sudah semestinya, para empunya OS membekali perangkatnya dengan kemampuan luar biasa untuk menjaga keamanannya. Hal itu juga yang dilakukan oleh Google. Dengan begitu, saat ini Google berani mengklaim bahwa perangkatnya jauh lebih aman, bahkan menjadi yang teraman. Bagaimana bisa?

android adalah perangkat teraman dari virus

Seperti yang kawan Begawei ketahui, OS besutan Google—Android, merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Artinya, pemilik bisa mengotak-atik perangkatnya, sehingga bisa berjalan sesuai keinginan si pemilik. Berbagai macam aplikasi dari banyak sumber pun bisa masuk. Jadi, pantas saja kalau keamanan Android menjadi dipertanyakan. Namun itu dulu. Jangan bandingkan Android yang sekarang, dengan yang ada lima tahun lalu. Hal itu terbukti dengan sebuah laporan yang diterbitkan Google baru-baru ini. Dalam laporannya, Google mengklaim bahwa jumlah perangkat Android yang terserang virus pada 2014, kurang dari 1 persen. Itu berarti, jumlah virus yang menyerang Android tahun lalu, turun 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa kebanyakan malware yang beredar bukanlah sesuatu yang besar, melainkan hanya hal yang bersifat mendasar. Kabar baik yang dibawa Google melalui laporan itu, lantas menjadi acuan Google, untuk terus melakukan perbaikan.

“Kami ingin memastikan bahwa Android adalah tempat yang aman, dan laporan ini membantu kami melihat apa yang kami lakukan tahun lalu dan apa yang bisa diperbaiki,” kata kepala insinyur Android Security, Adrian Ludwig.

Dengan mengacu pada sistem kerja tersebut, maka setiap saat, sistem keamanan pada Android pun semakin ditingkatkan. Tak tanggung-tanggung, saat ini lebih dari 25.000 aplikasi di Google Play Store telah diperbaiki. Google pun tengah rajin-rajinnya memperingatkan para pemilik aplikasi, tentang kerentanan keamanan.

Bicara soal keamanan perangkat, sebelumnya Apple disebut sebagai yang paling ketat, dalam urusan aplikasi. Memang tidak sembarang aplikasi bisa “menjebol’ pintu masuk iOS. Blackberry pun juga punya prestasi yang baik, pada sektor keamanan perangkat. Bahkan sebelumnya, vendor kenamaan—Samsung, bermitra dengan Blackberry untuk mengintegrasikan sistem keamanannya ke sistem keamanan Android Knox milik Samsung. Baca juga Giliran konser Musik yang Mengharamkan Tongsis dan Intel Kenalkan Processor Braswell.

 

 

Top