Akankah Sistem Komputer Benar-Benar Bisa Ambil Alih Otak Manusia?

Software Canggih Dikhawatirkan Akan Ambil Alih Fungsi Otak Manusia –  Sudah melihat sekuel kedua The Avengers yang berjudul Avengers : Age of Ultron? Jika sudah, pasti salah satu pertanyaan yang muncul di benak kamu setelah menonton film tersebut adalah : bagaimana jika di suatu masa yang akan datang kemajuan teknologi benar-benar mengambil alih otak manusia?

software-canggih-dikhawatirkan-akan-ambil-alih-fungsi-otak-manusia

Di film Avengers: Age of Ultron tersebut dikisahkan bahwa para jagoan Avengers harus berhadapan dengan sosok virtual yang dicipatkan oleh Tony Stark, Si Iron Man. Berkat kemampuannya dalam hal teknologi informasi dan juga didukung oleh perangkat canggih, di film itu Tony Stark diceritakan berhasil membuat sebuah artificial intelligence atau kecerdasan buatan yand dinamakan ‘Ultron’ dan menanamkannya pada sebuah robot yang menyerupai manusia.

Nah, setelah teknologi artificial intelligence (AI) dimunculkan pada film science-fiction Avengers: Age of Ultron, kini para pakar teknologi malah menjadi khawatir jika teknologi tersebut terus dikembangkan dan menjadi semakin canggih hingga akhirnya bisa mengalahkan kecerdasan manusia sendiri.

Seorang praktisi teknologi yang juga memandu acara “It’s Okay to Be Smart” di siaran televisi asal Amerika Serikat PBS, Joe Hanson, menjelaskan bahwa kecerdasan buatan sebenarnya sudah banyak dikembangkan dan diaplikasikan di banyak tempat. Produk-produk teknologi yang sudah menggunakan teknologi AI antara lain ; smartphone, sistem kalkulasi ekonomi, lampu lalu lintas, hingga jaringan listrik.

Jika dilihat secara fungsional, antara otak manusia dan AI memang bisa seimbang. Apalagi sistem komputer modern juga semakin cepat dan canggih. Meski memiliki sisi fungsional sama jika dilihat dari sisi hardware-nya, Hanson menambahkan, bahwa ada batasan yang menghalangi AI untuk benar-benar menyamai otak manusia, yaitu sisi software-nya.

Selama ini, kekhawatiran teknologi AI yang bisa mengancam peradaban manusia memang sudah disuarakan oleh banyak pihak, salah satunya adalah pendiri Microsoft, Bill Gates dan juga fisikawan Stephen Hawking. Mereka khawatir jika suatu saat nanti kecerdasan buatan atau AI akan melampaui kecerdasan manusia. Sementara itu, salah satu founder Apple, Steve Wozniak, berpendapat bahwa, kemajuan teknologi di masa depan bisa membawa dampak buruk bagi manusia. Wah! Kalau begini, bisa-bisa kisah Avengers: Age of Ultron akan berubah menjadi nyata? Bagaimana menurut kalian? Baca juga SK Telecom Hadirkan Prototipe Robot yang Digerakkan Manusia dan Peneliti Asal Massachusett Institute Technology Kembangkan Mouse Seukuran Kuku.

Top