Smartphone Murah, Strategi Samsung untuk Rebut Lagi Kejayaannya?

Samsung Terus Luncurkan Ponsel  Murah – Samsung memang sangat berjaya, dengan total penjualan produk smartphone yang fantastik. Belum lagi, perusahaan tersebut pasti mendapatkan keuntungan juga dari lini usahanya yang lain. Saat ini, gema keberhasilan Samsung itu pun masih sangat terasa. Tapi, memang tak bisa dipungkiri jika Samsung mulai dibayang-bayangi manuver vendor lain yang tak bisa diremehkan. Sebut saja Apple dan Xiaomi. Apple masih merangseg dengan ponsel premiumnya-iPhone. Sementara itu, Xiaomi sangat berjaya di kelas entry level. Maka tak heran jika akhir Januari 2015 lalu, “aksi” vendor-vendor tersebut membuat Samsung keog. Tercatat, keuntungan yang diraih Samsung turun sebesar 27% di seluruh operasional perusahaan. Padahal, tahun sebelumnya profit Samsung mencapai angka 5,3 triliun won atau USD 4,9 miliar.

Samsung rajin luncurkan smartphone murah

Menghadapi hal itu, nampaknya Samsung pun mencoba menjalankan langkah-langkah strategis. Perusahaan asal Korea Selatan itu, kini terlihat lebih “lunak” dengan meluncurkan smartphone-smartphone kelas menengah, bahkan bermain di entry level. Padahal, kawan Begawei tau sendiri, kalau sebelumnya Samsung adalah vendor yang rajin melempar produk-produk high-end.

Ponsel murah 4G LTE—Galaxy J1 adalah salah satu buktinya. Hanya dengan harga sekitar Rp. 1,6 jutaan saja, pengguna gadget bisa memboyong tipe tersebut. Samsung pun akan segera meluncurkan tipe tersebut ke pasaran Eropa dan Asia. Terbaru, Samsung juga akan melempar Samsung Galaxy Xcover 3 ke pasaran. Yang satu ini diposisikan sebagai smartphone kelas menengah. Kabarnya, handset ini akan dibanderol dengan harga dibawah 4 juta rupiah.

Aksi “melunak” yang dilakukan oleh Samsung itu, ternyata cukup terbaca sebagai usaha untuk mendapatkan kejayaannya kembali di berbagai negara. Hal ini dilakukan terutama di wilayah-wilayah yang membuat perusahaan itu merasa “keog” di mata para pengguna gadget. Kawan Begawei pasti tau, bahwa di China, manuver Xiaomi cukup membungkam langkah Samsung. Vendor yang satu ini berani meluncurkan gadget-gadget berkualitas, tetap dengan harga yang begitu bersahabat. Bahkan dengan metode flash sale, Xiaomi sukses menjual produk-produknya dengan begitu laris, bak kacang goreng. Mampukan Samsung mengembalikan kejayaannya, tanpa bayang-bayang kesuksesan vendor lain? Baca juga Lenovo MIIX 3, Harga 4,9 Jutaan dan Vendor Jam Tangan Pintar yang Menjadi Jawara Tahun 2014.

 

 

Top