Situs Ini Membeli Gadget Anda Yang Tak Berfungsi Lagi

Situs Untuk Jual Sampah Elektronik – Jika barang-barang elektronik termasuk gadget milik kawan Begawei rusak, dikemanakan benda-benda tersebut? Seperti layaknya sampah rumah tangga, barang elektronik yang sudah tak bisa dipakai, jika dibiarkan begitu saja bakal menumpuk. Ini jadi perhatian tersendiri, karena sampah elektronik atau e-waste, punya pengaruh yang berbahaya. Dalam setiap sampah elektronik, terkandung bahan berbahaya dan beracun (B3) penyebab pencemaran, jika tidak dikelola dengan baik.

menjual sampah elektronik

Menurut data dari Program Lingkungan Hidup PBB—UNEP, secara global e-waste tumbuh 40 juta ton setiap tahunnya. Sampah elektronik yang dimaksud antara lain adalah komputer, ponsel dan tablet, printer, kamera, televisi, mesin cuci dan air conditioner (AC). Dari sekian banyak jenis barang, ponsel dan komputer personal sebagai penyumbang terbesar. Sebenarnya, dengan tidak membiarkan sampah elektronik menumpuk di rumah kita, adalah salah satu langkah kecil yang baik. Tapi, saat ini kita masih sangat kesulitan untuk mencari tempat pembuangannya. Kenapa e-waste yang menumpuk itu tidak kita jual saja? Ini justru bakal memunculkan ekonomis kan?

Kawan Begawei, sebuah situs solusi digital, bakal menghargai sampah-sampah elektronik anda, sekalipun sudah tak berfungsi sama sekali. Adalah iSiaga, sebuah situs yang memungkinkan anda menjual barang elektronik tak terpakai. Dengan program bernama EcoCash,  tak peduli apakah barang elektronik tersebut berfungsi atau tidak, iSiaga akan membelinya. Nantinya, sampah-sampah elektronik itu bakal didaur ulang. Menarik kan?

Saat ini ada tiga pengepul barang bekas yang digandeng oleh iSiaga, untuk mendaur ulang perangkat elektronik yang masuk. Seperti yang dijelaskan oleh Strategic Advisor iSiaga, Amrit Gurbani.

“Kita tidak recycle sendiri. Ada tiga perusahaan recycle besar yang kerjasama dengan kita.Recycler yang kerjasama dengan kita ada di Bekasi, Jakarta Selatan dan Jembatan Lima,” kata pria yang juga menjabat sebagai CEO di Lighthouse Indonesia itu.

Nantinya, barang-barang yang sudah diterima akan dibongkar dan dipisah-pisahkan part di dalamnya. Nah, part-part itulah yang akan dijual oleh pengepul barang bekas. Selain ikut menjaga lingkungan sekaligus memberi nilai ekonomis bagi pelanggan, EcoCash juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Salah satu yang menarik adalah fasilitas jemput barang. Dengan begitu, kawan Begawei tidak perlu repot mengantar perangkat elektronik bekas yang akan dijual.

“Barangnya bisa kita jemput, lalu kita cek apakah sesuai dengan yang dijelaskan di telepon. Kalau sudah, kita akan transfer pembayarannya atau bisa juga memilih untuk didonasikan ke YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa),” imbuhnya.

So, sudah siap membersihkan rumah anda dari sampah-sampah elektronik? Segera hubungi iSiaga…!!! Baca juga Fitur Login Yahoo Tanpa Pasword dan Nokia 3310, Tipe Jadul yang Berkesan

Top