Rupiah Keog, Para Vendor Naikkan Harga Ponsel?

Rupiah Melemah, Vendor Belum Naikkan Harga – Saat ini, perekonomian Indonesia bisa dibilang sedang melewati fase yang cukup sulit. Hal itu dikarenakan beberapa hari terakhir, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS kondisinya sangat lemah. Bagaimana tidak? Saat ini 1 dollar AS dihargai hingga Rp. 13 ribu. Bahkan sudah menyentuh angka Rp. 13.300. Kondisi ini pastinya berpengaruh pada berbagai hal, terutama harga barang. Lalu bagaimana dengan nasib perdagangan gadget? Apakah para vendor sudah ambil langkah menaikkan harga barangnya? Berikut ini Begawei ajak anda, untuk melihat apa langkah yang diambil beberapa vendor, untuk menghadapi keognya rupiah kali ini.

rupiah keog ini reaksi para vendor

Kita mulai dengan Lenovo. Manufaktur yang berkampung halaman di China itu, ternyata masih sekuat tenaga menahan diri untuk menaikkan harga barang besutannya. Kondisi turunnya nilai tukar Rupiah terhadap dollar, masih akan dipantau oleh pihak Lenovo, untuk mengambil langkah selanjutnya. Hal itu sebagaimana yang dijelaskan oleh Adrie R Suhadi, Country Head Smartphone Devision Lenovo Indonesia kepada media.

“Belum ada rencana. Saat ini masih melihat seberapa sejauh mana pelemahan rupiah akan terjadi. Barulah kami akan me-review” ujar Adrie.

Di sisi lain, hal serupa juga dilakukan oleh vendor asal Taiwan—Asus. Setali tiga uang dengan Lenovo, keognya nilai Rupiah terhadap dollar AS, masih  pada tahap tak berpengaruh, pada penjualan gadget-gadget buatan Asus. Buktinya, melemahnya Rupiah akhir-akhir ini, tak menghalangi Asus dalam meluncurkan dua smartphone terbarunya di pasaran. Kedua tipe terbaru itu adalah New  Zenfone  4S atau smartphone dengan serial model ZF451CG  dan varian terbaru dari Asus Zenfone 5. Bahkan, pihak Asus tetap pede bahwa smartphone tipe barunya tersebut bakal diterima dengan baik, termasuk oleh konsumen di Indonesia dalam keadaan perekonomian saat ini sekalipun.

“Kedua smartphone baru ini kami harapkan mampu memenuhi kebutuhan pengguna dengan anggaran terbatas,” kata Juliana Cen, Country Product Group Leader, Asus Indonesia.

Kedua produk terbaru Asus itu sendiri, masih berada pada harga yang terjangkau. New  Zenfone  4S dibanderol Rp. 1,4 juta dan Asus Zenfone 5 tetap pada harga Rp. 1,8 juta.

Sementara itu, Juliana juga menjelaskan, meskipun kurs Rupiah melemah, namun harga produk-produk Asus diluar smartphone, seperti notebook, tablet, PC desktop dan All in One tidak mengalami kenaikan. Hal tersebut bisa terlihat pada pameran Mega Bazaar Consumer Show 2015 yang baru berakhir. Baca juga MacBook, Laptop Tertipis di Dunia dan Harga Asus Zenfone 2.

 

Top