Hati-Hati, Gamer Juga Bisa Diperas!

Berhati-hatilah, Gamer Juga Bisa Diperas – Apakah anda seorang gamer? Jika iya, maka mulai sekarang berhati-hatilah apabila anda sering bermain game di Personal Computer atau PC yang dapat berupa PC Desktop maupun PC Notebook.

Gamer Juga Bisa Diperas

Saat ini dengan makin berkembangnya dunia teknologi informasi dan komunikasi yang makin pesat memang memberikan celah keamanan yang makin besar untuk terjadinya tindakan criminal. Para pelaku tindakan kriminal di dunia Cyber atau dikenal dengan Cyber Crime yang dilakukan oleh  Hacker makin marak saat ini terbukti telah merugikan berbagai pihak. Bahkan kerugian yang ditaksir dapat mencapai jutaan dollar selama bertahun-tahun, sejak internet di temukan.

Baru-baru ini diketahui para Hacker atau sejenisnya telah berkembang dengan memiliki kemampuan membajak para pecandu game atau gamer khususnya mereka yang bermain permainan elektronik di perangkat computer.

Sesuai informasi yang dilansir dari laman Businessinsider, Jumat (13/3/2015) menyatakan bahwa sebelumnya pemerasan yang dilakukan oleh Hacker di sistem Bitcoins disebut dengan Ransomware. Pemerasan tersebut ternyata dilakukan dengan cara apabila pengguna internet mengunjungi suatu halaman yang telah di retas oleh Hacker atau juga bisa dengan cara mendownload sebuah file jahat yang di kamuflasekan oleh Hacker sehingga akan otomatis mengenkripsi file di lomputer. Di mana apabila hal tersebt telah terjadi maka Hacker akan mengambil semua data penting yang ada di komputer dengan cara di enkripsi. Sehingga mereka hacker dapat memeras pengguna yang telah terjebak dengan cara membayar sejumlah uang untuk ditransfer ke rekening yang ditentukan agar file yang di dapatkan tidak bocor.

Baru-baru ini ditemukan hal yang serupa, namun bedanya pada hiburan permainan. Dari informasi yang diteliti oleh dua peneliti keamanan yakni Vadim Kotov dari Bromium Labs menyatakan bahwa mereka telah menemukan jenis malware yang bernama Ransomware dengan versi baru. Malware tersebut dapat masuk kedalam file Flash melalui celah keamanan Internet Explorer yang mana targetnya adalah sebuah video game. Sehingga jika pengguna terjebak memainkan game tersebut akan terkena hal serupa di atas. Bedanya jika gamer ingin memainkan game tersebut kembali, maka gamer harus membayar sejumlah uang yang ditentukan. Baca juga Nokia Akan Kembalikan Aplikasi Here Maps di iOS dan Program Bonus Pulsa Menggiurkan dari Indosat.

Top