Hati-hati…! Ditemukan, Program Jahat di Xiaomi Mi4

Ditemukan Program Jahat di Xiaomi Mi4 – Xiaomi Mi4, yang telah diperkenalkan sejak pertengahan tahun lalu dan sudah meluncur ke pasaran, ternyata ditemukan bermasalah. Salah satu smartphone andalan Xiaomi itu, ditemukan membawa beberapa program jahat.  Adalah sebuah perusahaan keamanan bernama BlueBox, yang melakukan pengetesan terhadap Xiaomi Mi4 dan menemukan beberapa malware sekaligus.

ditemukan program jahat pada xiaomi mi4

Dalam unit Xiaomi Mi4 yang langsung dibeli dari pasaran, BlueBox melakukan pengujian malware menggunakan berbagai aplikasi dan antivirus. Hasilnya cukup mencengangkan, karena BlueBox mengaku menemukan setidaknya ada enam program berbahaya yang tertanam dalam sistem di Mi4 baru tersebut. Adapun program-program jahat tersebut berupa malware, adware yang “menyamar” sebagai aplikasi tersertifikasi Google dan trojan, yang biasanya digunakan untuk mengambil kontrol perangkat korbannya. Program-program jahat itu pun, dikatakan BlueBox mampu menampilkan iklan tak diinginkan dan mengambil alih perangkat korbannya. Salah satu dari sekian program jahat yang terdeteksi dan mampu melakukannya, terindikasi bernama “Yt Service”.

“Perangkat (Xiaomi Mi4) tersebut rentan dari semua ancaman yang kami pindai,” tulis Andrew Blaich, pimpinan analis keamanan BlueBox.

Sebelumnya muncul dugaan, bahwa perangkat Mi4 yang terdeteksi membawa berbagai macam malware itu merupakan perangkat palsu. Namun BlueBox menjelaskan bahwa keasliannya bisa dipertanggungjawabkan, alias bukan Mi4 tiruan. BlueBox pun mengaku telah menguji keaslian dari perangkat tersebut menggunakan “Mi Identification”.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi kembangan Xiaomi sendiri. Gunanya untuk mengidentifikasi keaslian produknya. Meski terdeteksi sebagai perangkat Xiaomi asli, berbagai spekulasi tetap muncul. Salah satunya adalah kecurigaan bahwa Mi4 yang didapatkan oleh BlueBox, sudah dibajak oleh pihak ketiga sebelum dijual. Dugaan tersebut muncul ketika BlueBox menemukan bahwa signature aplikasi di perangkat tersebut berbeda dari signature Xiaomi. Lantas mana statement yang benar?

Diluar berbagai spekulasi yang beredar, yang jelas BlueBox tak hanya menemukan beberapa malware yang membahayakan. Namun MIUI, sistem operasi yang digunakan di Mi4 belum disertifikasi oleh Google,  sehingga sangat rentan terhadap berbagai serangan. Ditemukan juga berbagai lubang keamanan yang terkait dengan OS Android versi lama. BlueBox menduga, OS yang digunakan di Mi4 masih merupakan perpaduan dengan Android versi lama. Demikian seperti yang ada pada catatan BlueBox.

Benar atau tidak temuan ini, yang jelas kita tetap wajib waspada. Banyak pihak dengan masing-masing kepentingan, bisa saja melakukan berbagai tindakan untuk memenuhi kepentingannya. Baca juga Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi4 dan Berhati-hatilah, Gamer Juga Bisa Diperas.

 

 

 

Top