Harga Samsung Galaxy Xcover 3 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Xcover 3 –  Beberapa waktu lalu, dominasi Samsung memang mendapat perlawanan lebih kuat dari produk-produk besutan Apple dan Xiaomi. Atas perlawanan itu, profit yang diraih Samsung pun  dilaporkan turun sebesar 27% di seluruh operasional perusahaan. Padahal, tahun sebelumnya profit Samsung mencapai angka 5,3 triliun won atau USD 4,9 miliar. Walaupun  begitu, Samsung masih begitu gagah berdiri di jajaran paling depan sebagai vendor yang produknya laris manis. Hal itu dibuktikan dengan terus disodorkannya produk-produk yang membawa kemampuan yang begitu berkualitas. Terbaru, manufaktur asal Korea Selatan itu meluncurkan Samsung Galaxy Xcover 3 sebagai jagoan baru mereka. Agak berbeda dengan produk-produk sebelumnya yang begitu lekat dengan bodi bongsor, ponsel pintar rilisan terbaru ini hadir dengan memboyong layar 4.5 inci saja. Kawan Begawei yang memang merindukan smartphone yang ukurannya sedang-sedang saja, Samsung Galaxy Xcover 3 bisa jadi pilihan yang oke. Tipe terbaru dari generasi Galaxy yang akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2015 ini juga membawa serta penyimpanan internal 8 GB yang upgradable hingga ukuran 32 GB. Kemempuan storage yang dimiliki Samsung Galaxy Xcover 3 tersebut pastinya bakal menjadi asisten yang mumpuni untuk merapikan berbagai macam file yang anda miliki. Bagaimana, sudah mulai penasaran dengan tipe baru besutan Samsung ini?  Tetap bersama Begawei untuk mengenal Samsung Galaxy Xcover 3 secara lebih dalam.

samsung galaxy xcover 3

Kali ini, Samsung “bermain” di kelas menengah. Jadi bisa dibilang, produk Samsung Galaxy Xcover 3 kali ini adalah handset yang tepat bagi anda yang begitu ingin merasakan teknologi ala Samsung yang terkenal berkualitas, tapi dengan harga yang tidak begitu menguras kocek seperti pada produk Samsung kelas atas. Untuk smartphone kelas menengah, keberadaan RAM dengan kapasitas 1.5 GB yang tertanam pada Samsung Galaxy Xcover 3 menjadikan varian Galaxy terbaru ini bisa diandalkan dari segi kinerja. Jika dibandingkan dengan produk Samsung di kelas atas, memang kapasitas tersebut masih kalah. Tapi 1.5 GB untuk RAM bukan angka yang jelek. So, kawan Begawei tak perlu khawatir dengan kinerja smartphone ini karena RAM 1.5 Gb tersebut bakal membantu ponsel anda untuk bekerja dengan baik. Samsung Galaxy Xcover 3 juga menawarkan OS Android KitKat sebagai pusat untuk memperoleh banyak sekali aplikasi yang seru. Bahkan Samsung berencana agar sistem operasi pada Samsung Galaxy Xcover 3 ini nantinya bisa diupgrade ke versi terbarunya, yaitu Lollipop. Kalau sudah bicara soal Android Lollipop, maka tak perlu ragu lagi, kawan Begawei bakal punya pengalaman yang lebih seru di dunia Android. Nah, ingin tau lebih banyak hal lagi tentang spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Xcover 3 ini? Ini dia informasi detailnya untuk anda.

hp samsung galaxy xcover 3

Spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3

Didesain untuk Segmentasi Pengguna yang Aktif Outdoor

Seperti yang sudah sedikit Begawei singgung di awal tadi, secara fisik spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3 memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Digawangi oleh capacitive touchscreen berukuran 4.5 inci, handset ini menjadi lebih mudah dioperasikan, karena pengguna tidak begitu direpotkan dengan ukuran bodinya. Dengan kemampuan multitouch yang memang melekat pada capacitive touchscreen-nya, Samsung Galaxy Xcover 3 jadi memiliki kemamuan untuk dikendalikan melalui multi jari. Sementara soal visual yang dihadirkan oleh layar sentuhnya, resolusi 480 x 800 pixels dan kerapatan layar 207 ppi pixel density berpadu dengan beragam warna yang jumlahnya hingga 16 M. Hasil kolaborasi itu menyajikan visual yang dihasilkan ponsel pintar ini menjadi cukup baik walaupun memang belum bisa sedetail layar yang memiliki kerapatan lebih besar lagi. Dengan desain yang hanya memiliki satu pilihan warna, yakni abu-abu, Samsung Galaxy Xcover 3 dibekali dengan berbagai sertifikat yang membuat fisiknya begitu handal. Sertifikat IP67 yang melengkapi ponsel ini membuatnya anti debu dan anti air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit. Menakjubkan bukan? Kini untuk sekedar membawa smartphone anda “bermain” air, bukan menjadi hal mustahil. Tapi jangan lupa, bukan berarti Samsung Galaxy Xcover 3 ini bakal tahan untuk dibawa menyelam. Sertifikat IP67 hanya melindungi gadget ini terhadap kasus-kasus ringan, misalnya terciprat air, atau sekedar tercelup pada genangan air. Selain IP67, terdapat juga Setifikat MIL-STD-810G yang melindungi Galaxy Xcover 3 dari garam, debu, kelembaban, hujan,  getaran dan radiasi matahari. Lebih dari itu, MIL-STD-810G juga membuat spesifikasi Galaxy Xcover 3 punya ketahanan terhadap thermal shock resistant atau perubahan temperatur secara mendadak. Jadi, handset ini memang sangat cocok untuk kawan Begawei yang suka beraktivitas outdoor. Woooww…!!! begitu canggih ya?

Mengandalkan RAM 1.5 GB dan Android KitKat

Kawan Begawei yang memang lebih banyak beraktifitas di outdoor sepertinya sudah mulai melirik handset yang satu ini. Eiiittsss…!!! tunggu dulu! Handal atau tidaknya sebuah handset tak hanya dilihat dari desain dan ketangguhan fisiknya saja kan? So, yuk kita lihat dulu bagaimana tenaga yang dihasilkan oleh mesin-mesinnya.  Untuk smartphone kelas menengah, spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3 dilengkapi komponen-komponen yang cukup baik. Prosessor yang digunakan merupakan mesin dengan empat inti atau quad-core cortex-A53 yang bisa dipacu hingga kecepatan 1.2 Ghz. Mesin dalam tubuh Samsung Galaxy Xcover 3 tersebut bertandem dengan chpset Marvell Armada PXA 1908. Komponen-komponen tersebut juga dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 1.5 GB sehingga menghasilkan tenaga yang cukup untuk operasional handset, walaupun belum tergolong maksimal. Sementara itu, sistem operasi Android KitKat menjadi pust berpikir bagi Samsung Galaxy Xcover 3 besutan vendor asal Korea ini. Kehadirannya membuat mesin menjadi lebih bertenaga sehingga membuat multitasking yang ada berjalan dengan lebih baik. Nantinya, Samsung juga akan memberikan upgrade OS kepada Samsung Galaxy Xcover 3 ke versi Robot Hijau terbaru, yakni Lollipop. Dengan versi terbaru, kawan Begawei bakal bisa menikmati performa ponsel dengan lebih dahsyat karena fitur-fitur yang dihadirkan juga lebih canggih. Soal pengaturan grafis, Begawei belum bisa memastikan GPU apa yang digunakan. Tapi diperkirakan, kartu grafis yang akan digunakan sebagai bagian spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3 juga sesuai dengan kelas ponsel karena hal tersebut pasti akan mempengaruhi harga pasarannya.

spesifikasi samsung galaxy xcover 3

Memori Besar Hingga 32 GB

Apa yang kawan Begawei pikirkan soal kapasitas memori pada ponsel anda? Buang jauh-jauh keluhan anda soal kapasitas ciut yang dahulu menjadi andalan ponsel jadul anda. Era smartphone membawa kita pada kapasitas memori yang besar. Maka tak perlu lagi harus mengkhawatirkan file-file anda akan tercecer dan tidak “terangkut” karena spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3 menjadi jaminan terakomodasinya file-file anda. Bicara soal kapasitas memori yang besar, itu juga yang menjadi andalan Samsung Galaxy Xcover 3 edisi teranyar ini. Handset ini dibekali memori internal dengan kapasitas mencapai 8GB. Kapasitas penyimpanan bawaan smartphone Samsung tersebut juga masih bisa anda maksimalkan ke ukuran yang lebih besar.  Bantuan card slot pada spesifikasi Galaxy Xcover 3 berupa microUSB akan membantu anda untuk mengekspansi kapasitas memori tersebut sampai kapasitas 32 GB.

Dual Digital Camera dengan Resolusi 5 MP dan 2 MP

Kawan Begawei yang sedari tadi sudah menunggu lini fotografi dalam spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3, inilah saat yang paling ditunggu-tunggu! Seperti halnya kebanyakan tipe smartphone lain, Samsung Galaxy Xcover 3 dibuat dengan mengandalkan dua buah kamera digital. Masing-masing ditempatkan pada sisi belakang dan depan ponsel. Keduanya pun memiliki kemampuan yang bisa diandalkan. Pada sisi belakang Samsung Galaxy Xcover 3, terdapat kamera utama 5 MP. Kamera tersebut memang belum sebesar kamera pada produk-produk premium Samsung lainnya. Namun hal itu menjadi wajar karena kamera yang dihadirkan pastinya disesuaikan dengan kelas yang dihuni. Kamera utama tersebut mumpuni untuk menghasilkan foto dengan resolusi 2592 х 1944 pixels. LED flash pun dihadirkan untuk menunjang performanya. LED flash dalam spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3 membantu anda untuk menyelesaikan problem pencahayaan. Sementar itu di sisi depan ponsel terdapat kamera 2 MP yang siap untuk menunjang kebutuhan selfie anda.

spesifikasi galaxy xcover 3

Konektivitas Handal dengan 4G LTE

Tidak terasa, kita sudah sampai di bagian konektivitas. Untuk yang satu ini, spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3 menawarkan koneksi 4G sebagai koneksi andalannya. Dengan kecepatan LTE pada jalur 4G, kawan Begawei akan bisa melakukan download dengan kecepatan luar biasa. Untuk keperluan mengunduh file, Samsung Galaxy Xcover 3 bisa melaju dengan kecepatan mencapai 150 Mbps. Sementara itu, anda bakal bisa mengunggah file dengan kecepatan 50 Mbps. Lalu bagaimana dengan wilayah-wilayah yang belum tersentuh 4G? Tak perlu khawati. Samsung Galaxy Xcover 3 punya alternatif yang tak kalah berkualitas, yakni koneksi 3G. Kecepatan HSPA akan membawa anda menjelajah dengan cukup kencang bersama koneksi 3G. NFC  atau Near Field  Communication juga melengkapi spesies baru milik Samsung ini. NFC sendiri adalah  kemampuan  yang memungkin smartphone dan perangkat lain bisa berkomunikasi ketika di dekatkan. Kemampuan koneksi antar perangkat sendiri sekitar 4 inci. Di sektor navigasi, Samsung Galaxy Xcover 3 hadir lengkap dengan GPS dan A-GPS. Teknologi tersebut memiliki lebih banyak satelit pendukung sehingga navigasi bakal berjalan dengan lebih akurat. Kawan Begawei yang memang sering bermain dengan aplikasi pemetaan, pastinya akan sangat terbantu dengan kehadiran A-GPS. Koneksi bluetooth juga hadir pada spesifikasi Galaxy Xcover 3 juga bisa membantu anda mentransfer data ke perangkat lain. Sementara itu untuk mengkoneksikan handset ini via kabel, tersedia konektor microUSB.

Baterai Tangguh dengan Kekuatan 2200 mAh

Kapasitas daya baterai menjadi hal yang begitu penting untuk “kelangsungan hidup” sebuah smartphone. Karena jika tanpa daya, sebuah handset tak akan bisa berfungsi. Untuk melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3 terbarunya, pihak Samsung menyematkan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 2200 mAh. Karena layar sentuh pada Samsung Galaxy Xcover 3 ukurannya tidak terlalu besar, kapasitas baterai tersebut sangat mumpuni untuk menyuplai daya ke perangkat handset selama seharian penuh dengan penggunaan yang tidak melebihi batas. Nah, bahasan kita soal baterai dalam Samsung Galaxy Xcover 3 menjadi akhir bagian pada review kali ini. Kira-kira untuk detail spesifikasi Samsung Galaxy Xcover 3 yang tangguh dan berkelas tadi, berapa ya harga yang disodorkan oleh Samsung pada pelanggan? Yuk kita bahas kisaran harga di segmen selanjutnya!

Samsung Galaxy Xcover 3

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA
4G bands LTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600
(Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20)
Kecepatan HSPA, LTE
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, March
Status Coming soon. Exp. release 2015, Q2
Bodi
Dimensi 10 mm thickness
Berat 154 g (5.43 oz)
SIM Yes
– IP67 certified – dust and water resistant up to

1 meter and 30 minutes

– MIL-STD-810G certified – salt, dust, humidity, rain, vibration,

solar radiation, transport and thermal shock resistant

Layar
Tipe Capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.5 inches
Resolusi 480 x 800 pixels (~207 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.4 (KitKat), planned upgrade to v5.0 (Lollipop)
Memori
Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 8 GB, 1.5 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Yes
Video Yes
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Yes
Bluetooth Yes
GPS Yes, with A-GPS
NFC Yes
Radio TBC
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java Yes, via Java MIDP emulator
Baterai
Li-Ion 2200 mAh battery

Harga Samsung Galaxy Xcover 3

Kita kembali berhadapan dengan produk besutan Samsung. Kali ini yang jadi pembahasan adalah detail harga Samsung Galaxy Xcover 3 edisi paling gres. Membawa layar berukuran 4.5 inci saja, perangkat ini menawarkan ukuran yang pastinya tidak terlampau besar sehingga lebih nyaman dioperasikan. Performa dan komponen Samsung Galaxy Xcover 3 ini diklaim sangat cocok dengan kawan Begawei yang lebih aktif di area outdoor. Sertifikat IP67 yang melengkapi ponsel ini membuatnya anti debu dan anti air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit. Bahkan ponsel pintar ini juga merupakan gadget yang punya ketahanan oke terhadap perubahan suhu secara mendadak dengan adanya sertifikasi  MIL-STD-810G. Semua ketangguhan inilah yang mempengaruhi kisaran harga Galaxy Xcover 3 di pasaran. Fisik yang sangat handal untuk kondisi outdoor itu juga dilengkapi dengan dapur pacu yang lumayan baik dengan dukungan RAM 1.5 Gb dan Android KitKat yang akan bisa diupgrade ke versi terbarunya, Lollipop. Sementara itu di sektor penyimpanan, kawan Begawei bakal bisa menggunakan memori internal 8 GB, yang bisa diupgrade ke angka 32 GB. Untuk mengcover  kebutuhan fotografi, dengan kisaran harga Samsung Galaxy Xcover 3 yang lumayan mahal, anda akan mendapatkan gadget yang lengkap dengan dua buah kamera berkualitas, masing-masing 5 MP dan 2 MP. Dengan koneksi 4G LTE dan juga baterai kapasitas 2200 mAh, rasanya harga tinggi yang anda keluarkan akan terbayar lunas dengan kualitasnya. Nah, tak usah berlama-lama lagi, yuk kita cek perkiraan harganya!

hp samsung galaxy xcover 3

Samsung memang belum menyebutkan nominal resmi untuk harga Samsung Galaxy Xcover 3 di jajaran lansiran barunya. Namun beberapa sumber menyebutkan, handset ini berharga sekitar EUR 275. Nominal tersebut satara dengan kira-kira IDR 3,8 jutaan. Angka yang masuk kategori harga ponsel kelas menengah ke atas. Nah, harga Galaxy Xcover 3 memang masuk kategori tinggi karena pirantinya memang sangat berkualitas, seperti yang sudah kita bahas di atas tadi. Sebagai perbandingan, Lenovo Vibe Shot, yang menjadi tandingan Samsung Galaxy Xcover 3 lansiran terbaru, dilepas ke pasaran oleh Lenovo di kisaran Rp. 3 jutaan juga. Dengan spesifikasi yang hampir seimbang, harga Samsung Galaxy Xcover 3 memang sedikit lebih mahal karena kelengkapan fiturnya lebih menarik.

harga galaxy xcover 3

Kisaran harga Samsung Galaxy Xcover 3 juga sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan harga di pasar ponsel pintar Tanah Air yang grafiknya cepat berubah. Selain itu, faktor distribusi Samsung Galaxy Xcover 3 juga menjadi penentu nominal harga ke pasaran. Sebagai contoh, kisaran harga di Jakarta tentu akan berbeda dengan yang beredar di daerah. Dengan segmentasi pengguna yang aktif melakukan kegiatan outdoor, performa dan ketanggguhan yang ditawarkan Samsung dalam paket harga Galaxy Xcover 3 bisa menjadi pilihan bagi kawan Begawei yang memiliki aktifitas tinggi. Perpaduan antara kualitas dapur pacu bermesin quad-core cortex-A53 yang dipacu hingga kecepatan 1.2 Ghz dan layar berbalut IP67 lengkap dengan setifikat MIL-STD-810G, tentunya membuat anda tidak ragu lagi melakukan kegiatan yang membutuhkan partner ponsel pintar berkualitas mumpuni. Nah, dengan harga Samsung Galaxy Xcover 3 yang masuk level menengah ke atas tadi, kawan Begawei juga akan terpuaskan dengan performanya bukan? Baca juga review Lenovo Vibe Shot dan Sony Xperia E4.

Top