Harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 – Persaingan dunia gadget dan smartphone di dunia semakin ramai saja. Setiap vendor kelas dunia terus berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang berkualitas demi memuaskan dahaga publik pecinta teknologi. Kali ini, Sang Penguasa jagad gadget berbasis Android, Samsung, kembali muncul dengan varian tablet terbarunya. Perusahaan asal Korea Selatan ini semakin menegaskan eksistensinya dengan mengenalkan Samsung Galaxy Tab A 9.7 sebagai jagoan baru mereka di pangsa gadget berlayar lebar. Kemunculan Samsung Galaxy Tab A 9.7 seperti menjadi jawaban Samsung yang dominasinya mulai terusik oleh kompetitor mereka seperti Xiaomi, Lenovo dan tentu saja “saingan abadi” Apple. Tablet, yang rencananya bakal diluncurkan secara resmi di Tanah Air pada April 2015 ini, membawa serta Android Lollipop sebagai sistem operasinya. So, kawan Begawei pasti bakalan puas berseluncur di dunia Android menggunakan OS terbaru karya Google ini. Selain OS terbaru tersebut, Samsung Galaxy Tab A 9.7 juga hadir dengan kapasitas RAM yang terhitung besar, yakni 2 GB. Dengan persaingan yang sangat sengit tadi, Samsung Galaxy Tab A 9.7 akan menjadi pertaruhan Samsung apakah mereka akan meneruskan dominasinya, atau memang mulai goyah dengan kehadiran para kompetitor kelas dunia lainnya.

samsung galaxy tab a 9.7

Ditempatkan sebagai gadget kelas menengah ke atas, pastinya juga membuat Samsung Galaxy Tab A 9.7 dibekali dengan komponen-komponen berkualitas khas racikan Samsung. Selain sektor RAM yang sempat kita singgung di atas tadi, tablet terbaru Samsung ini juga hadir dengan sektor fotografi yang mumpuni. Kamera utama pada tablet terbaru ini memiliki resolusi 5 MP lengkap dengan fitur autofocus. Lini fotografi yang pada Samsung Galaxy Tab A 9.7 ini baru sebagian kecil dari fitur-fitur menarik nan canggih hasil racikan Samsung. Nah, penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 terbaru ini? Begawei sajikan review lengkapnya di segmen-segmen berikut ini.

tablet samsung galaxy tab a 9.7

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7

Tubuh Bongsor yang Mengusung Panel TFT

Kita awali proses “pembedahan”spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 pada sektor eksterior atau penampilan luarnya. Jika pada review sebelumnya Begawei sudah membahas Galaxy Tab A 8.0, maka tablet yang satu ini merupakan anggota keluarga baru dari generasi Tab A. Sektor layar Samsung Galaxy Tab A 9.7 hadir dengan memboyong layar berukuran 9.7 inci. Ukuran layar yang lebar tersebut memberikan kepuasan penggunanya karena akan mendapatkan tampilan layar yang jelas. Meski terhitung bongsor, tablet ini tetap nampak berkelas dengan sudut tumpul khas Samsung. Dengan ketebalan 7.5 mm, Samsung Galaxy Tab A 9.7 memiliki massa hingga 457 gram. Panel TFT yang dihadirkan untuk membesut layarnya semakin memberikan tampilan layar yang cukup tajam. Selain itu, tablet ini sudah membawa serta ragam warna hingga 16 M. Jadi, kualitas visual yang hadir pun lebih baik jika dibandingkan dengan layar LCD biasa. Untuk menyempurnakan tampilan layarnya, Samsung Galaxy Tab A 9.7 juga dilengkapi dengan layar yang memiliki resolusi 768 x 1024 pixels dengan kerapatan 132 ppi pixel density. Meski terhitung resolusi yang kecil dan ada potensi menampilkan gambar sedikit pecah, kawan Begawei tak perlu khawatir karena dukungan teknologi tinggi pada layar tablet terbaru Samsung ini akan menutupi kekurangan tersebut. Namun, patut disayangkan juga, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 pada sektor layar belum dilengkapi built-in screen guard sehingga kamu harus menambahkan pelindung layar tambahan untuk melindungi layarnya dari goresan.

Dapur Pacu Mengandalkan 2 GB RAM dan Android Lollipop

Saatnya kita melongok ke bagian dapur pacu, untuk melihat performa mesinnya. Teknologi tinggi pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 mengusung beberapa komponen mesin berkualitas sebagai penggerak dapur pacunya. Tablet ini menggunakan mesin dengan empat inti atau dikenal dengan quad-core. Mesin yang belum diketahui jenis chipsetnya ini, mampu dipacu hingga kecepatan 1,2 GHz. Dengan didampingi RAM berkapasitas 2 GB, prosessor yang ada pada Samsung Galaxy Tab A 9.7 akan menghasilkan multitasking yang cukup lancar. Dengan kapasitas RAM tersebut, kawan Begawei tak perlu ragu-ragu lagi untuk menginstall aplikasi-aplikasi dengan ukuran yang besar. Selain CPU dan RAM, performa mesin pada Samsung Galaxy Tab A 9.7 juga didukung oleh Android Lollipop sebagai sistem operasinya. Kalau kita bicara soal OS terbaru besutan Google ini, rasanya tak perlu ragu lagi soal performanya. Berbagai macam fitur canggih telah dihadirkan oleh OS tersebut, termasuk fitur yang membantu memacu kinerja mesin-mesinnya sehingga menghasilkan tenaga lebih. Untuk sektor utama permesinan ini, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 memang hadir dengan teknologi terbaik milik Samsung.

spesifikasi samsung galaxy tab a 9.7

Kapasitas Ruang Penyimpanan Data Berkapasitas 16 GB.

Meski diplot sebagai tablet kelas menengah ke atas, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 tidak serta merta hadir dengan kualitas yang pas-pasan. Hal ini dengan disematkannya internal memory berkapasitas sangat longgar, yakni 16 GB. Dengan ruang penyimpanan data Samsung Galaxy Tab A 9.7 yang luas ini, kamu tak perlu khawatir jika nanti akan cepat kehabisan space pada internal memory-nya. Sudah puas? Eits, tunggu dulu! Kapasitas tersebut bisa kamu temukan pada varian Samsung Galaxy Tab A 9.7 dengan koneksi WiFi Only. Sementara itu, untuk varian yang mengusung koneksi LTE, tersedia ruang penyimpanan dengan kapasitas lebih besar lagi, yakni 32 GB. Lebih lega, kan? Jika kamu merasa ruang sebesar itu belum cukup, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 juga dilengkapi dengan slat memory card tambahan untuk memperluas daya tampung pada ruang penyimpanan datanya.

Dual Kamera : 5 MP dan 2 MP

Untuk memenuhi kebutuhan fotografi yang sekarang sudah menjadi bagian dari lifestyle, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 hadir dengan dibekali dua kamera berkualitas. Sebagai kamera utama, disematkanlah kamera berukuran 5 MP di bagian belakangnya. Kekuatannya pun cukup handal untuk menghasilkan foto beresolusi 2592 х 1944 pixels. Kamera utama pada Samsung Galaxy Tab A 9.7 ini akan menghasilkan jepretan foto yang cukup baik. Selain fungsi fotografi tadi, kamera belakang pada Samsung Galaxy Tab A 9.7 juga bisa dialihfungsikan sebagai kamera untuk merekam video yang hasilnya juga cukup bagus. Kehadiran sebuah gadget rasanya tak lengkap jika tanpa kamera depan. Mau selfie atau groufie? Jangan khawatir! Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 pada lini fotografi juga dilengkapi dengan kamera 2 MP yang pastinya akan menunjang selfie kamu.

spesifikasi galaxy tab a 9.7

Hadir dengan Dua Varian Koneksi : WiFi Only atau 4G LTE

Beralih ke sisi konektivitas, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 hadir dalam dua model. Pada varian pertama, Samsung Galaxy Tab A 9.7 hadir dengan koneksi WiFi only. Jadi, untuk menggunakan tablet ini sebagai media berseluncur di dunia internet, kawan Begawei harus terhubung dulu dengan koneksi WiFi. Sementara itu, pada varian kedua, tablet terbaru dari Samsung ini hadir dengan mengusung koneksi 4G yang berlari begitu kencang melalui kecepatan LTE. Pada jalur ini, kawan Begawei bisa melakukan aktivitas downloading dengan kecepatan mencapai 150 Mbps. Sementara itu untuk mengunggah file, jalur 4G pada Samsung Galaxy Tab A 9.7 akan memiliki kecepatan maksimal hingga 50 Mbps. Selalin jangkauan seluler, tablet baru besutan Samsung ini juga hadir dengan kemampuan navigasi yang oke. Teknologi A-GPS dan GLONASS yang tersemat di dalamnya, membuat GPS Samsung Galaxy Tab A 9.7 memiliki performa yang jauh lebih baik daripada GPS biasa. Bantuan berbagai macam satelit yang tersebar memungkinkan navigasi berjalan dengan lebih lancar. Proses pendeteksian lokasi oleh Galaxy Tab A 9.7 pun berjalan dengan lebih cepat dan akurat. Selain itu, tablet ini juga dibekali koneksi Bluetooth 4.0 yang akan membantu kamu mentransfer file jarak dekat dengan kecepatan tinggi. MicroUSB 2.0 untuk koneksi antar perangkat juga hadir untuk melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 ini.

Baterai Powerful dengan Kapasitas 6000 mAh

Sebagai penutup dari “pembedahan” spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 ini, kita akan menilik sektor penunjang dayanya. Untuk menunjang kinerja mesin berkualitas dan OS terbaru tadi, bisa dipastikan bahwa tablet terbaru Samsung ini mengusung baterai dengan kapasitas daya yang besar. Sebagai sumber tenaga, Samsung Galaxy Tab A 9.7 hadir dengan baterai berjenis Li-Ion yang memang sudah jamak digunakan di kebanyakan tablet lainnya. Untuk kapasitasnya sendiri, Samsung menanamkan baterai dengan daya 6000 mAh. Daya sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk menopang kinerja tablet dengan spesifikasi yang sudah Begawai ulas tadi. Sektor dapur pacu dan OS Samsung Galaxy Tab A 9.7 memang menjadi sektor yang paling besar konsumsi dayanya, selain tentu dimensi layar yang lebar tadi. Ulasan mengenai sektor penunjang daya ini sekaligus mengakhiri ulasan Begawei tentang detail spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 9.7 ini. Bagaimana, menarik bukan? Nah, jika kawan Begawei sudah puas dengan spesifikasinya, Begawei juga akan memberikan ulasan harganya pada segmen berikutnya di bawah ini.

Samsung Galaxy Tab A 9.7

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA
4G bandsLTE
KecepatanHSPA, LTE
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, March
StatusComing soon. Exp. release 2015, April
Bodi
Dimensi7.5 mm thickness
Berat457 g (1.01 lb)
SIMYes
Layar
TipeTFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran9.7 inches
Resolusi768 x 1024 pixels (~132 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0 (Lollipop)
CPUQuad-core 1.2 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal16 GB (Wi-Fi)/ 32 GB (LTE), 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus
FiturGeo-tagging
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesYes
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetoothv4.0
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Ion 6000 mAh battery

Harga Samsung Galaxy Tab A 9.7

Berbekal spesifikasi yang mumpuni, kisaran harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 yang bakal dilepas Samsung ke pasaran memang dipatok di level menengah ke atas. Meski termasuk gadget kelas menengah ke atas, Samsung Galaxy Tab A 9.7 tetap dibekali dengan teknologi berkualitas. Mulai sektor dapur pacu mumpuni dengan RAM2 GB, kemudian dipadukan dengan OS Android Lollipop, memang menjanjikan kualitas pada penggunanya. Komponen-komponen mesin berkualitas dan juga sistem operasi terbaru inilah yang mempengaruhi kisaran harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 di pasaran. Selain itu, dengan bekal kapasitas internal memory dan pilihan koneksi yang bervariasi, juga semakin memperkuat daya saing dan harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 jika dibandingkan dengan produk-produk kompetitornya. Semakin penasaran dengan harganya?

harga samsung galaxy tab a 9.7

Dengan sasaran market kelas menengah ke atas, harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 memang terhitung masih mahal bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Ini juga masih ditambah dengan pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika yang kurang bersahabat. Namun, bagi mereka yang memang sebelumnya sudah terbiasa dengan gadget kelas ini, rasanya nominal harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 masih tetap bisa dijangkau. Pihak Samsung sendiri memang belum mengumumkan secara resmi nominal angka sebagai banderol Samsung Galaxy Tab A 9.7 ini. Namun, dari berbagai sumber yang Begawei himpun, kisaran harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 ini berada pada level EUR 330 atau setara dengan sekitar Rp. 4,7 jutaan. Harga yang masih termasuk tinggi untuk sebagian besar masyarakat Indonesia.

harga galaxy tab a 9.7

Nominal harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 memang disesuaikan dengan kualitas mesin dan kelegaan layar yang diusung oleh tablet ini. Kombinasi mesin berkualitas, lini fotografi mumpuni, dan pastinya dimensi layar yang pas memang menjadi faktor penarik minat pembeli pada Samsung Galaxy Tab A 9.7 ini. Kehadirannya pun juga hampir berbarengan dengan produk Samsung lainnya, yaitu Galaxy Tab A 8.0. Dengan spesifikasi yang selevel, harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 memang lebih tinggi karena faktor layarnya yang lebih lebar dari saudara kandungnya itu. Mesin bertenaga khas Samsung, kemudian tampilan luar yang bongsor namun tetap elegan, dan disempurnakan dengan adanya varian 4G LTE inilah yang coba ditawarkan vendor Negeri Ginseng itu lewat paket harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 yang berada pada level menengah ke atas ini. Bagi kamu yang membutuhkan partner berkualitas dan layar yang super lega rasanya tak perlu ragu merogoh kocek untuk gadget terbaru Samsung ini. Baca juga review Begawei mengenai Samsung Galaxy Tab 3 V dan Samsung Galaxy Tab A 8.0.

  • ahmadmaulana

    Samsung galaxy tab A 9.7 apa yah chipset nya dan pengolah grafis/gambar nya…..

  • WeKa

    bagus… cuma ga ada flash light di kamera, jd mikir dua kali :3 padahal udah jatuh cinta sm yg A 8.0

  • Theressa Destriana

    Bagus….Tapi emangnya yang samsung galaxy tab a 9.7 Internet nya harus pake wifi?
    tolong dijawab.☺

Top