Harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 – Hai para gadget freak! Masih mencari banyak referensi soal gadget? Sudah tepat jika kamu bersama Begawei. Apalagi, kali ini Begawei hadir untuk mengulas gadget terbaru dari vendor besar asal Korea Selatan, Samsung. Nah, kali ini Samsung bakal segera meluncurkan produk baru bertajuk Samsung Galaxy Tab A 8.0 sebagai generasi penerus seri Galaxy Tab sebelumnya. Gadget terbaru yang masuk dalam kategori tablet ini rencananya bakal resmi diluncurkan ke pasaran pada April 2015 mendatang. Kalau bicara soal Samsung, pasti kita tidak akan jauh-jauh dari gadget berkualitas tangguh dengan tampilan luar yang berkelas. Maklum saja, vendor asal Negeri Ginseng itu memang selalu menawarkan teknologi yang tidak sembarangan, termasuk pada Samsung Galaxy Tab A 8.0 seri terbaru ini. Maka tak heran, jika para penggemarnya pun tak enggan untuk merogoh kocek lebih dalam demi produk-produk Samsung. Tablet yang satu ini hadir dengan dua varian yang bisa kawan Begawei pilih. Varian pertama adalah Samsung Galaxy Tab A 8.0 dengan pilihan koneksi WiFi only. Pilihan yang satu ini begitu cocok untuk kawan Begawei yang memang rajin nongkrong di tempat-tempat berkoneksi WiFi. Sementara itu, varian lain adalah Samsung Galaxy Tab A 8.0 lengkap dengan koneksi 4G LTE. Yang satu ini jelas tak perlu diragukan lagi kecepatan koneksinya.

samsung galaxy tab a 8.0

Sedikit berbeda dengan saudaranya yang juga akan segera meluncur, yakni Galaxy Tab A 9.7, Samsung Galaxy Tab A 8.0 ditempatkan pada jajaran gadget berkelas menengah. Sehingga, jika dibandingkan dengan Galaxy Tab A 9.7, harganya akan lebih murah. Namun, bukan berarti Samsung Galaxy Tab A 8.0 tak dilengkapi dengan kemampuan yang mumpuni. Hal tersebut terlihat dengan adanya kapasitas penyimpanan yang begitu besar, yakni hingga 128 GB. Selain itu, Android Lollipop juga hadir sebagai sistem operasinya. Operation System racikan Google ini akan membuat Samsung Galaxy Tab A 8.0 menjadi tablet Android dengan kemampuan tinggi. Kawan Begawei yang memang membidik gadget dengan OS terbaru dari Google itu, tablet terbaru keluaran Samsung ini bisa jadi pilihan yang baik. Sudah penasaran ingin membedah teknologi apa saja yang ditawarkan Samsung lewat jagoan barunya ini? Kita bahas bareng-bareng detail spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 pada segmen-segmen di bawah ini.

tablet samsung galaxy tab a 8.0

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0

Visual Tajam dengan Layar TFT

Membahas soal spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0, rasanya tak akan begitu jauh dengan bahasan soal Samsung Galaxy Tab A 7.9. Keduanya memang diperkenalkan secara bersamaan. Dibandingkan dengan saudara tuanya itu, Galaxy Tab A 8.0 hadir dengan dimensi tubuh yang relatif lebih kecil. Hal tersebut jelas terlihat dari ukuran layarnya yang lebih kecil. Dengan layar berukuran 8.0 inci, Samsung Galaxy Tab A 8.0 membawa ketebalan 7.5 mm. Ukuran tersebut membentuk massa seberat 320 gram. Layar sentuhnya mengandalkan teknologi TFT. Walaupun dalam sektor ketajaman gambar, layar TFT menyuguhkan visual yang lebih tajam dari layar LCD biasa, namun TFT merupakan panel yang haus daya. Ini merupakan kelemahan utama layar TFT yang ada pada Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini. Tapi kawan Begawei tak perlu terlalu khawatir, karena sistem operasi yang tertanam pada tablet ini, memiliki fitur penghemat daya. So, akan sangat membantu kamu mengatasi kebutuhan daya yang besar pada layarnya. Layar Samsung Galaxy Tab A 8.0 yang merupakan jenis capacitive touchscreen itu, secara otomatis membawa kemampuan untuk mendeteksi multi jari melalui teknologi multitouch. Dengan resolusi sebesar 768 x 1024 pixels, berpadu dengan kerapatan 160 ppi pixel density, visual yang muncul bisa dibilang cukup baik. Karena kerapatan layar Samsung Galaxy Tab A 8.0 yang terbilang kecil, tak jarang akan memunculkan gambar yang sedikit pecah. Namun, kawan Begawei tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Karena dibalik kerapatan layar yang kecil tadi, Samsung Galaxy Tab A 8.0 dilengkapi teknologi visual berkualitas dengan adanya ragam warna hingga 16 M. Bergeser ke pelindung layar atau screen guard, sayangnya spesifikasi Galaxy Tab A 8.0 belum memiliki pelindung anti gores. Untuk yang satu ini, rasanya tidak begitu menjadi masalah karena di pasaran terdapat begitu banyak jenis pelindung layar yang bisa kamu pilih.

Multitasking Mulus dengan Android Lollipop

Sama seperti kebanyakan varian tablet hasil karya Samsung lainnya, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0 yang sedang kita bahas ini hadir dengan menggunakan komponen bermesin empat inti, atau quad-core. Prosessor yang memiliki clock speed 1.2 GHz tersebut bertandem dengan RAM berkapasitas 2 GB. Mesin Samsung Galaxy Tab A 8.0 akan menghasilkan tenaga yang cukup mumpuni untuk memacu segala aktifitas menggunakan tablet ini. Sementara itu, kehadiran Android Lollipop sebagai sistem operasinya membuat multitasking pada tablet ini berjalan lebih baik. Fitur-fitur yang dibawa oleh OS terbaru besutan Google itu juga jauh lebih menarik daripada versi sebelumnya. Namun, sayang sekali, Begawei belum memperoleh chipset dan kartu pengolah grafis atau GPU yang ditanamkan pada Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini. Diprediksi, Samsung tetap menanamkan teknologi terbaiknya untuk menyempurnakan lini dapur pacu tablet terbarunya ini. So, kawan Begawei tak perlu ragu pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0 karena reputasi Samsung yang memberikan jaminan kualitas di setiap produknya.

spesifikasi samsung galaxy tab a 8.0

Varian Internal Memory Beragam : 16 GB dan 32 GB

Untuk urusan ruang penyimpanan, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0 hadir dengan dua varian kapasitas penyimpanan, yaitu 16 GB dan juga 32 GB. Untuk kawan Begawei yang menjatuhkan pilihan pada Galaxy Tab A 8.0 dengan varian koneksi WiFi only, kamu bisa menikmati internal memory dengan kapasitas 16 GB. Sementara itu, jika kamu memilih Samsung Galaxy Tab A 8.0 dengan varian koneksi 4G LTE, ruang penyimpanan yang diberikan akan lebih besar, yakni 32 GB. Tapi, yang manapun pilihanmu, kapasitas internal memory Samsung Galaxy Tab A 8.0 tersebut bakal bisa kamu ekspansi hingga 128 GB. Dengan luasnya kapasitas sektor ruang penyimpanan pada spesifikasi Galaxy Tab A 8.0 ini, kamu tak perlu lagi takut tidak bisa menyimpan file-file penting di dalam gadget terbaru dari Samsung ini.

Kamera Berkualitas Bagus Meski Tanpa LED Flash

Saat ini, rasanya akan ada yang kurang jika sebuah gadget tidak dilengkapi lini fotografi yang berkualitas. Mengerti kebutuhan itu, Samsung menyematkan dua buah kamera digital pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini. Kamu bisa menikmati petualangan menarik di dunia fotografi dengan kamera utama sebesar 5 MP. Kamera yang terletak di bagian belakang Samsung Galaxy Tab A 8.0 tersebut membawa kemampuan untuk menghasilkan foto beresolusi 2592 х 1944 pixels. Dahsyat kan? Namun, sangat disayangkan karena tablet ini belum dilengkapi dengan LED flash. Jadi, kamu masih akan kesulitan jika harus mengambil obyek foto yang pencahayaannya kurang. Selain cukup lihai menghasilkan foto dengan resolusi mantap, kamera utama pada Samsung Galaxy Tab A 8.0 juga mampu menghadirkan rekaman video berkualitas. Selain kamera utama 5 MP, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0 juga dilengkapi dengan kamera depan 2 MP. Selfie bakal semakin asyik dengan tablet yang satu ini.

spesifikasi galaxy tab a 8.0

Koneksi Bervariasi, dari WiFi Only hingga 4G

Untuk urusan koneksi, spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0 hadir dengan koneksi lengkap. Kawan Begawei bisa memilih koneksi sesuai kebutuhan melalui dua varian tablet. Pada pilihan pertama, kamu akan disuguhi tablet dengan koneksi WiFi only. Itu artinya, kamu harus lebih rajin mengunjungi tempat-tempat berkoneksi WiFi untuk bisa berselancar di dunia maya dengan Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan sendiri koneksi WiFi melalui modem router sebagai koneksi WiFi alternatif. Varian Samsung Galaxy Tab A 8.0 berikutnya, hadir lengkap dengan membawa koneksi 4G LTE sebagai andalannya. Dengan koneksi tersebut, kawan Begawei bisa melakukan aktivitas download dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Mengunggah file juga bisa kamu lakukan menggunakan Samsung Galaxy Tab A 8.0 dengan kecepatan mencapai 50 Mbps. Sementara itu, untuk kamu yang aktif menggunakan gadget sebagai perangkat penunjuk arah, kamu bisa memanfaatkan GPS untuk keperluan navigasi. Kehadiran A-GPS lengkap dengan teknologi GLONASS sebagai pembaharu di sektor GPS, akan membantu kinerja navigasi pada Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini. Hal ini akan membuat kawan Begawei menjadi lebih mudah untuk menemukan arah. Selain koneksi jarak jauh tadi, kawan Begawei juga bisa memanfaatkan koneksi jarak dekat pada tablet ini. Di sektor konektivitas, spesifikasi Galaxy Tab A 8.0 juga dilengkapi dengan piranti Bluetooth v.4.0 dan slot microUSB yang akan membuat proses transfer data jarak dekat menjadi lebih mudah.

Baterai Super Capacity Berkekuatan 4200 mAh

Kita sampai di bagian akhir pembahasan spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini. Pada bagian ini, kita akan menengok kapasitas baterai pada tablet terbaru Samsung yang diperkirakan akan sangat diminati pembeli ini. Untuk menopang aktivitas Samsung Galaxy Tab A 8.0 hasil racikan terbarunya, Samsung menyematkan baterai dengan kapasitas 4200 mAh. Kapasitas tersebut cukup mumpuni untuk membawa Samsung Galaxy Tab A 8.0 sebagai partner beraktivitas seharian penuh. Namun, jika kamu memiliki aktivitas yang lebih banyak lagi, Begawei sarankan untuk membawa penyuplai daya cadangan mengingat tablet ini lumayan rakus dalam konsumsi daya. Nah, sampai disini, apa pendapat kamu soal spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini? Mulai penasaran dengan harganya? Yuk, kita bahas soal harganya di segmen selanjutnya.

Samsung Galaxy Tab A 8.0

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA
4G bandsLTE
KecepatanHSPA, LTE
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
PengumumanMaret 2015
StatusComing soon. Exp. release 2015, April
Bodi
Dimensi7.5 mm thickness
Weight320 g (11.29 oz)
SIMYes
Layar
TipeTFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran8.0 inches
Resolusi768 x 1024 pixels (~160 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0 (Lollipop)
CPUQuad-core 1.2 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal16 GB (Wi-Fi)/ 32 GB (LTE), 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus
FiturGeo-tagging
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesYes
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetoothv4.0
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Ion 4200 mAh battery

Harga Samsung Galaxy Tab A 8.0

Tablet varian terbaru hasil karya Samsung ini merupakan gadget bertubuh besar, sehingga dimasukkan dalam kelompok tablet. Untuk varian tablet, harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 dimasukkan dalam level kelas menengah. Dengan layar berukuran 8.0 inci yang diboyongnya, serta adanya panel TFT yang akan menyuguhkan visual mumpuni, kisaran harga Galaxy Tab A 8.0 nantinya akan sesuai dengan kualitas yang dibawanya. Pada bagian dalam mesinnya, Samsung Galaxy Tab A 8.0 diperkuat dengan RAM berkapasitas 2 GB yang berkolaborasi dengan prosessor empat inti dan OS Androis Lollipop. Tenaga yang dihasilkan pun cukup mumpuni, walaupun belum bisa disebut maksimal. Perpaduan komponen mesin berkualitas dan juga berbagai fitur kelas atas tadilah yang sedikit banyak mempengaruhi nominal harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 di pasaran. Ini belum lagi dengan adanya dua varian pilihan, yakni WiFi Only dan juga GSM 4G LTE. Nah, semakin penasaran dengan harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini?

harga samsung galaxy tab a 8.0

Samsung memang mengenalkan produk terbarunya ini dengan waktu yang hampir berbarengan dengan keluarnya produk serupa. Selain produk Galaxy Tab lainnya, ada juga Huawei MediaPad X2 dan Sony Xperia M4 Aqua. Kisaran harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 pun sangat kompetitif jika dibandingkan dengan saingannya tadi. Untuk menebus tablet terbaru ini, kamu harus merogoh kocek sebesar EUR 260 , atau jika dirupiahkan, nominal tersebut setara dengan harga Rp. 3,6 jutaan. Ini adalah kisaran harga Galaxy Tab A 8.0 untuk seri 4G LTE. Untuk yang versi WiFi only, nominal harganya diperkirakan tidak akan terpaut jauh dengan harga versi GSM-nya. Jika dibandingkan dengan kompetitornya tadi, misalnya Huawei MediaPad X2, tablet Samsung Galaxy Tab A 8.0 ini memang sedikit di atas angin karena dimensi layarnya yang lebih lebar. Dengan harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 yang masuk kategori menengah tadi, kehadirannya sungguh sangat cocok bagi kamu yang berkutat di dunia kerja atau bisnis dengan tuntutan harus memiliki partner gadget yang tangguh dan berkualitas.

harga galaxy tab a 8.0

Selain spesifikasi tangguh dan juga harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 yang terjangkau di kelas menengah tadi, kehadiran Samsung lewat jagoan barunya di varian tablet ini seolah ingin mempertegas dominasi pabrikan asal Korea itu sebagai leader di pasar Android smartphone dan tablet. Dengan brand yang begitu kuat di dunia gadget dan teknologi, tawaran harga Galaxy Tab A 8.0 di pasaran memang sangat menggiurkan bagi calon pembelinya. Bagaimana tidak, dengan harga kelas menengah, kawan Begawei bisa menikmati sajian berkualitas nan tangguh khas racikan Samsung. Meski ada beberapa catatan di beberapa sektornya, seperti bagian fotografi yang kameranya kurang maksimal, tetap saja Samsung Galaxy Tab A 8.0 akan menjadi primadona nantinya. Nah, seperti sudah Begawei singgung tadi, buat kamu yang ingin merasakan teknologi tinggi ala Samsung, kisaran harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 pastinya jadi opsi menarik untuk pilihan gadgetmu. Baca juga review menarik khas Begawei tentang Sony Xperia Z4 Tablet dan Huawei MediaPad X2.

Top