Harga Samsung Galaxy Tab 3 V dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab 3 V – Dominasi Samsung memang sempat sedikit goyah karena manuver vendor-vendor lain, seperti Xiaomi dan tentunya Apple, yang menyebabkan anjloknya penjualan Samsung. Tak tanggung-tanggung, sampai akhir januari 2015 lalu, laba yang diraih oleh Samsung turun hingga 27 persen di seluruh operasional perusahaannya. Dari pengalaman itu, Samsung pun mulai mengatur strategi baru. Sadar terlalu “arogan” dengan lebih sering mengeluarkan produk-produk premium, kini Samsung kembali menggarap ponsel murah untuk mengembalikan kejayaannya di dunia smartphone. Maka, dikenalkanlah Samsung Galaxy Tab 3 V yang ditujukan untuk pangsa pasar kelas menengah. Tablet 7 inci ini menawarkan beberapa keunggulan. Diantaranya adalah kapasitas internal memory 8 GB dan juga kamera utama 2 MP. Meski lini fotografi tidak sedahsyat ponsel pintar Samsung kelas premium, kamera Samsung Galaxy Tab 3 V cukup bisa diandalkan. Selain storage dan sektor fotografi tadi, Samsung juga menyematkan layar 7 inci yang akan memanjakan mata penggunanya. Dengan segmentasi Samsung Galaxy Tab 3 V yang diplot di gadget kelas menengah ke bawah, Samsung memang berupaya keras mengembalikan dominasinya di pangsa pasar gadget dunia lewat melempar produk-produk murah namun tetap berkualitas.

samsung galaxy tab 3 v

Seperti yang sudah Begawei singgung di awal tadi, vendor asal Korea ini menempatkan Samsung Galaxy Tab 3 V di jajaran gadget kelas low end. Sehingga perangkat yang satu ini menjadi senjata Samsung untuk mengambil hati para konsumen yang koceknya pas-pasan. Namun, dengan Samsung Galaxy Tab 3 V yang tergolong murah ini, kawan Begawei sudah bisa menikmati koneksi 3G dengan kecepatan sudah lumayan kencang. Kehadiran OS Android KitKat juga menjadikan perangkat ini punya performa yang bisa diandalkan. Jadi, kamu tak perlu ragu lagi untuk menjalankan berbagai macam aplikasi menarik melalui Samsung Galaxy Tab 3 V ini. Nah, untuk kamu yang sedang mencari gadget murah namun berkualitas, Begawei akan mengulas spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab 3 V secara lengkap melalui segmen-segmen di bawah ini.

tablet samsung galaxy tab 3 v

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V

Visual Kurang Memadai Tapi Dimensi Layar Cukup Lega

Kita bahas spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V mulai dari tampilan layarnya dahulu. Tablet yang satu ini didesain dengan dua pilihan warna klasik yang elegan, yaitu hitam dan putih. Dimensinya sendiri terbalut dengan layar berukuran 7 inci yang membentuk ukuran 193.4 mm x 116.4 mm x 9.7 mm. Dengan ukuran tersebut, tak heran jika Samsung Galaxy Tab 3 V memiliki massa seberat 322 gram. Tubuhnya memang standar ukuran tablet. Dengan tampilan yang cukup stylish ini, Samsung Galaxy Tab 3 V memang cocok untuk kamu yang memang lebih nyaman dengan gadget dengan ukuran layar yang lebar. Layar yang menjadi titik penting bagi operasional bagi gadget ini, merupakan  capacitive touchscreen yang secara otomatis membuat Samsung Galaxy Tab 3 V memiliki kemampuan multitouch cukup baik. Dengan begitu, gadget ini bakal bisa mendeteksi komando-komando melalui sentuhan oleh banyak jari pada layarnya. Panel yang digunakan pada layar 7 inci ini merupakan teknologi Thin Film Transistor atau TFT. Teknologi layar ini diklaim mampu menerima respon sentuhan dengan sangat cepat. Tampilan layar pada Samsung Galaxy Tab 3 V ini pun tergolong tajam, apalagi dibandingkan dengan layar LCD biasa. Namun, memang cukup disayangkan, panel layar TFT merupakan layar yang menyedot banyak daya baterai. Melongok lebih dalam pada kualitas gambar, layar pada Samsung Galaxy Tab 3 V  membawa resolusi 600 x 1024 pixels yang dipadukan dengan kerapatan 170 ppi pixel density. Ukuran kerapatan tersebut tergolong kecil. Jadi, tak heran jika visual yang ditampilkan oleh spesifikasi Galaxy Tab 3 V pada layarnya ini akan sedikit blur atau pecah. Selain itu, kawan Begawei juga harus menambahkan screen guard tambahan sebagai proteksi karena Samsung belum menyematkan teknologi antigores pada tablet anyarnya ini.

Mengandalkan Android KitKat dan RAM 1 GB

Saatnya kita membedah spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V di bagian mesin untuk melihat komponen-komponen apa saja yang ada pada dapur pacunya. Untuk menjalankan operasional gadget ini, Samsung menggunakan prosessor dengan empat inti atau quad core, yang dapat dipacu hingga 1.3 GHz. Untuk jenis chipset yang digunakan, Begawei belum mendapatkan informasi pasti mengenai chipset yang digunakan pada Samsung Galaxy Tab 3 V ini. Prosessor quad core tadi bertandem dengan RAM berkapasitas 1 GB. Hasil kolaborasi tersebut memunculkan tenaga yang cukup untuk memacu kerja gadget ini dengan kuat walaupun belum bisa disebut sebagai tenaga maksimal. Namun, kehadiran Android KitKat sebagai sistem operasi pada Samsung Galaxy Tab 3 V membantu mesin bekerja lebih baik. Jadi, kawan Begawei pun tak perlu ragu untuk menjalankan beberapa perintah sekaligus karena multitasking dipastikan akan berjalan lancar dengan baik melalui dukungan OS-nya. Masih di sektor dapur pacu, Begawei belum bisa mendeteksi secara pasti jenis kartu grafis yang digunakan dalam spesifikasi Galaxy Tab 3 V ini. Namun bisa diperkirakan, bahwa GPU yang digunakan akan disesuaikan dengan kelasnya.

spesifikasi samsung galaxy tab 3 v

Internal Memory Mencukupi dengan Kapasitas 8 GB

Sampai pada sektor ruang penyimpanan, kamu akan bisa memanfaatkan storage berkapaitas ekstra longgar yang hadir melalui spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V ini. Internal memory yang tersedia pada tablet ini berkapasitas 8 GB. Menurut Begawei, ukuran kapasitas pada Samsung Galaxy Tab 3 V tersebut sudah cukup untuk menampung rapi file-file kerja atau file hiburan milikmu. Namun, jika kawan Begawei masih membutuhkan tempat yang lebih luas untuk mewadahi file-file tersebut, internal memory yang ada pada Samsung Galaxy Tab 3 V ini masih bisa ditingkatkan lagi dengan menambahkan kartu external memory hingga mencapai 32 GB. Dijamin, spesifikasi Galaxy Tab 3 V pada ruang penyimpanan data ini akan membuat kamu bisa menyimpan file atau aplikasi yang berukuran besar.

Dua Kamera Digital Lemah Tanpa LED Flash

Kawan Begawei yang hobi jepret sana jepret sini untuk mengabadikan setiap moment, siap-siaplah untuk beraksi bersama kamera yang dihadirkan oleh spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V pada sektor fotografi ini. Tablet ini dibekali dengan dual digital camera. Pada sisi belakangnya, terdapat kamera 2 MP yang bisa menghasilkan foto beresolusi 1600 x 1200 pixels. Kamera utama pada Samsung Galaxy Tab 3 V tersebut juga memiliki kemampuan untuk melakukan perekaman video dengan hasil rekaman memilik resolusi 480 p pada 24 fps. Sementara itu, kamera sekunder pada Samsung Galaxy Tab 3 V merupakan kamera dengan ukuran yang sama dengan kamera primernya, yakni 2 MP. Namun sangat disayangkan, kedua buah kamera digital yang menjadi bagian dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V di lini fotografi ini sama-sama belum didampingi oleh LED Flash. Jadi, kamu akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengambil foto di tempat kurang cahaya.

spesifikasi galaxy tab 3 v

Koneksi Cepat di Jaringan 3G

Beralih ke spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V di sektor konektivitas, tablet ini bukanlah termasuk perangkat yang didukung oleh konektivitas super cepat 4G LTE. Namun, kamu tetap akan terbantu dengan adanya koneksi 3G yang dibawa oleh Samsung Galaxy Tab 3 V ini. Lewat jalur 3G, kamu akan bisa terkoneksi dengan internet melalui kecepatan HSPA. Selain mengandalkan 3G sebagai koneksi datanya, Samsung Galaxy Tab 3 V juga dilengkapi dengan koneksi WiFi yang bisa kamu gunakan di tempat-tempat yang ada koneksi WiFi-nya. Sementara itu, Samsung Galaxy Tab 3 V juga hadir dengan teknologi navigasi menggunaan GPS lengkap dengan teknologi GLONASS. Melalui teknologi navigasi ini, kawan Begawei bisa menemukan lokasi dengan cepat dan akurat. Sektor konektivitas pada spesifikasi Galaxy Tab 3 V juga dilengkapi dengan adanya slot microUSB untuk keperluan  transfer data antar perangkat, selain tentunya fitur Bluetooth untuk pemindahan data jarak dekat.

Baterai Medium Capacity dengan Daya 3600 mAh

Untuk bagian terakhir pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V ini, kita akan melihat besarnya kapasitas penunjang daya yang disematkan pada tablet terbaru ini. Sebagai gadget kelas menengah ke bawah, Samsung Galaxy Tab 3 V dibekali dengan baterai jenis Li-Ion sebagai penyokong dayanya. Baterai tersebut berkapasitas cukup besar, yakni 3600 mAh. Kapasitas tersebut sanggup bertahan hingga 18 jam untuk melakukan dan menerima panggilan di jalur 3G. Sementara itu, untuk menemani kamu mendengarkan musik atau bermain-main aplikasi, kapasitas baterai 3600 mAh pada Samsung Galaxy Tab 3 V tersebut sanggup bertahan hingga 71 jam. Kapasitas daya yang hadir melalui spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 V ini rasa-rasanya sudah lebih dari cukup untuk menemani aktivitasmu selama seharian penuh dengan penggunaan normal.

Samsung Galaxy Tab 3 V

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 900 / 2100
Kecepatan HSPA
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, March
Status Coming soon. Exp. release 2015, April
Bodi
Dimensi 193.4 x 116.4 x 9.7 mm (7.61 x 4.58 x 0.38 in)
Besar 322 g (11.36 oz)
SIM Yes
Layar
Tipe TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 7.0 inches (~61.3% screen-to-body ratio)
Resolusi 600 x 1024 pixels (~170 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.4 (KitKat)
CPU Quad-core 1.3 GHz
Memori
Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 2 MP, 1600 x 1200 pixels
Fitur Geo-tagging
Video 480p@24fps
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
GPS Yes, with GLONASS
Radio No
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Non-removable Li-Ion 3600 mAh battery

Harga Samsung Galaxy Tab 3 V

Bagaimana, kawan Begawei puas dengan ulasan mengenai spesifikasi tablet terbaru dari Samsung di atas? Sebelum Begawei informasikan mengenai kisaran harga Samsung Galaxy Tab 3 V, seperti biasa, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai gadget terbaru racikan Samsung ini. Mengandalkan panel layar TFT, Samsung Galaxy Tab 3 V memiliki kemampuan respon yang cepat terhadap sentuhan. Sementara itu, dapur pacunya dimotori oleh RAM dengan kapasitas 1 GB yang berpadu dengan prosessor berinti empat atau quad-core. Hadir juga sistem operasi Android KitKat, yang membuat kinerja mesinnya menjadi lebih baik. Nah, komposisi mesin inilah yang akan menentukan harga Galaxy Tab 3 V di pasaran. Di sektor ruang penyimpanan file, Samsung membekali jagoan barunya ini dengan internal memory sebesar 8 GB. Pada sektor fotografi, ada dual digital camera yang sama-sama berukuran 2 MP. Selain itu, di sektor koneksi, terdapat 3G sebagai koneksi andalan yang speed-nya cukup cepat. Dengan perpaduan mesin berkualitas dan kapasitas ruang penyimpanan longgar ini, kira-kira berapa ya harga Samsung Galaxy Tab 3 V di Indonesia?

harga samsung galaxy tab 3 v

Hadir sebagai gadget kelas menengah ke bawah, kisaran harga Samsung Galaxy Tab 3 V diprediksi berada pada angka dibawah Rp. 3 juta. Benar saja, dari berbagai informasi yang Begawei himpun dan disesuaikan juga dengan spesifikasinya, Samsung Galaxy Tab 3 V ini akan berbanderol pada kisaran harga EUR 130. Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, nominal harga Galaxy Tab 3 V tersebut setara dengan Rp. 1,8 jutaan. Harga yang sangat terjangkau bukan? Nah, bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman baru menggunakan tablet berkualitas, rasanya harga Samsung Galaxy Tab 3 V ini sangat pas di kocek kamu. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, kamu sudah bisa menikmati pengalaman seru bersama tablet terbaru dari Samsung ini.

harga galaxy tab 3 v

Dilepasnya harga Samsung Galaxy Tab 3 V dengan kisaran harga yang sangat murah ini memang menunjukkan bahwa Samsung kembali ingin menggarap kelas menengah ke bawah secara serius. Dengan desakan dari kompetitor yang semakin kuat, Samsung tak menutup mata dengan kembali mengeluarkan produk-produk murah namun tetap berkualitas, salah satunya dengan Samsung Galaxy Tab 3 V terbaru ini. Kalau produk lainnya, seperti Huawei Y635, menawarkan lini fotografi yang lebih baik, maka tablet Samsung terbaru ini hadir dengan kelegaan layar 7 inci-nya. Selain itu, harga Galaxy Tab 3 V yang sangat terjangkau ini dipastikan akan menambah nilai jual produk Samsung ini jika dibandingkan dengan kompetitornya. Kombinasi mesin berkualitas racikan Samsung, layar lega dengan dimensi yang pas, dan dukungan koneksi cepat 3G serta nominal harga Samsung Galaxy Tab 3 V yang bersahabat di kantong bisa menjadi jawaban bagi kamu yang sedang mencari gadget berlayar lebar dengan harga murah. Tertarik membawanya pulang? Baca juga review menarik khas Begawei tentang Samsung Galaxy Tab A 8.0 dan Samsung Galaxy Tab A 9.7.

Top