Spesifikasi dan Harga Microsoft Lumia 430 Dual

Spesifikasi dan Harga Microsoft Lumia 430 Dual – Nampaknya, nama “Lumia” mulai akrab di telinga gadget mania. Sejak diakuisisi oleh Microsoft, Lumia yang semula merupakan produk besutan Nokia memang telah bertransformasi dari Windows Phone kurang laku dipasaran menjadi smartphone yang dikenal jago di sektor fotografi. Kali ini, vendor di bawah naungan Microsoft Corporation ini mengenalkan varian baru dar seri Windows Phone mereka, yaitu Microsoft Lumia 430 Dual, sebagai jagoan baru serial Lumia. Dengan desain khas Lumia yang tidak neko-neko, Microsoft Lumia 430 Dual hadir untuk melengkapi penggemar gadget ber-OS Windows Phone yang semakin hari semakin bertambah. Handset yang satu ini hadir dengan pilihan warna yang fresh danbe pastinya punya ciri khas, yakni hitam dan orange. Selain membawa desain dan warna yang menarik, Microsoft Lumia 430 Dual juga menawarkan kualitas dan teknologi hasil racikan vendor yang lebih dulu dikenal sebagai pemilik program Windows ini.

microsoft lumia 430 dual

Ditempatkan pada jajaran smartphone kelas menengah ke bawah, Microsoft Lumia 430 Dual tetap hadir dengan komponen-komponen berkualitas meski dalam balutan serba minimalis. Mulai dari kapasitas internal memory yang menawarkan kelegaan ekstra sebesar 8 GB, ada juga kamera utama beresolusi 2 MP untuk menunjang lini fotografi. Selain itu, Microsoft Lumia 430 Dual juga dilengkapi dengan OS Windows Phone terbaru, yakni Windows Phone 8.1 yang bisa di-upgrade sampai versi 10 nantinya. Ponsel pintar ini juga hadir dalam balutan layar capacitive touchscreen dengan kekayaan warna hingga 16 M. Nah, penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Microsoft Lumia 430 Dual terbaru ini? Begawei punya ulasan khasnya di segmen-segmen berikut ini.

hp microsoft lumia 430 dual

Spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual

Layar 4 Inci dengan Visual Menawan

Mengawali ulasan spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual kali ini, kita akan melihat tampilan eksteriornya. Tersedia dalam pilihan warna yang menarik, yakni hitam dan oranye untuk bagina belakangnya, Microsoft Lumia 430 Dual hadir mengusung dimensi 120.5 mm x 63.2 mm x 10.6 mm dengan berat mencapai 127.9 gram. Melalui dimensi yang pas tersebut, generasi terbaru Lumia ini memang menyesuaikan dengan trend smartphone masa kini yang berukuran tidak terlalu besar. Layar minimalis tersebut merupakan capacitive touchscreen yang memungkinkan gadget ini peka dengan sentuhan beberapa jari atau multitouch. Beralih ke perkara visual, Microsoft Lumia 430 Dual kali ini memboyong ragam warna sebanyak 16 M sehingga visual yang dihasilkan memiliki warna yang detail, mendekati warna aslinya. Resolusi layar dengan ukuran 480 x 800 pixels yang ada pada Microsoft Lumia 430 Dual ini bertandem dengan kerapatan 235 ppi pixel density. Kombinasi teknologi layar pada spesifikasi Lumia 430 Dual ini dijamin akan semakin memanjakan penggunanya. Namun, ada catatan sedikit mengenai proteksi layarnya. Microsoft tidak menyertakan pelindung layar built-in sehingga penggunanya harus menambahkan pelindung layar tambahan untuk melindungi ponsel pintar ini dari goresan.

Mesin Bertenaga dengan Dukungan Penuh Windows Phone 8.1

Selain menyuguhkan desain yang menarik, ternyata spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual juga hadir dengan mesin yang cukup bertenaga untuk ukuran smartphone entry level. Mesinnya menggunakan prosessor berinti dua atau dual core Cortex-A7 yang memeliki clock speed 1.2 GHz. CPU tersebut berkolaborasi dengan chipset Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200 dan RAM 1 GB. Ketiga komponen dapur pacu Microsoft Lumia 430 Dual ini bekerjasama untuk menghasilkan tenaga yang mumpuni. Sementara itu, di sektor grafis terdapat Adreno 302 sebagai GPU atau pusat pengendali grafisnya. Dengan RAM berkapasitas 1 GB, kartu grafis tersebut menghasilkan kinerja grafis yang cukup baik untuk menyajikan grafis bagi penggunanya. Selain komponen-komponen tersebut, Microsoft Lumia 430 Dual juga dilengkapi dengan sistem operasi tangguh besutan Microsoft, yakni Windows Phone 8.1. Dalam situs resminya, Microsoft mengklaim bahwa OS tersebut akan sangat membantu pengguna smartphone ini untuk menjalankan multitasking dengan begitu mudahnya. Microsoft menambahkan, mereka juga berencana untuk menyediakan upgrade OS sampai dengan Windows Phone 10 untuk menunjang komponen-komponen dalam spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual agar mampu bekerja semakin optimal.

spesifikasi microsoft lumia 430 dual

Kapasitas Internal Memory yang Longgar dan Upgradeable

Bicara soal kapasitas penyimpanan data, vendor dibawah jaringan usaha milik taipan Bill Gates tersebut juga melengkapi spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual dengan ruang penyimpanan data berkapasitas besar, yakni 8 GB. Kapasitas ruang sebesar ini akan sangat berguna untuk kamu yang ingin menyimpan aplikasi atau file berkapasitas besar ke dalam Microsoft Lumia 430 Dual ini. Jika kamu masih belum cukup dengan ruang ekstra longgar tersebut, Microsoft Lumia 430 Dual juga menyediakan slot microSD yang bisa ditambahkan dengan kartu memori berkapasitas maksimal 128 GB. Adanya ruang berkapasitas besar pada spesifikasi Lumia 430 Dual memang bertujuan untuk mengakomodasi penggunanya agar bisa menyimpan file-file atau aplikasi penting dalam satu gadget saja.

Kamera Di Bawah Standar, Namun Tetap Fungsional

Bergerak ke sektor fotografi, publik sepertinya akan kecewa dengan spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual di sektor ini. Patut disayangkan, dengan dapur pacu berkualitas tadi, Microsoft tidak menyematkan kamera-kamera mumpuni untuk mengimbangi kualitas mesinnya. Hal ini tentu merujuk lagi pada segmentasi Microsoft Lumia 430 Dual yang diperkirakan berada pada level menengah ke bawah. Namun, meski lini fotografinya tidak semewah Lumia level atas, Microsoft Lumia 430 Dual tetap membawa kamera yang fungsional. Pada sisi depan, terdapat kamera digital beresolusi 2 MP. Dengan kemampuan kamera tersebut, kamu bisa menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang cukup baik. Hasil jepretan fotonya beresolusi 1600 x 1200 pixels. Sementara itu, rekaman video yang dihasilkan memiliki resolusi 480p pada 30fps. Hasil yang lumayan bagus, meski tidak setajam foto jepretan Lumia varian premium. Sebagai pelengkap spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual di sektor fotografi, ditempatkan juga kamera VGA di bagian depan. Meski terbilang mengecewakan juga, setidaknya kamera sekunder ini tetap bisa diandalkan untuk selfie.

spesifikasi lumia 430 dual

Dual SIM Mengandalkan Koneksi 3G

Masuk ke sektor, konektivitas, spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual hadir untuk kamu yang menginginkan ponsel pintar dengan kemampuan 2 jaringan aktif. Kedua slot SIM Card pada Microsoft Lumia 430 Dual akan aktif sekaligus. Namun, untuk keperluan sambungan data, SIM1 akan meng-cover koneksi 3G. Pada jalur tersebut, kamu bisa menjelajahi dunia internet dengan jaringan HSPA menggunakan Microsoft Lumia 430 Dual ini. Kawan Begawei bakal bisa men-download file dengan kecepatan mencapai 4.2 Mbps. Sementara itu, keperluan uploading akan berjalan dengan kecepatan hingga 5.76 Mbps. Dengan handset ini, kamu juga akan bisa mengeksplor dunia maya melalui WiFi dan hotspot. Sementara itu, spesifikasi Lumia 430 Dual juga dilengkapi dengan bantuan sistem canggih untuk fitur navigasinya. Dengan A-GPS dan GLONASS, kamu bisa menggunakan gadget ini sebagai penunjuk arah atau mendeteksi lokasi. So, jangan takut tersesat lagi kawan Begawei!

Penunjang Daya Minimalis dengan Baterai Berkapasitas 1500 mAh

Kita sampai di bagian terakhir dari pembahasan spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual, yakni pembahasan soal kapasitas baterai. Untuk mendukung kinerja ponsel, Microsoft menyematkan baterai dengan kapasitas 1500 mAh. Dengan kapasitas tersebut, Microsoft Lumia 430 Dual mampu bertahan lama hingga 720 jam pada kondisi stand by di jalur 3G. Sementara itu, pada keadaan talk time atau menerima panggilan di jalur 3G, Microsoft Lumia 430 Dual bisa bertahan hingga 8 jam 30 menit. Nah, bagi kawan Begawei yang betah berlama-lama memutar musik menggunakan smartphone, kapasitas baterai pada spesifikasi Microsoft Lumia 430 Dual ini akan bisa memutar musik selama kurang lebih 47 jam. Kapasitas yang cukup kuat untuk menemani aktivitasmu seharian.

Microsoft Lumia 430 Dual SIM

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 900 / 2100
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, March
Status Coming soon
Bodi
Dimensi 120.5 x 63.2 x 10.6 mm (4.74 x 2.49 x 0.42 in)
Berat 127.9 g (4.52 oz)
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe Capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.0 inches (~58.8% screen-to-body ratio)
Resolusi 480 x 800 pixels (~235 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Microsoft Windows Phone 8.1, planned upgrade to Windows 10
Chipset Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200
CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU Adreno 302
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 2 MP, 1600 x 1200 pixels
Fitur 1/5” sensor size
Video 480p@30fps
Kamera Depan VGA, 480p
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
GPS A-GPS, GLONASS
Radio FM radio
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity
Pesan SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
Baterai
Li-Ion 1500 mAh battery

Harga Microsoft Lumia 430 Dual

Setelah puas membedah spesifikasinya, kini Begawei akan mengajak kamu untuk membahas salah satu hal yang sangat penting juga. Yup! Benar sekali. Sekarang kita akan membahas kisaran harga Microsoft Lumia 430 Dual edisi terbaru ini. Masih dengan bentuknya yang khas dan interface khas ala Windows Phone, Microsoft Lumia 430 Dual dihadirkan untuk para pengguna ponsel pintar kelas pemula atau entry level. Handset yang satu ini membawa layar berukuran 4 inci, dengan resolusi dan kerapatan yang memunculkan visual cukup baik. Sementara itu, di sektor dapur pacunya, gadget ini mengandalkan prosessor  dual core Cortex-A7 dengan clock speed 1.2 GHz. Kombinasi mesin tangguh inilah yang mempengaruhi harga Lumia 430 Dual di pasaran. Selain itu, adanya OS Windows Phone 8 pada smartphone ini juga menambah nilai jual Lumia varian baru ini. Meski lini fotografinya mengecewakan, harga Microsoft Lumia 430 Dual tetap terkatrol oleh mesin tangguh dengan “otak pintar” bernama Windows Phone versi 8. Mau tahu nominal harga pasarannya?

harga microsoft lumia 430 dual

Sesuai dengan segmentasinya yang ditujukan bagi pengguna Windows Phone kelas menengah ke bawah, harga Microsoft Lumia 430 Dual yang ditawarkan memang sungguh menggiurkan. Untuk mendapatkan ponsel pintar ber-OS Windows dengan spesifikasi mesin berkualitas ini,  kawan Begawei cukup merogoh kocek senilai EUR 90, atau nominal tersebut setara dengan harga Rp. 1,2 jutaan. Harga yang terjangkau, bukan? Kisaran harga Lumia 430 Dual ini memang sangat cocok bagi pengguna baru yang ingin merasakan gadget Windows Phone. Dengan “brand” Lumia yang mulai menguat, hadirnya Microsoft Lumia 430 Dual akan semakin menancapkan eksistensi Microsoft di dunia ponsel pintar dunia. Meski harga Microsoft Lumia 430 Dual berada pada level menengah ke bawah, namun dengan paduan komponen dapur pacu tangguh dan OS Windows Phone merupakan jaminan mutu pada ponsel pintar anyar racikan Microsoft ini.

harga lumia 430 dual

Selama ini, Lumia memang dikenal sebagai brand ponsel pintar yang berkonotasi ke smartphone dengan kemampuan fotografi kelas wahid. Walau sedikit kecewa pada lini fotografinya, dengan harga Microsoft Lumia 430 Dual yang terjangkau, komponen mesin tangguh pada dapur pacunya akan mengobati kekecewaan tersebut. Sebagai pembanding, ponsel pintar Windows besutan Acer, yakni Acer Liquid M220, juga hadir dengan harga yang terjangkau dan memiliki kamera 5 MP. Ini tentu pukulan telak bagi lini fotografi Lumia 430 Dual. Namun, Microsoft Lumia 430 Dual menawarkan hal lain sebagai sektor andalannya untuk “melibas” lawannya itu. Sektor dapur pacu-lah yang membuat ponsel pintar Microsoft ini berada di atas angin. Dengan harga Lumia 430 Dual yang berada pada level sama dengan salah satu kompetitornya itu, tentu ini menjadi tantangan bagi Microsoft untuk menunjukkan eksistensinya. Nah, bagi kamu penggemar Windows Phone, kisaran harga Microsoft Lumia 430 Dual yang terjangkau ini tentunya akan menambah opsi kamu dalam mencari ponsel pintar yang bermesin tangguh dan berpenampilan menarik. Bagaimana, menjatuhkan pilihan ke produk Microsoft ini? Baca juga review Begawei mengenai Acer Liquid M220 dan Microsoft Lumia 640 XL.

Top